5 Cara Terbaik Merawat Anjing Siberian Husky (Khusus Pemula)

Hai dog lovers, jika sebelumnya kami membahas 11 jenis anjing paling lucu di Indonesia, maka sekarang hobinatang.com akan menerangkan salah satu dari mereka. Yaitu cara merawat siberian husky yang baik dan benar, dengan panduan yang sudah dirancang khusus bagi pemula, tapi bagi kalian yang sudah master juga diperbolehkan membaca ini dan tentunya kalian harus memberi masukan juga ya guys.

Cara Merawat Anjing Siberian Husky

Siberian Husky adalah jenis anjing yang mirip dengan serigala dengan ukuran tubuh sedang dan berbulu tebal, meskipun wajahnya terlihat buas tapi sebenarnya ras anjing yang satu ini tidaklah ganas bahkan ia sangat bersahabat dengan pemiliknya, dia memiliki karakter ramah, setia, dan menyenangkan. Sehingga tak heran jika anjing siberian husky menjadi sangat populer dan banyak penggemarnya.

Kalau dilihat dari kelebihan dan keunikan anjing husky ini sih, banyak sekali ya sob tapi sebenarnya dia juga memiliki kekurangan loh, apa saja tuh? Salah satunya ialah dia bersifat alfa dog yang artinya memiliki sifat pemimpin dan maunya selalu didahulukan dari anjing-anjing lainnya, baik dalam hal makan atau yang lainnya kemudian dia juga lumayan susah untuk dilatih.

Susah bagi yang malas melatih, tapi semua akan menjadi mudah jika dinikmati prosesnya, betul? Nah, bagi kalian yang memelihara siberian husky baik yang anak umur 2 bulan atau dewasa, kalian harus tahu cara perawatannya. Pokoknya ikuti saja langkah-langkah di bawah ini step by step.

Bagaimana cara merawat siberian husky dengan baik dan mudah?

Inilah Tips Merawat Siberian Husky Yang Baik dan Benar


Cara Terbaik Merawat Anjing Siberian Husky
from facebook William Firdaus

1. Memenuhi Kebutuhan-Kebutuhan dalam Merawat Siberian Husky


Sebelum merawat dan melatih siberian husky, pertama-tama kalian harus memenuhi keperluan-keperluannya. Apa saja?

Kandang Siberian Husky

Kandang sangatlah penting, bahkan merupakan pokok utama dalam perawatan anjing. Nyaris tidak mungkin jika ada orang yang memelihara anjing tapi tidak memiliki kandang. Kalai memang ada, maka bisa-bisa 1-3 pekan lagi si anjing tersebut akan kabur dan hilang jika ditinggal oleh pemiliknya.

Dalam membeli kandang pun tidak sembarangan sob, sebisa mungkin anda harus memilihkan kandang yang layak, nyaman. Supaya hewan peliharaan kesayangan kita bisa betah dan tentunya akan bahagia.

Lalu anda juga harus memperhatikan kebersihan kandang, bersihkanlah 2-3 kali dalam satu pekan dengan demikian kondisi tempat tidur si anjing akan selalu bersih dan nyaman.

Mulailah untuk membiasakan dan melatih si anjing tentang toilet training (membuang poop atau pee pada tempatnya), terutama bagi siberian husky yang masih bayi anakan di bawah 3 bulan. Bagaimana cara melatihnya?

Arahkan anakan siberian husky secara rutin dengan mengajaknya keluar rumah menuju halaman rumah setiap pagi/sore, atau bisa juga saat dia ingin buang air, dan biasakan juga untuk menggunakan kata-kata seperti "Ya", "Jangan", "Good boy", "Good girl", dan "Bagus" saat melatihnya, karena jika dia sudah mengenal beberapa kata seperti yang sudah dijelaskan tadi, pastinya anda akan lebih mudah saat mengajarkannya. Semoga saja dengan trik ini, anjing anda akan terbiasa buang pee di luar rumah, bukan di dalam.

Aksesoris Seperti Tempat Minum dan Makan

Kebutuhan selanjutnya ialah tempat makan dan minum, bertujuan agar makanan tidak tercecer kemana-mana dan juga supaya terbentuk pola makan dari siberian husky anda.

Apabila kalian memberikan tempat makan khusus baginya maka secara otomatis si anjing akan mengenal posisi dan tempat makanan berada. Itulah mengapa aksesoris ini sangat penting.

Oh iya, jangan lupa untuk menjaga kebersiahannya, supaya terhindar dari penyakit-penyakit yang tidak diinginkan. Sedia payung sebelum hujan, antisipasi itu penting. Iya gak sob?

Tali Khusus Anjing (Collar dan Leash)

Cara Merawat Anjing Siberian Husky

Tali anjing ini termasuk salah satu aksesoris yang wajib dibeli oleh pemelihara semua jenis anjing, bukan hanya siberian husky saja.

