Cara Menanam Rumput dan Tanaman Aquascape

Menanam tanaman di aquascape sudah pasti sangat berbeda caranya dengan menanam tanaman di tanah. Jika menanam di tanah pada umumnya hanya butuh bibit dan tinggal tancap di tanah yang sudah disiapkan. Sedangkan menanam tanaman di aquascape anda harus menyiapkan secara matang. Terutama dalam hal layout aquascape.

Karena fungsi utama layout memang harus diutamakan. Anda bahkan membutuhkan waktu berjam jam untuk membuat layout aquascape. Ya, langkah awal sebelum menanam tanaman, anda harus benar benar sudah tau tentang pemasangan layout supaya nantinya anda bisa menentukan dimana tanaman air tersebut akan ditempatkan agar nantinya ketika tumbuh besar tidak mengganggu layout aquascape anda.

Tanaman Aquascape ada banyak jenisnya. Setiap jenis berbeda cara menanamnya, cara tumbuhnya dan juga bentuk ukurannya. Sehingga kami akan membahas satu persatu cara menanam tanaman aquascape sesuai jenisnya.

Cara Menanam Tanaman Aquscape Berdasarkan Jenisnya


cara menanam rumput dan tanaman aquascape

1. Menanam Tanaman Anubias dan Java Fern


Cara menanam tanaman Aquascape yang pertama adalah jenis anubias dan java fern. Kedua tanaman tersebut memiliki kesamaan dalam hal cara tumbuh dan juga cara menanamnya. Cukup mudah sob, anda perlu meletakkan kayu atau batu ke dalam akuarium. Kemudian ikatkan tanaman tersebut menggunakan benang pada hardscape (batu atau kayu) supaya mereka tidak tumbuh mengembang. Sebab di habitat aslinya, mereka tumbuh di sela sela bebatuan.

Mengikat dengan benang merupakan pilihan terbaik daripada memakai kawat. Sebab, benang akan lapuk dengan sendirinya ketika tanaman mulai tumbuh besar. Sedangkan kawat tidak, dan malah membatasi tumbuh kembang tanaman tersebut.

2. Menanam Tanaman Moss


tanaman atau rumput moss

Ada banyak jenis moss yang bisa anda pilih untuk ditanam di aquascape. Seperti christmas moss, java moss, peacock moss dan flame moss. Sebenarnya tanaman moss ini hanya sebagai tanaman tambahan saja alias sebagai penghias aquascape. Karena teksturnya sangat ringan, sehingga bisa tergoyang goyang saat terkena arus air. Itulah yang membuat aquascape semakin indah.

Tanaman moss bisa ditanam di mana saja, namun lebih bagus jika dijadikan sebagai background atau latar belakang aquascape serta diletakkan pada tempat yang gelap. Seperti hardscape batu atau kayu yang gelap. Sedikit info saja bahwa tanaman moss sangat cepat pertumbuhannya, apalagi diletakkan di bagian terbuka seperti permukaan akuarium.

Nah, cara menanamnya sama seperti tanaman anubias dan java fern. Yakni anda harus menyiapkan hardscape berupa kayu atau batu lalu letakkan moss di sana, Nanti mereka akan tumbuh sendiri. Jika ingin lebih rapi dan supaya tidak berhamburan kemana mana ( tanaman moss sangat kecil dan bisa menyumbat filter) silakan diikat dengan benang pada hardscape tersebut. Atau bisa juga menggunaka lem perekat, nanti ketika sudah tumbuh akar tanaman moss akan menempel kuat pada hardscape.

3. Tanaman Stem (Stem Plant)


Umumnya tanaman ini hanya dijual batang dan daunnya saja. Meskipun sebagian orang ada yang menjual utuh dengan akarnya. Namun, sobat harus tahu karena tanaman stem masih bisa tumbuh meski hanya batang dan daun saja. Biasanya tanaman stem diletakkan di aquascape sebagai background. Cara menanamnya cukup mudah, beri jarak 3-4 cm antar batang tanaman. Awalnya memang terlihat renggang dan kurang bagus.

Tapi nanti ketika tumbuh daunnya akan bercabang dan bcakground menjadi rimbun. Pada saat tanaman sudah mulai rimbun, lakukan perawatan yang intensif, memangkasnya dengan dibentuk sesuai keinginan. Bisa berbentuk gunung atau lembah. Fungsi lain dari tanaman rimbun ini adalah bisa menyembunyikan akses akuarium seperti filter dan sebagainya.

4. Menanam Hairgras dan Rumput


Tanaman hairgras dan rumput tumbuhnya sangat mudah, walaupun di bawah cahaya rendah. Hampir sama dengan tumbuhnya rumput di tanah daratan. Biasanya tanaman ini dijual dalam keadaan tertanam di pot. Sehingga ketika anda ingin memindahkan tanaman tersebut ke akuarium, sebaiknya dibersihkan dulu kotoran tanah bekas pot. Untuk menjaga tetap bersihnya air aquascape.

Cara menanamnya mudah, beri jarak antar batang tanaman. Persis kayak menanam padi di sawah. Karena nanti mereka akan tumbuh menyebar secara alami dengan bentuk pola grid di bagian dasar aquascape.

5. Tanaman Umbi


Sama seperti tanaman rumput dan hairgrass yang umumnya dijual dalam pot atau plastik. Serta terdapat kapas yang melindungi struktur umbi agar tidak rusak. Meskipun tanaman air pot ini bisa langsung ditanam pada substrat, namun tidak kami sarankan karena dapat membatasi gerak tumbuhnya tanaman umbi tersebut.

So, ada baiknya dilepas dari pot atau plastiknya lalu bersihkan kapas secara perlahan lahan agar tidak merusak struktur umbi. Kemudian gali lubang pasir yang ada di akuarium, masukkan struktur umbi atau akarnya, dorong pelan pelan sampai tertutup pasir dengan sempurna. Biarkan, lama kelamaan akan tumbuh dengan baik.

Itulah Cara menanam tanaman aquascape yang sesuai dengan masing masing jenis. Mudahkan? Perlu sobat ketahui, pada saat membeli tanaman air pastikan tunasnya tidak cacat alias sudah terlihat tanda tanda warna putih pada akarnya, sehat serta bebas hama dan alga.