Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memelihara dan Merawat Marmut Hias dengan Baik

Marmut atau biasa disebut marmot atau guinea pig alias tikus gunung ini sangat digemari oleh sebagian masyarakat. Baik anak anak maupun dewasa. Nama genus hewan pengerat yang satu ini adalah marmota dan memiliki banyak spesies. Untuk lebih detailnya kami sudah pernah menulis tentang pengertian marmut berdasarkan klasifikasi dan morfologi.

Cara Memelihara dan Merawat Marmut Hias dengan Baik

Jika dilihat sekilas bentuk marmut ini mirip sekali dengan tikus dan hamster hanya saja lebih besar mendekati besarnya kelinci. Ada banyak sekali jenis marmut, mulai dari yang berbulu panjang dan pendek. Baca:perbedaan hamster dan tikus. 

Tentunya setiap marmut membutuhkan perawatan dan pemeliharaan yang baik dan benar.

Cara Memelihara dan Merawat Marmut Hias


Memelihara dan merawat marmut harus telaten. Semakin baik perawatan maka marmut bisa menjadi obat untuk psikis kita alias bikin bahagia saat bermain bersamanya. Sama seperti memelihara anjing hias atau kucing. So, berikut ini cara memelihara dan merawat  marmut hias.

1. Memilih Marmut Hias


Cara Memelihara dan Merawat Marmut Hias dengan Baik

Kenapa harus memilih? Ya, seseorang harus ada cinta terlebih dahulu terhadap hewan yang akan dipeliharanya. Maka pilihlah jenis marmut hias yang lucu dan yang anda sukai. Jika anda sudah menyukai binatang tersebut maka kedepannya akan muncul rasa tanggung jawab dan perhatian yang besar. Dan ini sangat penting. Kalau tidak suka jangan dipilih, sebab memelihara hewan membutuhkan rasa cinta dan kasih sayang yang cukup.

2. Mengecek Kesehatan Marmut


Salah satu bentuk niat yang kuat sebelum memelihara marmut, sebaiknya anda harus mengecek kondisi kesehatan marmut terlebih dahulu ke orang yang sudah ahli. Misalnya pecinta hewan pengerat, peternak marmut atau dokter hewan. Karena akan percuma jika membeli marmut yang sudah berpenyakit, akan lebih susah mengobati daripada menghindari penyakit.

3. Menyediakan Kandang Marmut


Setelah anda membeli marmut kesukaan dan sudah terbukti sehat silakan membuat kandang yang bagus, luas dan bersih. Beri ventilasi agar sinar matahari sedikit masuk dan kandang tidak terlalu lembab. Kandang bisa dibuat dari besi, kayu atau bambu. Jika sobat malas membuat atau tidak bisa, silakan beli kandang marmut yang siap pakai. Di petshop banyak sekali kandang marmut dengan berbagai macam bentuk dan bahan.

4. Memilih Lokasi


Menempatkan kandang dengan tepat juga sangat penting lho. Karena marmut tidak hanya butuh rumah saja, mereka juga butuh lokasi yang nyaman, aman dan bersih. Jangan letakkan kandang marmut langsung di bawah terik matahari jadi buat suasana lokasi sejuk namun tetap hangat.

Selain itu letakkan kandang marmut pada lokasi yang aman dari serangan predator. Serta hindarkan dari keramaian manusia. Sebab marmut termasuk binatang nokturnal yang kalau siang tidur kalau malam beraktivitas.

5. Memberi Pakan yang Sehat


Marmut merupakan binatang herbivora. Mereka sangat suka makanan jenis tumbuhan seperti rumput hay. Anda juga boleh memberinya pakan berupa buah buahan dan biji bijian seperti biji bunga matahari. Jangan lupa kasih multivitamin dan air minum yang cukup.

6. Memvaksin Marmut Hias


Salah satu bentuk perawatan yang baik adalah dengan memvaksin marmut. Sama seperti anjing dan kucing. Fungsi vaksin untuk meminimalisir terkena penyakit dan menguatkan kekebalan tubuh. Biasanya dokter hewan akan menyuntikkan sedikit obat vaksin dan vitamin C.

7. Mengajak Marmut Berinteraksi


Marmut termasuk binatang yang cerdas, dia bisa merespon setiap aktivitas manusia. Bisa diajak bermain, mau diajak kemana aja. Merespon ketika kita mengajaknya bercanda, memakaikan baju, mengajaknya berfoto. Pokoknya interaksi dengan marmut sangat penting agar marmut mengenali pemiliknya dan tidak stres. Maka dari itu marmut bisa dijadikan sebagai teman dan penghilang stres. hehe

Ajaklah marmut bermain dan ngobrol layaknya kita merawat anak kita sendiri. Penuh dengan kasih sayang dan belaian yang lembut. Manjakan mereka dengan makanan dan mainan kesukaan mereka.

8. Memandikan Marmut Hias


Perawatan yang baik terhadap marmut hias adalah rutin memandikannya sebagaimana memandikan burung hias. Yakni menggunakan spray dan disemprotkan ke tubuh marmut sambil dibersihkan bulu bulunya. Beri shampo bayi agar harum lalu keringkan dengan hair dryer. Sisir bulunya dengan lembut dan beri minyak wangi agar nyaman. Mandikan marmut sehari sekali setiap pagi menjelang siang, jadi habis mandi bisa dijemur di bawah matahari pagi selama setengah jam kurang lebih.

9. Melatih Marmut


Meskipun marmut binatang yang cerdas, anda tetap harus sering melatihnya supaya kecerdasannya terasah. Ajak mereka berkomunikasi dan berinteraksi dengan manusia. Bawa marmut ke tempat kerja misalnya agar mereka tahu aktivitas manusia sehingga bisa menjadi teman penyejuk hati. Ajak bernyanyi bersama, ngobrol, dan bermain.

10. Memberi Teman


Jika anda baru punya 1 marmut saja, sebaiknya beli lagi untuk menemani marmut. Mereka bisa stres dan bosan jika sendirian di dalam kandang. Marmut juga butuh sahabat atau pasangan. Saya sarankan belilah sepasang agar mereka bisa beranak pinak sehingga tidak sendirian.

Itulah cara memelihara dan merawat marmut hias dengan baik dan benar. Memelihara marmut tidak hanya memberi manfaat saja tapi juga ada resikonya. Apabila teman teman punya cara sendiri silakan share ke kolom komentar. Semoga bermanfaat terkhusus bagi pemula. Terimakasih.

Berlangganan via Email