Dengan collar dan leash anda bisa mengajaknya jalan-jalan, entah di pagi hari atau sore hari. So, kami sarankan untuk menggunakan collar dan leash model halter yang dapat mengikat bahu anjing, sehingga tidak menyakiti lehernya apabila dia memberontak. Barang ini bisa kalian peroleh di toko hewan terdekat dan lengkap, biasanya pet shop yang di perkotaan pasti menyediakan aksesoris ini.

Mainan Siberian Husky Yang Bisa Dikunyah (Chew Toys)

Memang pada dasarnya dia anjing yang aktif, sangking aktifnya bisa-bisa perabotan di rumah Anda bisa berantakan, dan bahkan sofa atau kasur bisa rusak karena tingkah si husky.

So, berikanlah mainan yang bisa membuatnya terhibur, seperti Chew Toys atau yang lainnya. Kalian tidak perlu khawatir jika dia memakan chew toys sebab tidak akan merusak gigi alias 100% aman.

Pakan Anjing Siberian Husky

Waduh sob, sebenarnya ini yang paling penting dari semua daftar di atas, tapi sengaja kami taroh di bagian akhir supaya tersusun rapi, karena setelah ini saya akan membahas cara memberi makan siberian husky.

Baiklah, siberian husky membutuhkan makanan yang bergizi, dan memiliki nutrisi seimbang, agar bulunya tumbuh terawat tetap indah dan sehat. Memberikan makanan yang mengandung vitamin E sangat dianjurkan sebab dampaknya akan sangat baik untuk rambut siberian husky, vitamin E akan merangsang rambut dan menjaga kerontokan bulunya. Apa iya, anda tidak ingin binatang kesayangannya selalu tampil indah?

2. Cara Memberikan Makanan Siberian Husky


Cara pemberian pakan anjing husky tidak ada bedanya dengan hewan-hewan lainnya seperti kucing, hanya saja anda perlu memperhatikan poin-poin berikut ini:

  • Berhati-hatilah dalam memilih makanan, jangan membeli makanan anjing yang memiliki kadar garam tinggi atau berlebih, sebab akan membuat fatal pada keroyokan dan kesehatannya si anjing.
  • Lebih berhati-hati ketika pakan anjing mengandung protein tinggi, karena akan menimbulkan gatal-gatal pada siberian husky.
  • Hindari makanan-makanan yang mengandung alkohol, coklat, kafein, anggur, cabe, alpukat dan garam, karena makanan tersebut dapat menimbulkan kematian pada siberian husky. So sebisa mungkin dihindari.

Yup, mungkin hanya itu saja dulu hal yang perlu diperhatikan saat memberi makan si husky.

3. Cara Memandikan Anjing Siberian Husky


cara memandikan siberian husky

Perhatian! memandikan siberian husky 1-2 kali dalam sebulan dapat menyebabkan binatang peliharaan anda bebas gatal, kutu dan memiliki kulit yang sehat! Jika sayang maka mandikanlah tapi jika tidak maka tinggalkan dan kasihkan saja ke saya hehe (just kid)

Memandikan anjing kita secara konsisten memang sangat penting, dan cara memandikannya pun ada aturannya, yang pertama kalian harus menggunakan shampo khusus anjing, jika kalian menggunakan sembarang shampo, bisa-bisa bulu anjing anda akan rontok. Yang kedua, jangan lupa agar bulu anjing selalu disisir supaya ganteng dan rambutnya tidak mudah kotor sehingga bisa jadi sarang bakteri.

4. Pemberian Vaksin dan Vitamin


Kalian juga perlu untuk melakukan suntik vaksinasi yang lengkap ketika dia masih bayi. Jadi sebaiknya jika kalian ingin memberi anjing baru tanyakan dulu apakah anjing tersebut sudah divaksin lengkap atau hanya sekali.

Lakukanlah juga pemberian vaksin dan vitamin secara rutin, kira-kira 4 bulan sekali. Hal ini dapat membuat imunitas ganda pada anjing anda, dengan begitu si siberian husky tidak gampang terserang penyakit dan bakteri.

5. Memotong Kuku Anjing


cara memotong kuku siberian husky
from facebook Yolling

Jenis anjing yang satu ini identik dengan anjing pekerja dan sangat gemar beraktifitas, jadi sebaiknya kuku yang panjang harus segera di potong. Potonglah dengan hati-hati, hindari memotong kuku anjing terlalu pendek karena kuku anjing itu memiliki pembuluh darah di kaki mereka, jika anda kurang yakin untuk memotong kukunya lakukan pemotongan di petshop terdekat agar dapat terhindar dari hal yang tidak di inginkan.

Tiba saatnya kita berpisah, itulah 5 cara merawat anjing siberian husky yang dikemas khusus pemula, semoga panduan yang singkat ini bisa bermanfaat bagi saudaraku sesama dog lovers. Salam hangat terimakasih. [sumber: okdogi, dan situs lainnya yang susuai anjuran para dokter hewan]

0 Komentar 5 Cara Terbaik Merawat Anjing Siberian Husky (Khusus Pemula)

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top