Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat dan Bahaya Memelihara Anjing

Menurut agama Islam anjing merupakan binatang yang najis apalagi jika terkena air liurnya maka wajib bagi seorang muslim untuk membasuknya hingga 7 kali. Dan di sisi lain kita sering mendengar berita tentang seseorang yang meninggal dunia karena diterkam oleh anjing.

Manfaat dan Bahaya Memelihara Anjing

Pertanyaannya apakah boleh kita memelihara anjing dan apa sih manfaatnya sehingga banyak sekali masyarakat yang berlomba lomba memelihara anjing di rumahnya.

Yah memang ada banyak sekali jenis jenis anjing, mulai dari yang paling lucu, berbulu banyak, yang galak dan sebagainya. Setiap anjing yang dipelihara mempunyai manfaat dan bahaya tersendiri. Mari kita kupas tuntas terkait bahaya memelihara anjing beserta manfaatnya.

Mengenal Binatang Anjing Menurut Ilmuwan


Salah satu ilmuwan yang ada di dunia ini telah meneliti sebanyak 550 ekor anjing. Dan menurut para pemiliknya anjing merupakan hewan yang pintar bersosialisasi, kepandaian serta kemampuan kognitif dasar.

Manfaat dan Bahaya Memelihara Anjing

Ada teori yang mengatakan asal mula anjing ialah serigala yang dijinakkan berkali kali. Dan ada juga yang mengatakan serigala yang suka memakan makanan manusia, mengikuti manusia hingga ke pemukiman. Namun ternyata setelah diteliti, pengertian tersebut sangat berbeda sekali dengan serigala dari segi genetiknya.

Dari kepandaian si anjing dan kepintarannya dalam bersosialisasi, maka banyak sekali yang mau merawat dan memeliharanya. Karena memang memelihara anjing itu ada manfaatnya.

Manfaat Memelihara Anjing


Tidak semua yang ada pada diri anjing adalah keburukan hakiki saja. Meski binatang najis tapi Tuhan telah memberikan kelebihan pada mereka sehingga diminati sebagian orang untuk dirawat dan dipelihara.

1. Anjing Hewan yang Setia


Manfaat yang pertama dari memelihara anjing adalah setia dengan majikannya. Apalagi kalau majikannya memperlakukannya dengan baik dan bersahabat maka si anjing akan bersikap manja dan senantiasa melindungi majikannya. Sehingga dia sangat setia sekali serta menyayangi pemiliknya.

2. Anjing Seekor Penjaga yang Baik


Ketika seekor anjing dirawat dan dilatih dengan baik, ia seperti satpam yang selalu menjaga wilayah tempat ia tinggal. Dia mampu menjadi penjaga yang handal jikalau ada sosok jahat yang masuk ke dalam rumah majikannya.

Tak jarang sebagian penggembala menggunakan anjing sebagai pengawal agar hewan hewan yang digembala tidak terpisah pisah. Begitu juga anjing sering sekali dimanfaatkan untuk memburu apapun yang pemilik mau. Penciumannya sangat kuat sehingga dia begitu mudah menangkap segala yang ia buru.

3. Menjadi Teman Hidup


Sama seperti kucing dan marmut, anjing lucu bisa dijadikan teman hidup kita yang baik. Mereka bisa diajak berkomunikasi, diajak bermain, mengerti aktifitas manusia, bisa diajak curhat dan sebagainya. Jadi kalau sobat sedang stres atau ada tekanan hidup maka anjing lucu bisa menghibur anda.

4. Melatih Kesabaran dan Menyibukkan Diri


Manfaat memelihara anjing yang terakhir adalah bisa membuat seseorang memiliki kesibukan. Karena harus mengurus anjing. Sebab merawat anjing itu tidak mudah. Membutuhkan kesabaran dan ketelatenan yang ekstra. Kita harus melatihnya, memberinya makan, menyayanginya, mengobatinya saat sakit, menjaganya dan sebagainya.

Bahayakah Memelihara Anjing?

Anjing memang binatang najis tapi hanya sebatas pada air liurnya serta ketika dimakan. Memeliharanya pun diperbolehkan dan tidak berbahaya. Bahkan di dalam sebuah kisah seorang muslin yang beriman pun pernah dijaga oleh anjing. Hal ini jelas menunjukkan bahwa memelihara anjing itu dibolehkan dan tidaklah bahaya. Hanya saja haram jika anjing itu dimakan.

Kalau memelihara anjing tidak bahaya, mengapa ada sebagian orang yang sampai meninggal karena diterkam anjing? Nah disini akan kita ketahui apa penyebab anjing menerkam manusia.

Sebetulnya anjing itu hewan yang baik dan cerdas. Mereka tidak menyerang manusia begitu saja. Ada beberapa hal yang menjadi sebab mereka galak sama manusia.


  • Ketika anjing kaget oleh sesuatu yang mengagetkannya maka anjing akan menyerang objek tersebut. Karena ia merasa terancam sehingga tanpa segan segan ia akan mengejar dan menerkam sesuatu yang mengagetkannya.
  • Jenis anjing yang memang tidak suka dengan makhluk lain. Seperti anjing pittbul, anjing gembala jerman dan lainnya. Mereka tidak bisa dijinakkan dan buas. Sehingga akan menyerang siapapun yang ada di sekitarnya tanpa ada alasan apapun. 
  • Wilayah anjing yang diganggu maka akan marah dan pasti menyerang. Saat ada orang atau hewan lain yang tak dikenalnya memasuki wilayah kekuasaannya maka ia akan menyerang. Jadi berhati hatilah.
  • Anjing mengalami trauma yang luar biasa. Entah pernah dipukul manusia, disiksa, diperlakukan tidak baik sehingga trauma dan setiap ketemu manusia ia mengamuk lalu menyerang.
  • Sama seperti makhluk hidup lainnya, anjing juga bisa stres. Biasanya pasca beranak, saat sakit dan sebagainya. Kalau diganggu dia bisa ngamuk dan nyerang loh.

Nah jadi kesimpulannya adalah memelihara anjing bisa dibilang bahaya jika yang dipelihara adalah anjing liar atau buas sejenis pittbul dan tidak bahaya jika yang dipelihara jenis anjing lucu dan penjaga yang baik. So, silakan pelihara anjing hias aja yaa. Tidak ada bahaya malah banyak manfaatnya. Selain anjing, anda juga bisa memelihara hewan lucu lainnya di rumah. Baiklah sampai disini saja terimakasih.

Berlangganan via Email