Murai Batu Medan Super Ekor Panjang: Klasifikasi Ciri Ciri dan Perawatannya

Memang ada banyak sekali jenis murai batu yang ada di dunia. Namun yang merajai di antara mereka adalah murai batu medan, lantaran ia sangat indah baik dari suara maupun paras, suaranya sangat bagus gacor dan merdu, ditambah ekornya yang super panjang membuat penampilannya semakin terlihat sempurna.

Sehingga memilikinya menjadi sebuah kebanggan yang luar biasa. Oleh sebab itulah di artikel ini hobinatang mencoba mengulas tentang burung murai batu jenis medan yang memiliki ekor panjang. Semoga bisa menjadi referensi kawan kawan untuk mengetahui asalmuasal, ciri-ciri dan perawatan murai batu.

Mengenal Murai Batu Medan


Murai Batu Medan Super Ekor Panjang: Klasifikasi Ciri Ciri dan Perawatannya

Yuk mari kita mengenal murai batu medan lebih dalam lagi di sini. Kami sudah mengulas semuanya tentang murai batu medan. 

1. Klasifikasi Ilmiah Murai Batu Secara Umum


Burung murai batu memiliki nama latin Copsychus malabaricus. Mereka adalah burung yang sangat terkenal akan keindahan kicauannya yang bervariasi serta gaya bertarungnya yang super keren. Murai batu masuk dalam family Turdidae. Murai batu sudah tersebar di wilayah Sumatera, Jawa, dan Semenanjung Malaysia. Meskipun ada beberapa jenis murai batu yang didapati tidak asli dari wilayahnya sendiri.

Hal itu karena sebagian murai batu sudah mulai punah karena banyaknya masyarakat yang menggunakan tanah habitat mereka untuk dijadikan sebagai tempat tinggal. Saat ini murai batu yang paling terkenal adalah jenis murai batu medan.

Baca selengkapnya: Ciri Ciri, Jenis dan Perawatan Murai Batu Disertai Video Murai Medan Gacor

2. Klasifikasi Ilmiah Murai Batu Medan Asli


Saat ini murai batu medan sangat sulit ditemukan. Mengingat harganya yang sangat mahal sehingga banyak yang sulit untuk mendapatkannya. Sebenarnya tidak ada murai batu yang berhabitat di kota Medan, mereka semua berhabitat asli di Sumatera. Lantas mengapa dinamakan murai medan?

Mereka menamai murai batu medan karena dahulu saat orang orang banyak mengidolakan murai batu berekor panjang, lalu mereka menemukan murai batu dengan ekor yang panjang di semenanjung Sumatera. Lantas murai batu tersebut mereka bawa ke kota Medan, sehingga banyak yang menamai dengan sebutan murai batu medan.

Murai batu medan sendiri memiliki panjang ekor 22-28 cm. Jika ekornya lebih dari itu maka bisa dipastikan bahwa ia adalah murai batu malaysia. Untuk menemukan murai batu medan asli memang sangat sulit, jadi anda harus tahu apa saja ciri ciri murai batu medan asli.

3. Ciri Ciri Murai Batu Medan Asli


Murai Batu Medan Super Ekor Panjang: Klasifikasi Ciri Ciri dan Perawatannya

Mengetahui ciri ciri burung murai batu medan yang asli memang tidak mudah. Anda harus memastikan usia burung murai batu sudah mencapai 4-6 bulan. Sebab di bawah usia tersebut anda akan kesulitan saat mendeteksi ciri khas burung murai batu. Nah, jika sudah silakan ikuti beberapa poin berikut untuk mengetahui ciri ciri murai batu:

