Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Fakta Ikan Aligator yang Harus Anda Ketahui

Ikan aligator berasal dari perairan Amerika. Tepatnya di Amerika Utara dan kawasan Amerika Tengah. ikan ini termasuk ikan air tawar. Disebut ikan aligator  karena bentuknya  seperti aligator.  yaitu pada moncongnya yang seperti moncong buaya.

Ikan aligator termasuk ikan yang langka. Karena banyak diburu oleh manusia dengan alasan spesies parasit dan di lain sisi diburu untuk dijadikan ikan hias.

Fakta Ikan Aligator


Fakta Ikan Aligator

Fungsi dari ikan ini ada banyak, mari kita ulas apa aja sih fakta-fakta unik dari ikan aligator ini. simak terus ya

Istilah aligator


Aligator berasal dari bahasa Spanyol"el laganto" yang berarti sang kadal, dan bahasa Perancis "Allagetra" yang berarti kadal rawa.  disebut kadal rawa karena mirip seperti kadal yang tinggal di perairan air tawar. 

Nama populer Alligator gar


Pada jenis yang paling banyak penyebarannya biasa disebut dengan nama gar, garpikke, garfish, dan yang paling populer dalam bahasa Inggris disebut alligator gar.

Bahan Alat Perang


Di wilayah Amerika ikan ini pertama kali dijadikan sebagai lapisan baju,  dari ikan ini juga digunakan sebagai mata panah untuk perang. 

Untuk Alat Pertanian. 


Sebelum adanya alat canggih dalam pertanian, ikan ini digunakan sebagai alat pembajak sawah. Karena ikan ini cukup kuat dan tahan lama.

Obat pengusir lalat


Suku arcanas pada zaman dulu membuat minyak ikan sebagai pengusir lalat dengan bahan utama ikan purba ini.

Ditangkap Besar Besaran


Karena ikan ini dianggap membahayakan ekosistem laut. Selama 50 tahun ikan ini ditangkap besar-besaran sehingga mengakibatkan ikan ini menjadi langka. 

Sebagai Bahan Dompet


Kulit dari ikan aligator ini dapat dibuat sebagai bahan baku dompet,  karena ikan ini memiliki kulit yang tebal tidak hanya dompet saja tetapi juga  sebagai  baku barang lain seperti ikat pinggang.

Dijuluki Ikan Purba


Spesies ini sering disebut fosil hidup, karena Ikan ini merupakan ikan yang  diperkirakan hidup 100 juta tahun yang lalu, kemiripannya ada pada morfologi purba seperti usus spiral dan kemampuan bernafas di udara dan air.

Kulitnya tebal


Spesies ini memiliki kulit yang tebal. Pada lapisan kulit ikan ini dilapisi juga dengan tulang yang menjadikannya tebal,  bisa dikatakan kulitnya seperti kulit buaya juga. 

Pemusnahan Massal di Indonesia. 


Selain di perairan Amerika, ikan ini kerap dimusnahkan juga di Indonesia dengan alasan membahayakan ekosistem laut. Pada tahun 2018 pemusnahan diperintahkan oleh menteri kelautan Susi Pudjiastuti.

Spesies Terbesar


Alligator Gar adalah spesies terbesar dalam famili gar, pernah dalam sejarah tercatat ukuran paling besar sepanjang hampir 3 meter, rata-rata  ikan ini memiliki tubuh yang besar dan panjang.

Keunikan Bentuk Tubuh Aligator


Bentuk tubuh ikan ini seperti silindris hampir mirip seperti torpedo. sirip  lengkung dan analnya ada  di bagian tubuh belakang posisinya berlawanan. Memiliki mulut yang moncong seperti buaya dan memiliki gigi yang tajam, hal tersebut yang menjadi alasan ikan ini disebut juga ikan buaya.

Ukuran tubuh aligator


Ikan Aligator yang dapat berkembang paling besar adalah jenis gar  pada saat dewasa memiliki panjang berkisar kurang lebih 3 meter dengan berat kurang lebih 140 kg, Sedangkan jenis lain ukuran dan beratnya ada di bawah jenis aligator gar.

Sisik Ikan Aligator


Sisik ikan aligator seperti intan yang tidak bertumpu. Kulitnya keras dan cukup tajam yang dapat melukai ikan lainnya. Hal itu menyebabkan spesies ini tidak mudah dimangsa predator lain.

Sebagai Olahraga Pancing


Ikan aligator tidak melulu dianggap sampah, karena di Texas, Oklahoma, Mississippi, Arkansas dan Louisiana ikan ini digunakan sebagai olahraga pancing yang bisa dibilang sangat ekstrem, keekstreman ini yang menjadi nilai plus dari olahraga memancing ikan aligator gar.

Usia Ikan Aligator


Di Amerika, usia ikan purba ini bisa mencapai 50 tahun. Namun pada umumnya umur dari Spesies ini sekitar 30 sampai 50 tahun.

Sebagai Bahan untuk Perhiasan


Biasanya Spesies ini diburu untuk dimanfaatkan sisiknya sebagai anting-anting dan untuk spesies kecilnya digunakan sebagai ikan hias di akuarium rumahan.

Ikan iblis


Yang unik di Indonesia khususnya di Sumatera oleh warga pesisir, ikan ini dijuluki sebagai ikan iblis. Karena bentuknya yang menakutkan dan dianggap mengganggu ekosistem. Namun tidak semua bentuk ikan aligator itu menakutkan ya, sebab ada banyak jenis ikan aligator yang lucu dan unik, sehingga bisa dipelihara di akuarium.

Telurnya Beracun


Dalam satu kali kawin, ikan ini dapat menghasilkan 150.000 telur. Namun telur dari ikan tersebut  beracun apabila dimakan manusia.

Pernapasan Ikan Aligator Menggunakan Insang


Ikan Gar memiliki gelembung renang untuk menyimpan kapasitas udara, gelembung renang ini yang membuat ikan mampu bertahan di kedalaman dasar air. 

Akhirnya selesai juga pembaca membaca informasi tentang fakta aligator yang ada di belahan berbagai negara yang harus anda ketahui. Sekian dari kami, semoga bermanfaat sebagai pengetahuan kalian.

Berlangganan via Email