8 Jenis Ikan Aligator Paling Popular dan Harganya Terbaru 2018

Jenis ikan aligator dan harganya- Orang menyebutnya ikan aligator. Kalau alligator saja maka artinya bukan sejenis ikan tapi buaya berkaki empat. Habitat asli alligator sendiri berada di perairan Amerika Utara dan Tengah. Memiliki moncong mirip buaya tapi tidak memiliki kaki. Meski terlihat ganas, ternyata ikan ini mempunyai banyak penggemar.

Seiring berjalannya zaman, ikan tersebut terus tersebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Hingga menarik hati para pencinta ikan predator. Namun perlu kalian perhatikan, sebagai ikan monster aligator tidak boleh dilepas sembarangan di perairan Indonesia.

Sebab sifatnya yang predator ia bisa memakan jenis ikan lokal dan merusak ekosistem yang ada di sungai kita. Makanya jangan samakan sungai di Indonesia dengan sungai Amazon, kalau sudah bosan memelihara ikan aligator sebaiknya dihibahkan. Jangan dilepas di sungai. Ok

Jika kalian hendak memelihara Ikan aligator gar (jenis aligator terbesar, nanti akan dijelaskan) di akuarium, sebaiknya mencampurkan bersama jenis ikan predator lainnya seperti arapaima atau datz. Tapi ingat, siapkan wadah yang besar. Karena ikan monster tersebut bisa mencapai ukuran 1-2 meter. Bila perlu sediakan kolam khusus untuk ikan ini andai ukuranya sudah gede.

Jenis Ikan Aligator Paling Popular dan Harganya


Jenis ikan aligator sangat beragam, sekitar 15 macam ikan aligator yang tersebar di seluruh dunia. Mulai dari yang paling besar sampai yang paling tua. Di Indonesia sendiri yang paling banyak dipelihara dan diperjual belikan adalah jenis aligator gar spatula dan florida gar.

Nah di bawah ini hobinatang.com hanya merangkum jenis jenis aligator yang populer saja. Lengkap disertai harga dan gambarnya:

1. Alligator Gar/ Spatula Gar (Atractosteus Spatula)


Jenis Ikan Alligator Gar/ Spatula Gar

Jenis ikan predator aligator pertama adalah Aligator Gar atau sering disebut Aligator Spatula. Karena memiliki nama latin Atractosteus Spatula. Menurut riset jenis ini merupakan jenis ikan aligator terbesar dibandingkan jenis lainnya. Ukuran badannya bisa mencapai 3 meter dengan berat 140 kg. Waw...!

Baca juga: 17 Jenis Ikan Predator di Indonesia yang Paling Bagus

Spatula Gar inilah yang paling banyak dijual dan dipelihara di Indonesia. Dengan ukurannya yang besar, anda harus menyiapkan kolam yang besar pula. Tapi soal harga, Alligator Gar adalah yang paling murah. Berkisar Rp. 20.000 sampai Rp. 250.000 usia anakan. Untuk ukuran dewasa sekitar 1 meter harganya mulai Rp. 800.000/ekor. Kebanyakan pedagang ikan hanya menjual anakan. Biasanya ukuran dewasa jarang yang mau beli, kecuali dihibahkan.

Corak warna aligator spatula cukup sederhana, yaitu silver kecoklatan ditambah pola polkadot di bagian ekor hingga kepala. Untuk pakannya sama kayak ikan predator lainnya, udang, ikan kecil atau jangkrik.

2. Aligator Florida Gar (Lepisosteus Platyrhincus)


Jenis Ikan Aligator Florida Gar

Ikan florida gar memiliki nama latin Lepisosteus Platyrhincus. Sesuai namanya, habitat dari florida gar adalah di semenanjung Florida. Sehingga tidak salah lagi jika jenis ikan tersebut ditemukan di daerah Amerika Serikat. Kepopuleran florida gar sama seperti aligator gar, banyak dijual belikan di pasaran Indonesia.

Ciri ciri Florida Gar memiliki motif belang warna hitam seperti macan tutul, perut berwarna putih atau kekuning-kuningan, sedangkan di bagian punggung dan sisi atas berwarna coklat olive. Umumnya florida gar yang berusia muda atau anakan terdapat garis hitam gelap di bagian belakang dan samping.

Saat dewasa panjang jenis ikan aligator florida bisa mencapai 51,7 cm sampai 132,2 cm dan beratnya mencapai 1,36 kg hingga 4,36 kg. Tergantung di mana ia dipelihara. Florida Gar ini sudah banyak dijual di pasar Indonesia dengan harga yang murah sekitar Rp. 50.000/ekor.

3. Aligator Longnose Gar


Jenis Ikan Aligator Longnose Gar

Bahasa latin ikan Aligator jenis longnose gar adalah Lepisosteus Osseus. Jenis tersebut sangat terkenal di kawasan Amerika Utara dan Amerika Tengah dengan moncongnya yang panjang menyeramkan. Meski begitu, longnose gar dulunya menjadi ikan konsumsi. Namun sekarang sudah menjadi ikan favorit para pemancing ikan di Amerika lalu dijadikan bahan perlombaan.

