HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Membedakan Hamster Berantem, Kawin dan Bermain Dilengkapi Video dan Cara Mencegahnya

Para owner kerap dibuat bingung ketika melihat hamsternya sedang bermain, karena cara bermain mereka terlihat seperti sedang berantem. Atau bingung membedakan sepasang hamster jantan betina sedang kawin atau berantem. Sehingga hal itu berdampak pada sikap kita, Apa yang harus kita lakukan? Apakah mereka harus dipisahkan atau didiamkan saja?

Kalau seumpama dipisahkan, tapi ternyata mereka sedang bermain atau kawin, maka kasihan (lagi enak enak main malah dilerai haha). Sebaliknya andai didiamkan, tapi ternyata mereka sedang berkelahi maka akibatnya lebih fatal, bisa mati minimal terluka. Oleh sebab itu sangat penting bagi setiap owner untuk mengetahui cara membedakan hamster yang sedang berkelahi, kawin dan sedang bermain. Dengan demikian kedepannya kalian bisa mencegahnya saat berkelahi dan membiarkannya saat bermain atau kawin.

Baiklah langsung saja simak ulasan hobinatang.com di bawah ini untuk mengetahui perbedaan hamster bermain dan berantem. Sekaligus sudah dilengkapi cara mengatasinya.

Membedakan Hamster Berantem, Kawin dan Bercanda


Membedakan Hamster Berantem, Kawin dan Bermain

Sekitar ada 3 cara bagaimana membedakan hamster yang berkelahi dan bercanda, lalu ada 1 poin membedakan hamster kawin dan berantem (lebih jelas nanti akan disertakan video sebagai contoh, tapi baca dulu sampai habis):

1. Mendengar jeritan atau teriakan hamster


Cara yang pertama ialah dengan mendengar suara jeritan dari dalam kandang si hamster. Apabila anda mendengarnya sebaiknya langsung menuju ke kandangnya untuk memastikan apa yang mereka lakukan. Apakah suaranya menandakan bermain atau berkelahi.

Jeritan suara hamster yang sedang bermain umumnya akan terdengar mencicit (tidak menjerit keras), namun apabila anda mendapatkan ada perubahan suara yang mendadak berubah menjadi "mengkikik" seperti suara kesakitan berarti mereka lagi berantem. Jika kalian sudah terbiasa melihat hamster bermain, lama-kelamaan akan tahu sendiri mana suara hamster berantem dan bermain.

2. Melihat perilakunya


Membedakan Hamster Berantem, Kawin dan Bermain

Cara berikutnya adalah dengan melihat tingkah laku hamster Anda. Jika kalian melihat hamster saling berkejaran satu sama lain atau guling-guling, melompat dari roda satu ke roda yang lain maka hamster Anda sedang bermain. Tapi kalau salah satu hamster terlihat mengejar hamster lainnya secara terus menerus tanpa ada tanda tanda bermain atau guling-guling maka kemungkinan besar dia sedang berkelahi.

3. Memeriksa tubuh secara visual


Apabila kedua cara diatas masih kesulitan dalam membedakannya, sebaiknya langsung diperiksa dan dicek, Apakah pada tubuh hamster Anda terdapat sedikit luka bercak darah atau sedikit cidera di bagian indra utama seperti mata, hidung, mulut dan lubang telinga. Jika anda melihat tanda-tanda tersebut sebaiknya langsung dipisahkan, karena mereka sudah tidak lagi bermain melainkan berantem.

4. Hamster jantan dan betina kawin atau berkelahi


Membedakan Hamster Berantem, Kawin dan Bermain

Sangat mudah membedakan hamster kawin dan berkelahi. Kalau berantem tanda tandanya tidak jauh dari yang saya sebutkan di atas. Namun kalau sedang kawin, tandanya adalah yang jantan menaiki betina dari belakang. Seperti kambing kawin hehe. Nanti lihat sendiri videonya.

Penyebab dan Cara mencegah Agar Hamster Tidak Berantem


Membedakan Hamster Berantem, Kawin dan Bermain

Mengatasi hamster yang berkelahi harus dilakukan dengan baik dan bijak. Pertama tama Anda harus mengetahui penyebabnya dahulu agar bisa mencegahnya sebelum terlambat. Tapi bila sudah terlanjur berantem Anda harus sergap dan tanggap. Buatlah mereka berhenti berkelahi, jangan dibiarkan saja, nanti akan mengakibatkan cidera parah dan dapat mengakibatkan kematian.  Lalu apa saja penyebab hamster berkelahi dan bagaimana cara mengatasinya?

