10 Perbedaan Hamster dan Tikus. Nomer 5 Paling Menonjol

Jika dilihat sekilas saja hamster hampir mirip dengan tikus. Mengapa bisa demikian? Bagi orang yang belum tahu tentang hamster kemungkinan akan mengira kalau hamster itu adalah tikus. Ya, memang hamster termasuk dari keluarga tikus namun memiliki sifat yang lebih ramah dan banyak diminati untuk dipelihara dan dibudidayakan.

Sedangkan tikus sebaliknya, keberadaannya justru sangat dibenci oleh manusia bahkan harus dibunuh karena mendatangkan kerugian yang sangat besar. Lalu apa sih perbedaan tikus sama hamster? Padahal mereka masih tergolong satu keluarga. Yuk kita ulas sama sama di artikel ini.

Apa Perbedaan Hamster dengan Tikus?


perbedaan hamster dengan tikus

Perbedaan di antara keduanya cukup jauh ya teman teman. Biar gak salah paham dan salah pegang mari kita bahas satu persatu perbedaan antara hamster dengan tikus.

1. Bentuk Tubuh


Sepintas bentuk tubuh mereka memang sama, yaitu terlihat bulat dan gemuk. Padahal aslinya tidak, tubuh hamster lebih besar dan lebih gemuk sedangkan tubuh tikus sedikit memanjang dan langsing.

2. Hewan Peliharaan


Yang membedakan antara hamster dan tikus adalah hamster merupakan hewan peliharaan yang sangat terkenal, banyak orang yang menyukainya dan bahkan mau membeli dengan harga mahal sekalipun. Karena hamster mudah dikembangbiakkan dan mudah jinak, sehingga sangat cocok dijadikan hewan peliharaan di rumah untuk anak anak maupun dewasa. Sedangkan tikus keberadaannya sangat dibenci, karena ia membawa banyak virus dan pola hidupnya cukup kotor. Jika ia muncul maka akan diburu manusia lalu dibunuh.

3. Pola Makan Hamster dan Tikus


Pola makan hamster dengan tikus sangatlah berbeda, hamster menyukai dan memakan buah, biji dan tumbuhan. Maka dari itu hamster dicintai banyak orang. Sedangkan tikus memakan apa saja yang ada di dalam rumah terutama yang berbau amis seperti ikan, daging, tempe dan lauk pauk lainnya.

4. Jumlah Anak yang Dilahirkan


Jika dilihat dari segi jumlah anak yang dilahirkan oleh hamster dan tikus hampir mirip yan guys. Karena mereka rata rata melahirkan anak lebih dari satu ekor. Bedanya, hamster lebih sering melahirkan anak sebanyak 2-12 ekor dan tikus sebanyak 6-8 ekor.

5. Mulut dan Hidung


perbedaan hamster dengan tikus

Perbedaan selanjutnya anda bisa melihat dari bentuk mulut dan hidung keduanya. Mulut dan hidung tikus lebih panjang daripada milik hamster. Termasuk giginya, gigi tikus lebih tajam daripada gigi hamster. Bahkan kalau kita tergigit tikus bisa terkena penyakit namun tidak dengan gigitan imut si hamster hanya terasa geli saja. Kalau tikus sama hamster bertemu besar kemungkinan hamster yang akan mati.

6. Bentuk Ekor


Nah perbedaan yang keenam ini sudah sangat jelas ya teman teman. Ekor hamster jelas lebih kecil dan lebih pendek, bahkan ekor hamster jenis roborsvki hampir tidak kelihatan. Sedangkan bentuk ekor tikus cukup panjang dan terlihat nyata, hal itu untuk menjaga keseimbangan tubuh mereka saat berada di ketinggian. Mengingat tikus sangat pandai naik ke atap maupun tembok.

7. Habitat Tikus dan Hamster


Habitat dan kebiasaan hidup hamster dan tikus sangat jauh berbeda. Tikus memiliki anti bodi dan daya tubuh yang kuat, sehingga mereka mampu tinggal dan hidup di tempat yang lembab, basah, becek dan kotor. Bahkan tikus terbiasa melewati got atau selokan, persawahan, gudang gudang tak terpakai, kardus kotor, dapur yang lembab dan sebagainya. Menurut penelitian, setiap tahunnya tikus akan mengganti antibodinya menjadi lebih kuat. Oleh sebab itu mereka tetap terlihat sehat, kuat dan lincah meskipun kehidupannya sangat kotor.

Berbeda dengan hamster yang memiliki antibodi cukup lemah, bisa dibilang hamster termasuk binatang yang manja. Mereka tidak bisa hidup di tempat yang basah, lembab dan bau. Karena hamster termasuk hewan yang bersih dan menyukai tempat kering. Kalaulah kandang hamster tidak pernah dibersihkan, mereka bisa sakit atau salah memberi makan juga bisa menyebabkan hamster sakit hingga mati.

8. Kantong Pipi


perbedaan hamster dengan tikus

Pernahkah anda melihat hewan kecil imut yang ketika makan pipinya menggelembung? Nah, dia adalah hamster. Hamster mempunyai kantong pipi untuk menyimpan makanan, jika lapar mereka cukup menelan sedikit demi sedikit makanan yang tersimpan di kantong pipinya. Adapun tikus tidak punya kantong pipi, sehingga tikus akan langsung menghabiskan makanannya di tempat dengan cepat dan kilat. Keburu ketauan yang punya rumah hehehe.

9. Penglihatan Hamster dan Tikus


Sebenarnya hamster dan tikus sama sama memiliki penglihatan yang kurang baik. Hamster termasuk rabun dekat dan buta warna, mereka hanya mengandalkan indera perasa saja jika ada predator yang akan mengganggunya. Dan tikus juga tidak bisa melihat dengan jelas terutama ketika malam hari. Tikus mengandalkan penciuman untuk mengetahui letak makanan yang ada.

10. Tingkah Laku Hamster dan Tikus


Hamster merupakan hewan nokturnal yang aktif di malam hari. Jika pada siang hari di alam bebas mereka lebih suka sembunyi di lubang lubang untuk menghindari santapan predator seperti tikus, kucing dan sebagainya. Adapun tikus aktif kapan saja entah pagi siang sore malam. Namun mereka juga lebih sering muncul ketika malam hari di saat manusia sedang lelap, mereka aktif untuk mencari makanan atau mangsa.

Oke terimakasih teman teman sudah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat yaa. Jadi jangan salah lagi ya membedakan hamster dan tikus. Terutama tikus kecil biasanya mirip sekali sama hamster. So, lihatlah lebih teliti lagi. Baca juga hewan peliharaan yang lucu dan imut untuk di rumah.
Lihat Komentar