HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

4 Makanan Yang Baik Untuk Kucing

Bagi siapa saja yang memelihara kucing di rumah tentu mendambakan agar kucingnya hidup sehat dan terawat. Sejatinya merawat kucing bukan hanya sebatas menyediakan kandang atau tempat tinggal. Namun juga harus memberikan makanan yang baik untuk kucing sebagai wujud kasih sayang padanya.

Makanan yang baik tidak harus yang mahal. Tapi makanan yang baik adalah makanan yang bagus bagi pertumbuhannya. Dalam arti lain kandungan gizinya sesuai dengan apa yang dibutuhkannya. Contohnya anda memiliki kucing hamil, maka carilah makanan yang baik untuk kucing hamil. Atau anda memiliki anak kucing, maka carilah makanan yang cocok buat pertumbuhan anak kucing.

Apalagi bagi anda yang memelihara kucing ras seperti persia dan anggora, maka anda harus lebih jeli lagi dalam memilih makanan. Karena kucing ras Persia maupun anggora tidak seperti kucing kampung.

Kucing kampung masih bisa hidup sehat walaupun hanya memakan ikan-ikanan olahan atau daging. Adapun untuk kucing Persia dan Anggora, mereka lebih mudah terserang penyakit jika sembarangan dalam memberi makan.

Berikut hobinatang.com telah meng-list daftar makanan yang baik untuk kucing peliharaan di rumah. Baik untuk kucing kampung maupun untuk kucing ras lainnya.

Makanan Yang Baik Untuk Kucing


Makanan Yang Baik Untuk Kucing

Sebenarnya kucing mau memakan makanan apa saja yang diberikan pemiliknya. Akan tetapi anda perlu waspada apakah makanan tersebut dapat dicerna dengan baik oleh organ pencernaannya atau tidak. Karena itulah kita sering mendapati muntah pada kucing akibat makanan yang tidak sesuai dan tidak baik. Jadi, sebaiknya sobat memberikan makanan untuk kucing yang baik di bawah ini:

1. Makanan Kucing Kemasan dari Pabrik


Makanan Yang Bagus Untuk Kucing

Makanan kucing kemasan dari pabrik adalah yang paling mudah. Anda tidak repot repot menyiapkan daging, nasi atau tempe. Cukup datang ke petshop dan membeli pakan kucing dengan merek terbaik dan kandungan gizi yang sesuai dengan kebutuhannya.

Umumnya pabrik sudah menyesuaikan kandungan gizi dari makanan kemasan tersebut berdasarkan kebutuhan kucing. Ada makanan khusus anak kucing, ada makanan khusus untuk kucing menyusui dan kucing hamil.

Baca: Makanan Anak Kucing Umur 1 Bulan yang Menyehatkan

Makanan pabrik sendiri terdapat dua jenis. Yaitu basah dan kering. Untuk makanan instan yang kering mengandung karbohidrat yang baik serta sedikit protein, namun kandungan airnya hanya 10%. Kelebihan makanan kering adalah tidak menyisakan makanan di sela sela gigi yang membuatnya kotor dan keropos.

Untuk mendapat makanan kering kalian bisa langsung membeli di toko hewan atau buat sendiri. Tutorialnya baca di sini: [cara membuat makanan kering untuk kucing]

Sedangkan makanan kucing yang basah mengandung air sebanyak 78%. Sehingga ia tidak perlu minuman tambahan. Kekurangannya makanan basah  kerap tercecer di lantai dan membuat rumah kita kotor.

Kandungan makanan basah ialah berupa daging dagingan yang diolah menjadi bubur tanpa pengawet. Namun harus dipastikan bahwa makanan instan yang basah harus steril dan disimpan di kulkas agar tidak basi. Kandungan gizi nya juga sangat banyak bahkan tidak membuatnya obesitas, gagal ginjal dan gangguan pencernaan.

Bagi Anda yang memilih makanan ini disarankan untuk membeli merek dagang yang terkenal akan kualitasnya. Seperti Royal Canin atau lainnya.

Selain Royal canin ada juga yang merek PRO PLAN, merek tersebut sangat bagus untuk kucing yang sedang program penggemukan badan. Dan masih banyak lagi merek dagang yang dapat anda pilih di pet shop.

2. Makanan Untuk Kucing Berupa Nasi


Makanan Yang Baik Untuk Kucing

Nasi tidak hanya sebagai makanan pokok manusia. Sebab kucing pun doyan makan nasi, terkhusus kucing kampung. Hanya saja kami sarankan agar memberinya lauk juga seperti abon sapi supaya tidak bosan. Jangan suka memberi nasi terlalu sering, karena nasi mengandung banyak glukosa sehingga bisa menyebabkan obesitas (kegemukan) pada kucing.

3. Daging Sangat Cocok untuk Kucing


Makanan Untuk Kucing

Menurut sebagian orang, kucing tergolong karnivora dan pencinta daging. Jadi bukan tidak mungkin apabila makanan pokok kucing adalah daging. Bahkan daging merupakan salah satu makanan favorit atau kesukaannya.

Semua daging bagus untuk kucing, baik daging sapi, ayam maupun daging ikan. Sebab daging mengandung protein hewani yang cukup baik buat pertumbuhannya. Tergantung bagaimana mengolahnya supaya mudah dimakan oleh kucing.

Kami sarankan daging tersebut direbus terlebih dahulu agar steril dari bakteri penyakit. Dan sebaiknya berikan daging ikan saja yang banyak vitamin E nya serta kalsium yang tinggi. Setidaknya daging disediakan  untuk kucing sebanyak 3 kali dalam seminggu.

4. Makanan Tempe dan Tahu Baik untuk Kucing


Makanan Yang Baik Untuk Kucing

Tempe dan tahu dapat diolah sedemikian rupa hingga menjadi makanan favorit kucing. Anda bisa merebusnya lalu dihaluskan dan dicampur dengan nasi atau yang lainnya. Tempe sendiri merupakan makanan yang mengandung banyak protein karena terbuat dari kacang kedelai yang suda difermentasi. Selain tempe anda bisa juga memberinya tahu yang juga terbuat dari kedelai.

Note: Disarankan jangan biarkan kucing makan tikus, sebab kurang baik buat tubuhnya. Baca saja tulisan kami sebelumnya, Bahaya dan Penyebab Kucing Makan Tikus

Baiklah itu saja daftar makanan untuk kucing yang kami rekomendasikan untuk anda. Jangan lupa tetap memperhatikan kebersihan, kualitas dan kehigienisan pakan. Terutama makanan instan harus diperhatikan kadaluarsa dan kandungan gizinya.

0 Komentar 4 Makanan Yang Baik Untuk Kucing

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top