Cara Merawat Murai Batu Untuk Lomba Lengkap

Sudah tak diragukan lagi, burung murai batu sangat diminati banyak orang. Jika dirawat dan dilatih dengan baik, ia akan bersuara merdu, keras, panjang dan bagus. Namun ada juga murai batu yang biasa biasa aja suaranya, mungkin karena tidak pernah dilatih.

Cara Merawat Murai Batu Untuk Lomba Lengkap

Karena keindahan suara yang dimiliki murai batu, maka banyak yang memanfaatkannya untuk dijadakan objek perlombaan atau kontes yang pastinya sangat menguntungkan.

Semua peserta lomba atau kontes suara murai batu tentu sangat mendambakan burungnya mampu memenangkan perlombaan. Hal itu pastinya tidak bisa instan, anda perlu butuh banyak waktu untuk selalu melatih dan merawatnya agar murai batu anda bisa bersuara merdu dan indah. Nah, jika anda belum tau bagaimana cara merawat murai batu untuk lomba, so baca artikel ini sampai selesai ya. Baca perlahan lahan agar tidak ada kesalahan.

Cara Merawat Murai Batu untuk Lomba


Sebenarnya merawat murai batu yang diniatkan untuk lomba tidak lah sulit, anda hanya perlu kesabaran dan ketelatenan. Baik, langsung saja berikut tips dan cara merawat murai batu untuk lomba.

1. Memandikan Burung Murai Batu


Perawatan yang utama adalah memandikan murai batu agar tetap semangat. Caranya saat pukul 07.00 angin anginkan dulu murai batu di teras atau halaman rumah kemudian pukul 07.30 mandikan si murai batu dengan cara memandikan yang benar.

2. Menjemur Murai Batu


Setelah dimandikan, murai batu dijemur di bawah matahari pagi agar sehat. Sekitar 1-2 jam setiap hari setelah mandi pada pukul 08.00 lalu dikerondong dan lakukan pemasteran dengan cara memperdengarkan mp3.

3. Pemberian Pakan


Pemberian pakan untuk murai batu agar bersuara merdu untuk lomba harus ektra teliti. Jangan asal memberi makan. Makanan yang baik adalah voer dan jangkrik. Voer harus diganti yang baru setiap harinya meski tidak habis dan pemberian jangkrik jangan langsung dikasih, harus dipotong dulu kaki tangannya agar tidak menganggu mulut burung saat dimakan.

Selain 2 pakan tersebut anda juga boleh memberikan kroto dan cacing. Namun pemberian pakan cacing cukup sekali perminggu aja itupun hanya boleh 1 ekor. Untuk kroto 2 kali/minggu sebanyak 2 sendok saja. Agar tambah sehat dan berstamina, berikan multivitamin sebanyak 3 kali/minggu atau sesuaikan kebutuhan si murai batu.

4. Rajin Membersihkan Kandang


Menjaga kebersihan kandang burung juga sangat penting sebelum murai batu diikutkan lomba. Agar kandang tidak terjangkit virus atau bakteri yang menyebabkan si burung sakit.

5. Pemasteran


Lakukan pemasteran setiap hari pada pukul 10.00 sampai 15.00 dengan memperdengarkan mp3 suara burung master. Lalu angin anginkan di halaman rumah selama 30 menit dan mandikan serta diberi makan 2 ekor jangkrik. Pada pukul 18.00 kembali lakukan pemasteran sampai pagi. Semakin sering dilakukan pemasteran semakin bagus kualitas suara burung.

Nah itulah 5 hal yang harus anda lakukan untuk merawat burung murai batu yang mau dilombakan. Adapun beberapa hari sebelum lomba, anda harus menjalankan poin poin penting di bawah ini.


  1. Lakukan pengisolasian 6 hari sebelum lomba dilaksanakan.
  2. Rutin memberikan pakan jangkrik setiap pagi 5 ekor dan sore 4 ekor 3 hari sebelum perlombaan.
  3. 1 jam sebelum lomba dimulai berikan pakan 4-5 ekor jangkrik dan 5-7 ekor ulat hongkong serta mandikan si burung.
  4. Yang terakhir sebelum murai batu turun untuk lomba berikan pakan 2 ekor jangkrik. 
Baiklah teman teman itu saja dari kami, semoga tips tips di atas bisa membuat murai batu anda berhasil dalam perlombaan. Tetap sabar dan jangan putus asa. Terimakasih
Lihat Komentar