20 Hewan Peliharaan Lucu di Rumah yang Mudah Dipelihara dan Murah

Barangkali di antara teman-teman ada yang berencana memelihara hewan peliharaan lucu di rumah, akan tetapi belum menemukan jenis binatang yang cocok dengan isi kantong dompet anda. Atau barangkali ingin mencari hewan yang murah namun tidak sulit dipelihara dan tidak mudah mati.

Nah kebetulan banget, di artikel ini hobinatang.com akan memberikan referensi mengenai jenis-jenis hewan peliharaan yang mudah dipelihara dan harganya murah. Pastikan kalian baca dari awal sampai habis agar lebih mudah menentukan hewan yang ingin dirawat di rumah.

Hewan Peliharaan Lucu di Rumah yang Mudah Dipelihara dan Murah


Tidak diragukan lagi hewan merupakan teman sejati yang tidak pernah menghianati layaknya seperti mantan. Berikut ini 20 jenis hewan peliharaan yang mudah dirawat di rumah dan harganya murah:


1. Landak Mini


Hewan Peliharaan Lucu di Rumah yang Mudah Dipelihara dan Murah

Ada sekitar 16 spesies landak yang ada di dunia ini. Salah satunya adalah landak mini. Landak mini berbeda dengan landak pada umumnya yang berduri tajam dan keras. Landak mini memiliki ukuran tubuh lebih kecil dan durinya tidak bikin kita kesakitan saat menyentuhnya. Selain duri yang tidak menyakiti, ia juga tidak beracun guys. Jadi anda tidak perlu khawatir untuk memeliharanya di rumah.

Saat ini, landak mini disukai banyak orang dan juga anak anak. Karena bentuknnya yang imut, ia juga mudah sekali dirawat. Sebab karakternya suka menyendiri. Sehingga tidak terlalu butuh teman atau pasangan. Sama seperti sugar glider, landak mini termasuk hewan nokturnal. Jika di siang hari, ia suka mencari tempat sepi dan gelap untuk bersembunyi. Umumnya landak mini bisa ditemukan di daerah Selandia baru, Afrika, Asia dan Eropa. Di Indonesia juga sudah banyak yang jual landak mini kog guys, sebelum anda memutuskan memeliharanya, sebaiknya baca dulu harga dan jenis landak mini yang bagus.

2. Axotolt Hewan Amfibi Terunik


Axotolt Hewan Peliharaan Lucu di Rumah yang Mudah Dipelihara dan Murah

Hewan axotolt memang termasuk amfibi yang sangat jarang dipelihara. Mereka termasuk jenis hewan salamander yang lebih suka berada di air. Ciri ciri hewan axotolt hampir mirip dengan kadal namun juga bisa mirip dengan ikan. Sebab postur tubuhnya mirip ikan panjang dan berkaki serta mempunyai insang di dekat kepala. Kalau dilihat sekilas hampir seperti tanduk.

Hewan axotolt ditemukan pertama kali di negara Meksiko dan saat ini termasuk hewan yang dilindungi karena keberadaannya sudah mulai punah. Untuk memeliharanya sangat mudah, mereka tahan terhadap penyakit dan mampu bertahan hidup selama 15 tahun. Makanan pokoknya adalah udang beku dan cacing. Jangan memberinya pakan hidup ya, sebab bisa mendatangkan benih benih bakteri di dalam tempat tinggalnya.

3. Hamster


Hamster Hewan Peliharaan Lucu di Rumah yang Mudah Dipelihara dan Murah

Selanjutnya hewan lucu dan mudah dirawat di rumah adalah hamster. Hewan ini sudah sangat populer dan banyak dipelihara di Indonesia. Mereka memiliki corak warna yang berbeda beda dan karakter yang berbeda, tergantung jenisnya.

Sekilas hamster mirip dengan marmut, hanya saja tubuhnya lebih kecil dan membulat. Hamster tergolong keluarga tikus. Mereka nokturnal dan mudah dirawat. Tidak membutuhkan banyak makanan serta kandang yang besar. Untuk sobat yang mau embeli hamster murah silakan pelajari dulu jenis jenisnya di sini ya.

4. Kelinci Lion Head


Kelinci Hewan Peliharaan Lucu di Rumah yang Mudah Dipelihara dan Murah

Sebenarnya ada banyak jenis kelinci yang lucu lucu untuk dipelihara, salah satunya jenis lion head. Ia memiliki tubuh yang mungil beratnya sekitar 1-2 kg, bulunya sangat lebat dan halus, wajahnya bulat, telinganya tegak ke atas serta warna tubuhnya orange seperti warna kulit singa.

