Cara Memandikan Hamster Dengan Pasir dan Bedak Bayi

Cara memandikan hamster- Memelihara hamster memang ada sisi positif dan negatif. Positifnya adalah kita senang melihat bentuk dan wataknya yang imut, mungil, lucu serta menggemaskan. Namun sisi negatifnya ialah kadang mengeluarkan bau yang tak sedap. Bau tersebut bersumber dari air kencing atau kotoran hamster yang menempel di tubuhnya.

Tentu sebagai pecinta hamster sejati kita harus menerima resiko tersebut. Karena siapapun yang berani merawat maka ia harus siap menerima resiko. Tapi sob ternyata resiko-resiko tersebut bisa diminimalisir, sehingga hamster kita terlihat bersih dan selalu wangi. Bagaimana cara agar hamster tidak bau?

Cara yang paling baik agar hamster tidak bau adalah dengan memandikannya. Oleh sebab itu di sini hobinatang.com akan menjelaskan bagaimana cara memandikan hamster yang baik dan benar. Berikut langkah-langkahnya.

Cara Memandikan Hamster yang Baik dan Benar


Cara Memandikan Hamster Dengan Pasir dan Bedak Bayi

Hamster bukanlah binatang seperti kambing yang bisa dimandikan dengan diguyur air. Hamster adalah binatang yang habitatnya di gurun atau padang pasir, di sana tidak mengenal air. Jadi sobat tidak boleh sembarangan dalam memandikan hamster. Di bawah ini ada 3 cara memandikan hamster paling aman.

1. Memandikan Hamster Dengan Pasir Khusus


Cara Memandikan Hamster Dengan Pasir dan Bedak Bayi

Cara Memandikan Hamster Dengan Pasir dan Bedak Bayi
Pasir Zeolite

Cara memandikan hamster pertama adalah dengan pasir mandi khusus seperti pasir zeolite dan bathing sand. Kedua pasir tersebut bisa kalian beli di toko hewan terdekat. Untuk bathing sand memiliki aroma yang bervariasi ada apel, jeruk, lemon, lavender dan lain sebagainya.

  1. Siapkan alat mandi berupa gayung, ember kecil atau yang lainnya. Alat tersebut berguna sebagai tempat pasir mandi.
  2. Jika tempatnya sudah disiapkan maka tuangkan pasir zeolite/sand bath ke dalam wadah, namun sebelumnya harus disaring terlebih dahulu agar debu-debunya hilang. Sehingga tidak mengganggu atau menyumbat pernafasan hamster. Bila sampai terhirup akan membahayakan paru-paru hamster dan mengakibatkan kematian.
  3. Langkah selanjutnya adalah menaruh hamster ke dalam wadah yang sudah berisi pasir atau sand bath.
  4. Biarkan si hamster bermain dengan pasir dan mengguling gulingkan badannya. Karena seperti itulah cara hamster mandi.
  5. Tapi bila si hamster tidak mau mandi sendiri, sebaiknya sobat bantu dengan cara menyiramkan pasir ke tubuhnya.
  6. Jika hamster sudah merasa bosan biasanya mereka berhenti mengguling gulingkan badannya ke pasir. Itu tandanya proses pemandian sudah selesai.
  7. Buat yang memiliki hamster syirian berbulu panjang, disarankan agar meng grooming bulu hamster setelah dimandikan dengan cara menyisir bulunya supaya pasir-pasir yang menyangkut pada hilang.
Nah itulah cara bagaimana membersihkan hamster dengan media pasir.

2. Memandikan Hamster Dengan Bedak Bayi dan Pasir


Cara Memandikan Hamster Dengan Pasir dan Bedak Bayi

Sesuai judul di atas kami juga akan membahas tips memandikan hamster dengan bedak bayi yang dikombinasikan dengan pasir.

Perlu sobat ketahui bahwa hamster tidak boleh dimandikan dengan bedak bayi tanpa menggunakan pasir, karena bedak bayi memiliki struktur yang sangat lembut. Sehingga apabila si hamster mengguling-gulingkan badannya di atas bedak, bisa terhirup dan terkena paru-paru akhirnya mati.
  • Pertama siapkan pasir zeolite dan bedak bayi. Tapi lebih disarankan kalau kalian membeli bedak khusus hamster karena komposisinya sudah disesuaikan dengan kebutuhannya.
  • Langkah berikutnya masukkan pasir zeolit ke dalam wadah seperti poin di atas.
  • Lalu campurkan sedikit bedak kedalam pasir tersebut. Ingat, hanya sedikit saja, jangan terlalu banyak, bisa bahaya.
  • Kemudian yang terakhir biarkan si hamster mandi seperti poin no 1.
Mengapa harus dikombinasikan dengan bedak bayi? Fungsinya adalah agar hamster tidak bau dan menghilangkan kutu atau jamur akibat kotorannya.

3. Cara Memandikan Hamster dengan Air


Cara Memandikan Hamster Dengan Pasir dan Bedak Bayi

Apakah bisa hamster dimandikan dengan air? Memandikan hamster dengan air boleh-boleh saja, namun ini tidak disarankan dan tetap disarankan memakai cara yang di atas. Sebab jika kalian salah memandikan, hamster bisa terkena penyakit pneumonia. Perhatian rambu-rambu ini jika sobat ingin memandikan menggunakan air :
  1. Usia hamster harus enam bulan ke atas jangan memandikan hamster yang masih kecil.
  2. Kalian harus memakai air bersuhu sedang tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas.
  3. Jangan sampai kalian merendam hamster di dalam air. Bahaya!
Selanjutnya sediakan peralatan seperti shampo bayi, handuk bersih dan tisu basah serta pengering rambut. Basahi hamster dengan air hangat secara perlahan tapi jangan sampai mengenai kepalanya. Lalu berikan shampo bayi sambil dipijat-pijat dengan lembut.

Lalu bilas sampai tidak ada shampo yang tersisa. Dan terakhir keringkan menggunakan handuk dan usapkan tisu basah pada kepalanya. Lalu keringkan dengan hair dryer.
Akhirnya selesai juga sharing dari kami tentang cara memandikan hamster yang baik dan benar dengan bedak bayi, pasir dan. Bagikan artikel ini kepada sesama pecinta hamster jika kalian peduli terhadap mereka. Sekian terima kasih.

0 Komentar Cara Memandikan Hamster Dengan Pasir dan Bedak Bayi

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top