Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengawinkan Hamster Syrian Terbukti Ampuh

Hai sobat hobinatang.com. Bagi kalian yang memiliki hamster syrian di rumah dan mau melestarikan keturunannya jangan asal-asalan ya, agar si hamster memiliki keturunan yang bagus pastinya. 

Mengawinkan hamster syrian termasuk aktivitas yang lumayan banyak aturannya. Mengawinkan hamster jenis ini harus faham dan selektif, seperti mengetahui calon yang dikawinkan, umur, siklus tubuh betina dan masih banyak lagi. Tapi tidak usah khawatir ya sob, simak terus tulisan ini untuk mengetahui langkah mengawinkannya.

Cara Mengawinkan Hamster Syrian

Cara Mengawinkan Hamster Syrian

Ada beberapa hal yang harus kalian ketahui, bagaimana sih agar proses perkawinan hamster kalian berhasil dan lancar? Yuk ikuti panduan di bawah ini.

Pemilihan Hamster 


Cara Mengawinkan Hamster Syrian

Dalam memilih hamster untuk dikawinkan, anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Siklus estrus 4 hari. 
  • Usia perkembangbiakan dan berat betina56 hari atau 90-110 gram. 
  • Usia perkembangbiakan dan berat jantan63 hari atau 100-120 gram. 
  • Durasi estrus 4-23 jam, 20 jam rata rata. 
  • Postpartum kembali ke estrus 5-10 menit. 
  • Kehamilan16 hari. 
  • Usia dan berat menyapih21 hari, 35-40g. 
  • Usia mulai makanan kering7-9 hari. 
  • Ukuran liter4-12, dengan rata-rata 7-8. 
  • Usia mulai makanan kering7-9 hari. 
  • Skema perkawinan berpasangan 1 pria dengan 2-4 wanita. 
Pastikan hamster betina berusia lebih dari 13 minggu, karena jika kurang dari itu akan mengalami masalah kehamilan seperti jumlah anak banyak yang mengakibatkan kehamilan kurang sehat dan masalah-masalah yang lain.

Idealnya betina berusia 4-6 bulan untuk siap kawin, dan untuk hamster jantan tidak terpaut umur, mereka siap kapan saja dan tidak mempermasalahkan betina yang seperti apa. 

Perlu diperhatikan juga jika terlahir bayi hamster yang diinginkan yakni mantel satin dan perut putih. Saat sudah dewasa jangan mengawinkan dengan jenis yang sama, karena akan mengalami kecacatan keturunan seperti lahir tanpa mata. Mengerikan kan gaiss, hati-hati ya jangan sampai hamster yang sama-sama berkulit putih itu kawin. 

Hamster yang memiliki genetika yang cacat seperti juga memiliki ekor yang keriting (diketahui dengan perabaan) tidak usah dikawinkan, karane merusak keturunan juga. Dan hamster yang cacat dengan mudah didiskualifikasi ketika berlomba di pertunjukan. 

Mengetahui Siklus Betina 


Harus diketahui kapan betina hamster mengalami Birahi dan berada pada titik kawin. Jika tidak pada titik kawin dan dikawinkan, akan terjadi perkelahian. 

Perkembangan siklus etrus ditandai dengan pelepasan vagina yang berbeda. Hamster berada pada titik kawin pada hari pertama di malam hari, ia akan lebih reseptif. Pada hari kedua sudah tidak aktif lagi pun pada hari ke-tiga, hamster akan mengeluarkan cairan putih yang baunya menyengat.

Pada hari keempat masih sama belum aktif juga. Dan pada hari kelima akan kembali lagi seperti hari pertama (aktif lagi seksualnya). Jadi hamster betina Birahi setiap 4 hari sekali. 

Perkenalan Pasangan 


Jika waktunya tiba maka tugas pemilik hamster mempertemukan jantan dan betina. Oh iya perlu diketahui, hamster syrian setalah kawin harus dipisahkan, karena memang hamster jenis ini hidup sendiri ya sob. 

Jadi gini caranya, betina dan jantan diberikan tempat khusus untuk kawin dengan memberi ruang khusus dikasih tempat tidur. Reaksinya kalau berhasil si betina membungkukan tubuhnya pada si jantan, dan memperlihatkan perilaku lordosis, lantas si jantan merawat bagian belakang si betina.

Nah saat itulah terjadi perkawinan. Biasanya berlangsung selama 20-30 menit. Sesekali si jantan menggigit pelan bagian leher betina tapi ada kasus gigitannya terlalu agresif yang mengakibatkan perkelahian. Kalau berkelahi segera pisahkan. 

Ada kasus-kasus perkelahian lain juga ketika mau kawin. Biasanya kalau si betina udah ada jantan tapi ga kepanasan mau kawin, si jantannya nyerang, kayak marah gitu. Hal ini jelas harus dipisahkan ya sob, dan dicoba di lain waktu. Tapi teman teman juga harus bisa membedakan antara hamster sedang kawin atau berantem. 

Setelah selesai perkawinan, pisahkan lagi mereka ke kandang masing-masing ya sob. 

Nah di atas sudah dijelaskan cara mengawinkan hamster syrian. Yang jelas harus sabar ya kalau Beternak hewan apapun itu, dan harus tahu ilmunya. Selamat mencoba dan semoga berhasil sob.

Berlangganan via Email