  • Ekor Burung Murai Batu: Ekor burung murai batu rata rata berukuran panjang mencapai 25 cm, dengan postur sedikit melengkung namun ada juga yang panjang lurus tanpa ada lekukan sedikitpun. Kemudian terdapat warna putih di area pangkal ekor hingga paha. Selain itu, murai batu medan memiliki 4 pasang bulu berwarna putih strip hitam pada pola ekornya.
  • Bentuk Fisik: Yang kedua anda bisa melihat dari postur atau bentuk tubuh si murai batu. Umumna badan murai batu jauh kelihatan lebih tegap, besar dan gagah bila dibandingkan dengan burung murai lainnya. Dari sini anda bisa melihat ketika ia sudah masuk usia 4-6 bulan. Di bawah usia tersebut akan sulit terdeteksi soal postur murai batu yang asli.
  • Warna Bulu dan Bentuk pada Kaki Murai Batu Medan: Umumnya burung murai batu yang masih berusia muda, warna kakinya merah gelap atau merah tua.. Dan saat sudah dewasa kaki kaki tersebut akan bersisik dan ada sedikit lekukan mirip lekukan pada buah belimbing.
  • Warna Bulu Badan Burung Murai Batu Medan: Selain ketiga cara di atas, sobat juga bisa memperhatikan warna yang ada pada bulu tubuh murai batu. Apabila sedang berada di tempat yang teduh, warna tubuhnya terlihat hitam dan mengkilap. Namun apabila sedang terkena pantulan sinar matahari maka terlihat berwarna biru semu hitam. Tetap ada keindahan lainnya yang dimiliki murai batu medan yakni adanya warna yang bervariasi pada bulu tubuhnya. Terdapat warna coklat tua dan hitam yang melekat pada dada murai batu medan, lalu warna hitam pada leher, sayap dan kepalanya. Di samping itu, bulu murai batu medan yang bagus akan terlihat rapi, tidak rontok dan warnanya mengkilap.
  • Kicauan Murai Batu Medan Kicauan: burung murai batu ada berbagai macam jenis dan terdengar cukup keras apabila berkicau sendiri alias asli saat berada di alam. Namun ketika menirukan kicauan burung lainnya, ia bisa berkicau lebih nyaring dan bahkan bisa jauh lebih keras.
  • Bentuk Kepala Murai Batu Medan: Bentuk kepala burung murai batu medan terlihat lebih indah dibandingkan yang lain. Cirinya ialah saat ia sedang berdiri maka kepalanya akan ditegakkan.

4. Karakteristik Murai Batu Medan


Secara umum karakter murai batu medan tidak beda dengan karakter murai batu lainnya. Mereka memiliki kesamaan karakter dalam hal bertarung dan berkicau. Namun, masyarakat yang menyukai murai batu medan lebih dari murai batu lainnya tentu ada alasan dan keistimewaan yang ada pada murai batu medan.

Beberapa karakter yang dimiliki murai batu medan adalah ia akan menegapkan perut dan dada pada tubuhnya yang ramping dan memanjang itu saat berhadapan dengan musuh, ia berdiri dengan gagah dan tegap tanpa menggembungkan perut dan dadanya. Lalu yang kedua, saat murai batu medan berkicau ia akan memainkan ekornya yang panjang tersebut dengan indah. Karkater yang dimiliki selain itu adalah gaya bertarung murai batu medan sangat exotis, berani, gagah dan enak dilihat. Sebab mampu mempelihatkan sifat pemberaninya.

5. Makanan Burung Murai Batu Medan


Sudah banyak sekali makanan murai batu khususnya untuk murai batu medan yang dijual di pasaran. Mulai dari pakan alami hingga buatan pabrik seperti voer. Makanan alami yang sering diberikan oleh pecinta burung untuk murai batu adalah serangga, ulat hongkong, jangkrik, ulat bambu, ulat daun pisang, rayap, laron, belalang hijau, cacing, ulat kayu, capung, kelabang kecil, keong sawah, orong orong dan kroto.

Namun di antara pakan pakan tersebut yang paling bagus adalah kroto. Jika di kota kota besar, makanan kroto bisa dibilang sangat mewah, mahal dan susah didapat. Efek baik dari pakan kroto adalah membuat murai batu medan jauh lebih sehat, kuat dan selalu berkicau dengan baik, dengan syarat kroto yang dimakan haruslah higienis dan masih segar.

Karena kebanyakan kroto yang dibudidayakan sering mengalami ketidak higienis. Sehingga malah membuat murai batu sakit. Itulah salah satu sisi negatif dari pakan alami terutama kroto. Sebab kroto merupakan hasil dari penangkaran telur telur semur rang rang. Yang mana saat pengambilan kroto dan pindah dari kios ke kios yang lain kurang diperhatikan kebersihan dan kesegarannya.

Bahkan kebanyakan kroto yang didapat sudah lembek, bau busuk, bau kulkas (karena disimpan dikulkas terlalu lama) dan sebagainya. Maka dari itu kroto yang masih segar dan higienis lah yang harus diberikan untuk murai batu medan. Jangan yang tidak segar dan sudah busuk karena efeknya murai batu anda akan sakit.