Sedangkan di Indonesia, ikan aligator longnose gar dijadikan ikan hias predator di akuarium atau kolam ikan mereka. Longnose gar tergolong jenis yang paling besar, berat badannya mampu mencapai 25 kg, panjang tubuhnya mencapai 1,8 meter, dan usianya mencapai 20 hingga 39 tahun.

Adapun masa kematangan seksual ikan alligator longnose gar jantan pada 3 sampai 4 tahun dan betina 6 tahun. Longnose gar memang layak dikonsumsi manusia, akan tetapi tidak untuk telurnya. Karena telurnya mengandung racun bagi manusia. Bila dimakan ikan predator lainnya, racun tersebut tidak berpanguruh untuk mereka.

Perbedaan longnose gar jantan dan betina bisa dilihat dari bentuk tubuhnya. Ukuran tubuh dan sirip betina lebih panjang daripada longnose jantan. Harga ikan tersebut berkisar Rp. 200.000 hingga Rp. 600.000 ukuran kecil sekitar 20-40 cm.

Baca juga: Perbedaan Ikan Alligator Jantan dan Betina

4. Tropical Gar (Atractosteus Tropicus)


Jenis Ikan Aligator Tropical Gar

Ikan aligator jenis tropical gar atau biasa disebut aligator tropis ini mirip dengan longnose gar dari segi corak warna tubuh dan sisiknya. Bedanya ada pada moncongnya, moncong tropical gar lebih besar dan pendek. Habitat aslinya berada di perairan Mexiko ke Kosta Rika. Panjang tubuhnya mampu mencapai hingga 1,25 meter apabila berada di alam liar. Bila hidup di penangkaran, panjangnya tidak dapat mencapai 1 meter. Harganya sekitar Rp. 2 juta sampai 5 juta ukuran 10-20 cm.

5. Ikan Aligator Jenis Spotted Gar


Ikan Aligator Jenis Spotted Gar

Spotted gar atau bahasa latinnya Lepisosteus Oculatus ini memiliki ciri ciri yang sangat mirip dengan aligator florida gar, dari segi motif tubuhnya, sisiknya hingga panjang tubuh dan juga moncong. Perbedaannya, motif tubuh spotted gar tidak sebanyak motif tubuh florida gar. Harganya terbaru sekitar Rp. 15.000-Rp. 20.000 ukuran 10-20 cm dan Rp. 20.000-Rp. 45.000 ukuran 30 cm.

6. Ikan Aligator Shortnose Gar


Ikan Aligator Jenis Shortnose Gar

Shortnose gar atau Lepisosteus Platostomus merupakan jenis aligator paling kecil di antara yang lain. Panjangnya hanya mencapai 60 cm saja. Makanannya adalah serangga dan ikan kecil kecil. Ciri cirinya bertubuh ramping memanjang dan berwarna coklat kehijauan di bagian atas punggung serta warna putih di bagian perutnya. Harganya cukup murah tergantung kondisi si ikan.

7. Ikan Hias Aligator Cuban Gar


Ikan Hias Aligator Jenis Cuban Gar

Cuban Gar atau Atractosteus tristoechus hidup di air tawar tropis yang bersuhu 18 derajat celcius hingga 23 derajat celcius. Habitatnya berada di kolam air tawar, rawa dan sungai. Rata rata memiliki panjang 1 meter hingga 2 meter. Apabila ikan tersebut berada di alam liar, ia biasa memangsa ikan lainnya dan juga burung yang lewat di atasnya.

Namun sayangnya, ikan cantik ini sudah mulai terancam punah, sehingga sudah banyak yang membuat penangkaran aligator cuban gar untuk menjaga populitasnya. Di samping itu cara memelihara dan merawatnya juga cukup mudah, karena ia mampu bertahan hidup hingga puluhan tahun. Harganya mencapai 10 juta perekor.

8. Platinum Gar (Leucistic)


Jenis Ikan Aligator Platinum Gar

Inilah jenis ikan Aligator paling cantik (versi mimin). Jenis platinum gar inilah yang paling langka keberadaannya. Masyarakat mengatakan bahwa ikan platinum gar memiliki cacat genetik sebab adanya kekurangan pigmen warna pada tubuhnya.

Warnanya identik dengan putih keperakan namun ada juga yang hanya berwarna putih saja. Karena kelangkaannya itulah yang menyebabkan harga platinum gar sangat mahal sekitar Rp. 2 juta sampai Rp. 10 juta untuk ukuran 10-20 cm.

Baik demikianlah jenis jenis ikan aligator dari yang terbesar, termahal, termurah sampai yang paling kecil di dunia. Semoga artikel di atas bisa menjadi wawasan buat kita semua yang ingin memelihara ikan alligator atau membudidayakannya. Gambar di atas Insyaallah sudah sesuai jenisnya, karena banyak situs gambarnya tidak sesuai dengan jenisnya.

0 Komentar 8 Jenis Ikan Aligator Paling Popular dan Harganya Terbaru 2018

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top