Cara Membedakan Burung Kepodang Jantan Dan Betina

Sebelumnya kami juga membahas burung kicaun yang terkenal di kalangan masyarakat. Kali hobinatang juga kembali membahas mengenai burung kicauan dengan jenis kepodang. Kepodang atau nama latinnya passeriformes ini sring didapati di daerah hutan hutan trpois maupun subtropis. Ia sangat disukai oleh pecinta burung.

Burung kepodang ini mempunyai daya tarik tersendiri yang membuat banyak masyarakat menyukainya salah satunya adalah suara kicaunya sangat merdu. Walaupun keberadaanya tidak setenar murai batu, burung cucak ijo atau burung kicau lainnya. Namun ia tetap disukai beberapa pecinta burung.

Hal itu kemungkinan karena burung kepodang sulit didapatkan, lantaran ia menyukai tempat tinggi, dataran tinggi dan pepohonan yang tinggi. Selain itu burung kepodang juga suka hidup berpasangan atau bergerombol dengan teman temannya.

Di Indonesia banyak juga ditemui burung kepodang di antaranya daerah Jawa, Bali, Sulawesi, Kalimantan, Nusa Tenggara dan Sumatera. Namun saat ini sudah tersebar diberbagai wilayah. Untuk harga tentu menyesuaikan daerah masing masing.

Selain memiliki suara yang merdu dan kencang, kepodang memiliki warna tubuh yang indah yakni perpaduan kuning dan hitam. Panjang tubuhnya hanya 25 cm, paruh berwarna merah muda berbentuk meruncing namun sedikit melengkung ke bawah. Ciri khas lainnya ialah di saat kepodang berada di tempat yang sangat tinggi, mereka akan berkicau sangat kencang. Terutama burung kepodang jantan yang terkenal bersuara sangat merdu dibandingkan kepodang betina.

Cara Membedakan Kepodang Jantan dan Betina


cara membedakan kepodang jantan dan betina

Baiklah ulasan singkat di atas semoga cukup membantu sobat mengetahui sedikit tentang burung kepodang. Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, kepodang yang bersuara paling merdu adalah yang berjenis jantan. So, berikut cara membedakan kepodang jantan dan betina yang akurat.

1. Postur Tubuh Burung Kepodang


Yang pertama dilihat adalah dari postur atau bentuk tubuh burung kepodang. Umumnya postur tubuh kepodang jantan lebih besar dibandingkan postur tubuh kepodang betina dengan usia yang sama. Ciri pertama ini menurut saya kurang meyakinkan karena bisa jadi kepodang betina lebih besar.

2. Bentuk Kepala Burung Kepodang


Kita lihat ciri yang kedua dilihat dari bentuk kepala burung kepodang. Umumnya bentuk kepala kepodang jantan rata dan besar. Sedangkan bentuk kepala kepodang betina lebih kecil dan membulat.

3. Posisi Garis Topeng Kepodang


Jika dicermati dengan seksama, pada wajah burung kepodang terdapat garis topeng yang berbeda antara jantan dan betina. Garis hitam yang berada di area mata kepodang jantan hingga ke tengkuk berbentuk lancip dan tipis. Adapun garis hitam milik kepodang betina lebar dan meluas.

Baiklah itu saja teman teman, cara membedakan burung kepodang jantan dan betina. Semoga bermanfaat. terimakasih.