Memelihara jenis kelinci ini terbilang sangat mudah, karena posturnya kecil sehingga tidak membutuhkan kandang terlalu besar dan jumlah makannya pun tidak banyak. Untuk pemula harus berhati hati dalam memelihara kelinci ya, karena kelinci rentan sekali sakit. Oleh sebab itu anda wajib tahu cara memelihara kelinci yang baik dan benar.

5. Kelinci New Zealand White


Kelinci jenis new zealand bukan berasal dari Indonesia. Yang pertama kali membawa mereka adalah pasukan belanda pada saat menjajah Indonesia. Lalu kelinci tersebut dibiarkan berkembang biak di Indonesia sehingga banyak yang memeliharanya. Mereka juga sangat mudah beranak pinak, sekali melahirkan saja bisa mencapai 10-12 ekor.

Kelinci new zealand bisa dijadikan sebagai konsumsi atau hias. Namun kebanyakan yang memeliharanya untuk dikonsumsi. Karena mereka memiliki postur tubuh besar dengan berat badan mencapai 5 kg. Akan tetapi tidak menuntup kemungkinan, kelinci imut ini bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan yang mudah dipelihara. Warna bulunya yang putih dan lembut akan terlihat indah dan rasanya tidak tega jika disembelih.

6. Marmut


Marmut Hewan Peliharaan Lucu di Rumah yang Mudah Dipelihara dan Murah


Binatang marmut merupakan peliharaan yang sangat ramah dan jinak. Memiliki wajah yang lucu dan postur tubuh cukup besar. Karakter nya sangat unik, mereka bisa diajak bermain kemana mana tanpa takut kehilangan jejak. Sebab, jika sudah jinak, marmut akan ikut dengan majikannya terus. Hewan ini termasuk binatang pengerat dan nokturnal. Perawatannya cukup mudah asal terhindar dari tempat tinggal yang basah dan lembab yaa. Oh ya teman teman kami punya rekomendasi jenis marmut yang murah dan bagus nih. Klik linknya yaa..

7. Kucing Kampung


Kucing kampung Hewan Peliharaan Lucu di Rumah yang Mudah Dipelihara dan Murah

Meskipun hanya kucing kampung, tapi mereka memiliki wajah yang lucu loh. Apalagi jika masih kecil. Kelucuannya sudah tidak dapat dipungkiri lagi. Kalau dirawat dengan baik, warna bulu mereka bisa berubah menjadi indah. Memelihara kucing kampung sangat mudah sekali bila dibandingkan dengan kucing lainnya.

Itu disebabkan karena mereka sudah terbiasa hidup mandiri sejak lahir dan diciptakan secara liar. Sehingga meski kita tidak memberi makan, mereka bisa mencari sendiri alias tidak manja. Meski begitu, anda harus tetap merawatnya dengan memberikan makanan yang bagus untuk kucing kampung supaya mereka tumbuh menjadi kucing yang lucu.

Kucing kampung jika dikawinkan dengan kucing anggora juga bisa menghasilkan jenis kucing yang superr imut dan lucu. Semua tergantung pada perawatan dan kasih sayang pemiliknya. Selain kucing kampung, sobat juga bisa memelihara jenis kucing lainnya yang lebih lucu lagi seperti kucing persia dan anggora. Hanya saja kedua jenis kucing tersebut harganya terbilang mahal.

8. Burung Kicau


burung kicau Hewan Peliharaan Lucu di Rumah yang Mudah Dipelihara dan Murah

Ternyata burung kicau ada juga yang murah loh teman teman. Bahkan anak kecilpun bisa membelinya. Memiliki peliharaan burung kicau tidak harus yang mahal dan susah dirawat ya, asalkan cukup bisa menghibur maka tak apa beli yang murah. Di antara burung kicau dengan harga murah adalah burung puyuh, burung gereja, burung ruak ruak, burung trucuk, burung kutilang, burung preci dan masih banyak lagi, silakan baca jenis jenis burung kicau yang murah di situs ini. Kalau sobat ingin yang bagus dan harga terjangkau, bisa membeli jenis burung beo, burung kakatua, lovebird dan sebagainya.

9. Umang Umang


Binatang umang umang berhabitat asli di pantai. Mereka terlihat lucu saat berada di air. Namun sayangnya tak banyak yang tertarik untuk memeliharanya. Jika sobat memeliharanya, sediakan kandang dengan suasana seperti habitat aslinya. Yakni dengan air asin serta makanan yang baik seperti apel, pisang, sawi dan sebagainya.

