Para hobis pastinya tidak menginginkan hewan kesayangan sakit, tidak terkecuali catlovers. Kendati demikian hampir tidak ditemui makhluk hidup tidak pernah merasakan sakit. Begitu juga dengan kucing. Di mana kucing memiliki metabolisme tubuh yang kurang bagus, jadi mudah terserang penyakit, baik penyakit ringan sampai penyakit parah dan aneh seperti muntah cacing.

Kucing muntah adalah hal yang biasa terjadi. Penyebab dari kucing muntah pun sangat banyak. Di antaranya yang sering terjadi karena ada bulu yang masuk ke dalam mulut kucing ketika kucing menjilati badannya. Penyebab lain karena kucing sakit, semisal diare, cacingan yang dapat menular ke  melalui muntahannya.

Terkadang yang buat bingung kalau si empus mengalami muntah cacing, kadang cacing pita, cacing putih disertai kucing tidak mau makan, duh khawatirnya. Lantas kucing yang muntah cacing apa obatnya? bagaimana cara mengobatinya?

Cara Mengatasi Kucing Muntah Cacing Pakai Obat Alami/Cara Alami

Cara Mengatasi Kucing Muntah Cacing Pakai Obat Alami

Berikut kami hadirkan cara mengatasi kucing yang muntah cacing disertai pemberian obat obatan alami yang dapat ditemukan di sekitar kita:

1. Berikan Selimut

Cara Mengatasi Kucing Muntah Cacing Pakai Obat Alami

Penanganan di poin awal ini adalah pemberian selimut pada kucing muntah cacing. Setelah kucing memuntahkan sesuatu, berikan selimut dan tidurkan di tempat yang hangat. Pemberian selimut di sini untuk menenangkan badan kucing setelah kontraksi badannya mengeluarkan muntahan. Dengan begitu kucing akan lebih tenang dengan kehangatan.

2. Kucing Puasa

Puasa dapat menetralkan lambung. Sudah terbukti puasa bagus untuk keehatan manusia. Dan ternyata puasa juga bagus untuk kucing menetralkan ketika sakit, menghilangkan mual, juga dapat mengatasi peradangan.

Coba praktekkan puasa ini ketika kucing muntah. Puasa selama 24 jam, setelah itu berikan makanan hambar, ajak lagi puasa selama 24 jam, setelah itu beri makanan hambar dicampur sedikit makanan kucing, dan praktekkan lagi puasa 24 jam yang ketiga, setalah itu beri makanan seperti biasanya.

3. Periksa Kotoran Kucing

Cara Mengatasi Kucing Muntah Cacing Pakai Obat Alami

Pemeriksaan pada kotoran kucing untuk memastikan apakah kucing cacingan atau tidak. Karena biasanya kucing yang cacingan kotorannya ada cacing dan telur cacingnya. Apabila kucing cacingan pada kasus berat akan mengalami muntah karena infeksi yang disebabkan cacing di dalam tubuhnya.

Maka, jika memang ada cacing pada kotoran kucing berikan obat cacing yang alami atau obat kimia yang dapat dibeli di apotek atau di petshop. Dan berikan upaya-upaya cepat dalam mengobati kucing cacingan.

4. Kenali Cacing pada Kucing

Apabila cacing yang ada pada kucing cacing liar atau cacing tambang maka berikan obat pirantel palmoat dan milbemycin oxime yang disiapkan secara oral. Obat pirantel bisa didapatkan di pasaran, obat ini dijual bebas. Sedangkan milbemycin oxime harus diresepkan dokter.

5. Berikan Jahe

Cara Mengatasi Kucing Muntah Cacing Pakai Obat Alami

Nah inilah cara mengobati kucing muntah cacing yang alami, sebab jahe tidak hanya bermanfaat bagi manusia, namun juga dapat menjadi obat bagi hewan, termasuk ketika kucing muntah. Jahe dapat menghangatkan perut kucing setelah muntah. Memberikan efek pereda pada tubuh kucing.

Berikan jahe satu sendok makan setiap harinya sampai sembuh. Cara pembuatannya, rebus jahe yang dipotong atau digeprek dengan dua gelas air selama 15 menit, minumkan pada kucing 2x sehari. Jangan terlalu sering, jahe itu bersifat panas. Kasian lambung si empus.