1. Berbeda jenis hamster dan kelamin


Jenis hamster sangat beragam dan mereka memiliki karakter serta sifat yang berbeda-beda. Ada yang agresif dan ada yang penyendiri, oleh sebab itu disarankan anda menyatukan hamster satu jenis yang sama. Karena kehadiran jenis hamster lain menjadi ancaman bagi salah satunya, sehingga diantara mereka saling mempertahankan dan melindungi diri mereka sendiri.

Kecuali kalau mereka sudah saling mengenal, kalau sudah mengenal mereka tidak akan berantem meskipun berbeda jenis. Untuk mengetahui hamster yang galak dan tidak bisa kalian baca pada Artikel kami sebelumnya berjudul, 3 Jenis Hamster yang Jinak dan Tidak Menggigit

Selain itu berbeda jenis kelamin juga menjadi penyebab hamster sering berkelahi. Namun jika kalian ingin memelihara berbagai jenis kelamin hamster dalam satu kandang, disarankan untuk melakukan proses pengenalan terlebih dahulu. Yaitu dengan cara memisahkan keduanya di kandang yang terpisah namun jaraknya berdekatan. Tujuannya agar mereka saling mengenal satu sama lain.

2. Kandang hamster kurang luas


Kandang yang sempit juga menjadi penyebab hamster berkelahi. Berhubung hamster memiliki aktivitas yang banyak, berlari kesana kemari, berputar riang. Maka anda harus menyediakan kandang yang cukup luas agar mereka merasa nyaman dan tidak berantem demi perebutan tempat kekuasaan. Ukuran luas kandang disesuaikan dengan jumlah hamster yang anda pelihara. Intinya buat mereka nyaman di kandang.

3. Penuhi kebutuhan makanan, minum dan tempat bermain


Sudah sewajarnya makhluk hidup mempertahankan diri dengan asupan makan dan minum. Nah apabila makanan dan minuman yang ada di kandang tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup mereka maka yang terjadi akan saling berebut dan berantem. Begitu juga aksesoris dan tempat bermain (kesediaan roda berputar), harus cukup dengan jumlah hammy yang ada di kandang. Karena aksesoris tersebut merupakan pengganti pergerakan alaminya di habitat asli mereka. Justru kalau kurang bergerak, hamster akan mati.

4. Kedatangan hamster baru


Membedakan Hamster Berantem, Kawin dan Bermain

Inilah kasus yang sering terjadi, dimana hamster tersebut berantem setelah kedatangan pendatang baru. Mengapa ini bisa terjadi?

Ketahuilah mamalia yang satu ini akan mengenali temannya dengan penciuman. Mereka hanya menganggap teman jika baunya tidak asing. Namun kalau tercium bau asing maka akan diserang karena merasa terancam. Lalu bagaimana agar hamster tidak berantem meski dicampurkan di satu kandang dengan hamster lama?

  • Keluarkan semua isi kandang hamster mulai dari mainan, tempat makan, tempat minum, alas dan hamster itu sendiri.
  • Lalu cuci kandang hamster, mainan hamster, tempat makan dll sampai tidak ada bau hamster yang lama. Sebenarnya kalau memang sudah tidak tercium bau hamster lama tidak perlu ditambahkan minyak wangi atau semacamnya. Tujuannya kan biar bau hamster lama hilang.
  • Mandikan hamster lama dan baru sambil ditambahkan bedak khusus hamster, tujuannya biar mereka memiliki bau yang sama. Sehingga tidak saling mencurigai satu sama lain.
  • Langkah terakhir tinggal dimasukkan semua perlengkapan dan permainan. Kemudian dimasukkan hamster jantan dulu lalu disusul hamster betina. Tapi kalau masih berantem lakukan cara yang sudah diberikan di atas. Yaitu dipisah kandang sambil didekatkan.
Baca juga: cara memandikan hamster yang baik

Ingat hamster jantan dulu harus masuk, karena hamster betina terkenal lebih agresif dibandingkan jantan, oleh sebab itu tujuan hamster jantan didahulukan adalah agar hamster jantan menjadi penguasa atau penghuni pertama. Kalau yang jadi penghuni pertama adalah betina, nanti dia lebih sering menyerang pendatang. Namun karena si jantan bersifat kalem maka tidak suka menyerang.

Amati dan lakukan pengamatan terhadap kondisi hamster setelah dicampur. Apakah mereka akur atau berkelahi. Bila mereka berkelahi sebaiknya dipisahkan terlebih dahulu kandang mereka seperti yang sudah dijelaskan di atas. Terimakasih, boleh dishare tapi sertakan sumber ya Sob.

Berikut contoh video perbedaan hamster berantem, bermain dan kawin. Semoga bisa menambah pemahaman:

0 Komentar Membedakan Hamster Berantem, Kawin dan Bermain Dilengkapi Video dan Cara Mencegahnya

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top