6. Cara Merawat Murai Batu Medan


Seperti yang sudah kita ketahui murai batu medan cukup terkenal mahal karena kelebihan kelebihan yang mereka punya. Sehingga memilikinya merupakan suatu yang sangat berharga. Sehingga harus benar benar merawatnya dengan baik dan tidak boleh asal asalan. Sebenarnya merawat murai batu medan sama seprti merawat semua burung murai batu. Tidak ada bedanya. Hanya saja yang paling penting untuk diperhatikan adalah ukuran kandang murai batu medan.

Mengingat ekor murai batu medan sangat panjang, maka anda harus menyiapkan kandang dengan ukuran yang luas agar tidak merusak ekor serta murai batu medan bisa leluasa bergerak. Jadi, ukuran kandang tidak bisa disamakan semua. Harus sesuai ukuran dan panjang si murai batu.

Selain kandang yang harus anda perhatikan adalah pola makan. Untuk makanan sudah kami bahas sebelumnya terkait pakan yang baik untuk murai batu medan. Kemudian adalah menjaga kebersihan kandang murai batu medan. Setidaknya bersihkan kandang setiap hari dari kotoran sisa makanan si burung. Jangan sampai sisa makanan tersebut membusuk dan menimbulkan bakteri penyebab murai batu medan sakit.

Perawatan yang harus anda lakukan selain di atas ialah rajin menjemurnya di pagi hari sekitar jam 9 selama 1-2 jam setiap harinya tanpa harus dimandikan terlebih dahulu. Mungkin ada sebagian murai batu yang rutin mandi setiap hari. Namun boleh juga kalau mandinya kadang kadang, misal seminggu sekali. Yang paling penting adalah menjemurnya secara rutin agar sehat dan terlindung dari penyakit.

Setiap murai batu memiliki karakter yang berbeda beda sehingga cara perawatannya pun disesuaikan karakter dan kebiasaan si murai batu. Terlebih lagi dalam hal melatih suara. Karena tidak semua murai batu memiliki suara yang bagus. Untuk murai batu medan yang bersuara bagus maka perlu dilatih dan dijaga agar suara kicauannya tetap bagus dengan memberikan pakan terbaik.

7. Cara Memandikan Murai Batu Medan


Memandikan murai batu merupakan salah satu perawatan yang harus dilakukan. Tidak perlu setiap hari namun tetap harus dilakukan sesering mungkin untuk menjaga kebersihan tubuhnya. Ada banyak manfaat dari memandikan murai batu medan yaitu mampu menstabilkan birahi murai batu medan yang sedang tinggi, mengurangi stres pada burung, menstimulasi murai batu agar rajin berkicau, menghilangkan kotoran yang menempel di sela sela bulu, menyegarkan tubuh murai batu medan dan merupakan salah satu cara menjinakkan murai batu.

Ada beberapa cara memandikan burung yang bisa anda lakukan. Namun yang paling mudah dan paling sering dilakukan oleh pecinta burung adalah dengan cara disemprot. Caranya:

  • Siapkan alat semprotan dan diisi air bersih.
  • Lalu semprotkan melalui atas seperti hujan turun.
  • Jangan menyemprotkan tepat di wajah si burung.
  • Jika ingin menyemprot secara horizontal, lakukan hanya di bagian dadanya saja.
  • Jangan menggunakan air terlalu deras, cukup butiran butiran mirip hujan biasa.
  • Apabila anda mendapati murai batu mulai gelisah dan menabrakkan diri ke sisi sangkar saat dimandikan maka segera hentikan.
  • Keringkan tubuhnya dengan menjemur di bawah matahari pagi.

Demikianlah cara memandikan murai batu yang mudah dan benar. Jika anda memiliki cara memandikan yang lain, silakan. Yang paling penting untuk diperhatikan adalah jangan sampai air mengenai dan masuk di hidung atau mata. Harus dilakukan perlahan lahan serta tidak memaksa dengan keras. 

Akhirnya usai sudah pembahasan kami kali ini trkait pengenalan murai batu medan yang berekor super panjang dan bersuara indah bervariasi. Perlu kita ketahui murai batu medan ini termasuk burung murai yang sangat dicari oleh pecinta burung. Bahkan mereka berani membayar mahal demi murai medan asli tersebut. Kecantikan dan keunikan murai batu medan mampu mengalahkan semua murai batu di alam ini. Selain itu bisa menjadi kebanggaan tersendiri saat kita mampu memilikinya dan merawatnya dengan baik. Tapi anda harus hati hati juga karena tidak sedikit orang yang memalsukan murai batu medan, mengaku asli murai medan namun ternyata bukan alias hanya mirip saja.