6. Beri Minyak Mineral

Cara Mengatasi Kucing Muntah Cacing Pakai Obat Alami

Manfaat dari minyak mineral selain untuk mengobati kucing muntah, bisa juga untuk mengobati kucing yang lemas. Tidak hanya itu saja, minyak mineral juga dapat mencegah sembelit pada kucing. Berikan 1 sendok teh 2x sehari pada kucing sampai sembuh.

7. Probiotik dalam Yogurt

Cara Mengatasi Kucing Muntah Cacing Pakai Obat Alami

Kandungan bakteri baik pada probiotik tidak hanya bagus untuk usus manusia, namun juga bagus untuk mengobati kucing yang muntah loh. Kucing yang muntah terus menerus menandakan adanya ketidak seimbangan bakteri dalam usus kucing.

Adanya bakteri baik pada probiotik memberi keseimbangan bakteri yang ada pada usus kucing. Berikan yogurt bebas lemak lalu campur dengan makanan kucing. Pemberian yogurt secara berkala sampai kucing sembuh.

8. Labu Parang

Cara Mengatasi Kucing Muntah Cacing Pakai Obat Alami

Terbukti seorang veteriner dari Amerika Utara pada tahun 1983 mengatakan bahwa pie labu dapat mengobati kucing muntah dengan mendorong pergerakan usus, pengobatan dilakukan setelah mencoba beberapa obat alami yang tidak berhasil. Selain itu labu parang juga dapat mengatasi sembelit loh catlovers.

9. Berikan Baking Soda

Cara Mengatasi Kucing Muntah Cacing Pakai Obat Alami

Baking soda untuk mengobati saluran kemih dan penyakit pencernaan lain yang menjadi penyebab kucing muntah-muntah. Caranya, campurkan baking soda degan air minum kucing, dan minumkan pada kucing sampai kucing sembuh.

10. Obat Elm Licin

Berikan obat muntah elm licin pada kucing anda yang sakit. Obat ini dapat mengobati masalah penecernaan dan kucing cacingan. Cara membuatnya, 1 sendok teh kulit pohon elm licin dibuat serbuk dan dicampur dengan minuman kucing. Atau beli saja obat ini di toko ramuan kesehatan.

11. Potreleum Jelly

Cara Mengatasi Kucing Muntah Cacing Pakai Obat Alami

Potreleum Jelly dapat dibeli di petshop, produknya terkandung pada obat laxatone dan felaxin, kegunaannya tidak hanya mengatasi muntah kucing, namun juga memberi nutrisi tambahan pada kucing. Silahkan sob bisa coba cara ini, tapi ini bukan alami yah.

12. Obat Arsenicum

Cara Mengatasi Kucing Muntah Cacing Pakai Obat Alami

Obat Arsenicum dapat mengatasi muntah-muntah pada kucing dan anjing yang keracunan makanan. Cara kerjanya membuang sampah racun dalam tubuh kucing. Dosis obat ini 30c, diberikan selama 1-2 hari diminumkan setiap 2 jam sekali.

13. Diet Hambar Tanpa Lemak

Ketika kucing dalam keadaan muntah-muntah tidak boleh memakan makanan yang berasa. Kucing hanya boleh makan makanan yang hambar. Makanan yang hambar yang paling bagus adalah makanan bayi. Pastikan makanan tersebut tidak mengandung bumbu. Diet ini juga dianjurkan untuk penyakit kulit yang dialami kucing.

14. Obat Fatomidine

Fungsi dari fatomadine untuk mengurangi asam lambung pada kucing. Obat ini obat rekomendasi dari dokter yang dapat dibeli di apotek. Untuk dosisnya, 0.25 hingga 0.5mg per popn atau 0.5 sampai 1.0 per kilogram dari berat badan kucing.

15. Bawa ke Dokter

Upaya terakhir mengatasi kucing muntah cacing dengan membawa kucing anda ke dokter hewan sesegera mungkin apabila muntah kucing tak kunjung sembuh dan menimbulkan gejala-gejala penyakit lain, agar secepat mungkin mendapatkan penanganan khusus dari dokter hewan dan mengetahui diagnosa penyakti pada kucing.

Jika menemui kucing anda muntah biasa atau muntah cacing segera mungkin untuk mengatasi hal tersebut untuk mengindari dehidrasi pada kucing anda yang menyebabkan fatal.

Leave a Comment