10. Ikan Hias Air Tawar


ikan hias Hewan Peliharaan Lucu di Rumah yang Mudah Dipelihara dan Murah

Ikan hias sudah sangat fenomenal di kalangan masyrakat. Banyak yang memeliharanya di rumah dengan hiasan yang memadai. Memilihara ikan hias juga mudah dan murah. Meski tidak semua ikan hias murah yaa.

Beberapa ikan hias yang murah dan mudah dirawat, ada ikan cupang, ikan mas koki, ikan sepat dan sebagainya. Anda bisa datang ke toko ikan hias, di sana terdapat banyak jenis ikan hias yang murah murah.


11. Ular Hias


ular Hewan Peliharaan Lucu di Rumah yang Mudah Dipelihara dan Murah

Binatang ular seringkali dianggap menakutkan karena memiliki bisa yang beracun dan menjadi sebab kematian manusia. Padahal tidak semua jenis ular seperti itu, banyak ular bertubuh cantik dengan berbagai warna yang indah namun jinak. Contohnya ular phyton, ulat sanca dan ular pohon hijau. Ular phyton sendiri memiliki jenis yang berbeda, di antaranya ada ular phyton jenis albino dan jenis kembang.

Ular phyton memiliki kulit yang cantik dan indah. Apalagi jenis ular pelangi, warna sisiknya hitam dan terdapat warna pelangi. Perlu sobat ketahui, sebenarnya tubuh ular itu tidak licin dan tidak berlendir loh. Jangan samakan dengan belut yaa. Kulit mereka juga tidak amis jika dirawat dengan baik, karena penyabab bau amis adalah air kencing yang mengenai tubuhnya. Perawatan ular hias juga cukup mudah, mereka hanya diberi makan cukup seminggu sekali.

12. Sugar Glider


sugar glider Hewan Peliharaan Lucu di Rumah yang Mudah Dipelihara dan Murah

Habitat asli sugar glider ada di Papua dan Australia. Mereka biasa ditemukan di hutan hutan yang terdapat pohon Eucalyptus. Ukuran tubuhnya mini dan mudah dirawat ini bisa dibawa kemana mana loh. Apalagi kalau sudah jinak danbu bounding. Ia akan sering mengikuti pemiliknya. Dinamakan sugar glider, karena hewan tersebut menyukai makanan yang manis manis seperti nektar bunga, marsmellow dan sebagainya. Selain itu sugar glider juga bisa dibilang mirip sekali dengan tupai terbang. Karena saat meloncoat atau terjun dia seperti terbang. Karakternya juga hampir sama seperti tupai yakni aktif di malam hari alias nokturnal.

13. Ubur Ubur


ubur ubur hias Hewan Peliharaan Lucu di Rumah yang Mudah Dipelihara dan Murah

Memang tidak mudah mendapatkan ubur ubur yang bisa dipelihara di rumah. Namun, anda perlu tahu gerakan lucu ubur ubur yang diletakkan di dalam akuarium dengan adanya lampu led yang terang merupakan keindahan yang dapat menghibur kita. Akan tetapi tidak semua jenis ubur ubur bisa dipelihara dalam akuarium ya teman teman.

Umumnya ubur ubur yang bisa dipelihara adalah jenis blue blubber, ubur ubur bulan dan ubur ubur upside-down jellyfish. Untuk makanan hewan laut yang satu ini juga cukup mudah didapatkan, yaitu plankton dan hewan kecil kecil seperti ikan kecil, katak kecil dan sebagainya.

14. Musang


musang Hewan Peliharaan Lucu di Rumah yang Mudah Dipelihara dan Murah

Bagi pecinta hewan, musang bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa anda ambil untuk dipelihara di rumah. Musang juga termasuk hewan nokturnal. Ia cenderung suka menggigit saat berjumpa dengan orang yang belum dikenalnya. Selain itu musang juga sangat aktif, ia suka berkeliaran di tempat tempat baru.

Kelebihan dari memelihara musang adalah makanan yang diberikan cukup mudah, anda bisa memberinya pisang, pepaya atau daging untuknya. Selain itu, kotoran musang juga tidak sebau kotoran hewan pada umumnya. Karena musang termasuk hewan suka akan kebersihan. Jika sobat ingin memelihara musang, peliharalah saat ia masih bayi. Karena kalau sudah dewasa akan sulit dijinakkan apalagi kalau musang tersebut didapat dari hutan liar, bukan hasil penangkaran.

15. Iguana si Hewan Unik


iguana Hewan Peliharaan Lucu di Rumah yang Mudah Dipelihara dan Murah

Iguana cukup terkenal dengan kulitnya yang eksotis atau sedikit ampuh sehingga tak jarang orang menyebutnya sebagai hewan purba. Meskipun iguana tergolong lumayan sulit dalam perawatan, banyak masyarakat yang ingin memeliharanya. Hal itu dikarenakan, iguana mempunyai keunikan tersendiri bila dibandingkan dengan hewan peliharaan lainnya.

Iguana mempunyai gelambir kulit yang lebar di bagian lehernya dan berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh. Rata rata manusia memelihara iguana yang berwarna hijau. Karena jenis iguana hijau terkenal jinak, lebih responsif, aktif dan gesit. Hewan ini banyak ditemukan di negara Amerika, namun sudah banyak tersebar di Indonesia.

16. Burung Hantu


burung hantu Hewan Peliharaan Lucu di Rumah yang Mudah Dipelihara dan Murah

Dinamakan burung hantu karena termasuk hewan nokturnal yang aktif di malam hari dan memiliki rona wajah yang menyeramkan. Mereka tergolong burung pendiam dan tidak suka berada di dalam sangkar.

Untuk menjinakkannya, anda harus rajin menyapanya dan mengajaknya bicara. Sehingga dia bisa mengenali siapa pemiliknya. Jika sudah jinak, burung hantu akan mudah dibawa kemana mana. Perawatannya tentu berbeda dengan burung kicau ya. Jenis makanannya pun juga sedikit berbeda. So, memelihara burung hantu kurang cocok untuk pemula.

17. Anjing Hias


anjing Hewan Peliharaan Lucu di Rumah yang Mudah Dipelihara dan Murah

Ada anjing liar dan ada anjing peliharaan. Anjing liar tentu biasa digunakan untuk menjaga rumah atau mencari mayat yang dipakai oleh para relawan atau timsar. Sedangkan anjing peliharaan biasanya memiliki wajah yang imut dan lucu, bulunya lebat dan mudah berteman dengan siapa aja.

Banyak jenis anjing peliharaan yang lucu lucu sekali. Seperti anjing shiba inu yang berasal dari Jepang, anjing norwegian elkhound, anjing pomeranian yang cocok untuk pemula, anjing golden retriever dan sebagainya. Sebelum anda membeli anjing peliharaan, usahakan mencari tahu dulu masing masing jenis dan karakternya agar anda tidak kesulitan dalam hal perawatannya.

18. Kura Kura Air


kura kura air Hewan Peliharaan Lucu di Rumah yang Mudah Dipelihara dan Murah

Banyak sekali masyarakat yang menginginkan memelihara kura kura di rumah. Karena ia mudah sekali dirawat dan terlihat lucu jika berada di akuarium. Tetapi sayangnya saat ini kura kura sudah hampir punah, spesiesnya mulai menyusut sehingga sudah masuk hewan yang dilindungi dan membutuhkan izin dari pemerintah jika ingin memeliharanya di rumah sendiri.

Namun anda masih bisa memelihara jenis kura kura lain yang bukan termasuk hewan dilindungi. Yakni kura kura air yang dijual bebas dengan harga murah. Seperti kura kura brazil dan sebagainya.

19. Tarantula


taranula Hewan Peliharaan Lucu di Rumah yang Mudah Dipelihara dan Murah

Sekilas hewan tarantula ini terlihat Menyeramkan dan beracun. Ia termasuk dari keluarga laba laba namun lebih besar bentuknya. Ada banyak jenis tarantula serta beragam warna dan corak tubuhnya. Banyak yang tertarik memeliharanya, karena corak tubuhnya yang indah.

Bagi pemula wajib berhati hati ketika mau memelihara tarantula. Karena ada beberapa jenis yang cukup berbahaya dan bisa mematikan.

20. Udang Hias 


Memiliki rumah yang nyaman dan indah merupakan keinginan bagi setiap manusia. Terutama buat peecinta hewan, tentu imajinasi mereka menginginkan ada beberapa hewan hias yang menghiasi sudut rumah. Jika ikan hias sudah dipelihara maka kami merekomendasikan udang hias untuk dipelihara di rumah dengan harga yang murah dan mudah dipelihara. Cara merawatnya hampir sama dengan ikan hias, dan mereka juga mempunyai banyak jenis. Silakan baca jenis jenis udang hias yang murah.

Baiklah sahabat pecinta binatang, itulah 20 hewan peliharaan lucu di rumah yang mudah dirawat dan harganya terjangkau. Tidak perlu yang mewah, jika yang sederhana saja sudah bisa membuat kita senang. Oke, tentukan pilihanmu hewan yang manakah yang akan anda pelhara di rumah sesuai biaya yang dimiliki? Terimkasih.