HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Size Ukuran Standar Reguler Cupang di Indonesia

Dalam dunia percupangan Anda harus mengerti tentang standar reguler ukuran atau size cupang tersebut, apalagi buat para pemula. Loh' mengapa? Sebab ukuran ikan cupang akan menentukan harga jual beli si cupang, dan juga bisa menjadi faktor utama dalam pengelompokan katagori di sebuah kontes. Jika kalian tidak mengetahui ukuran standar yang ada di Indonesia, bisa-bisa Anda ditipu oleh penjual-penjual yang nakal.

Karena belum lama ini ada kasus di salah satu grup facebook komunitas cupang hias Indonesia, yang intinya dia tidak puas dengan barang yang ia terima. Sebab, ukurannya tidak sesuai, yaitu  harusnya (M) dapatnya malah (S), setelah dikomlplain si penjual malah beralasan dengan mengatakan "standar ukuran Medan dan Jakarta berbeda", padahal sebenarnya seluruh Indonesia itu memiliki standar ukuran ikan cupang yang sama.

Itulah pentingnya mengetahui standar ukuran cupang dewasa atau kecil. Lalu bagaimana cara menentukan ukuran reguler cupang?

Dalam menentukan ukuran si cupang dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu (S) (S+) (M) (M+) (L), dan di setiap kategori memiliki dua segi pandang. Pertama dari segi ukuran panjang, dan kedua dari segi umur cupang.

Ukuran Reguler Cupang Dari Segi Panjang

Size Ukuran Standar Reguler Cupang di Indonesia

Sebelum mengetahui ukuran panjang cupang, anda harus tahu dulu istilah-istilah seperti BO dan TL.

BO adalah Body Only yang artinya: hanya badannya saja yang diukur, yaitu dari mulut sampai pangkal ekor dan istilah inilah yang sering digunakan oleh para breeder Indonesia.

Sedangkan TL adalah Total Lengh alias panjang seluruh badan dari kepala sampai ujung ekor, tapi istilah TL jarang digunakan oleh mereka.

Berikut standar panjang ukuran cupang yang berhasil kami kumpulkan dari berbagai sumber, baik dari pendapat para master di forum grup maupun situs-situs lainnya. Apabila ada perubahan standar maka ikutilah standar yang paling update dan diakui keabsahannya.

1. Ukuran cupang (S)   : 2.5 cm - 3 cm
2. Ukuran cupang (S+) : 3 cm - 3.4 cm
3. Ukuran cupang (M)  : 3.5 cm - 4.4 cm
4. Ukuran cupang (M+): 4.5 cm - 5.4 cm
5. Ukuran cupang (L)   : 5.5 cm - 6 cm

Ukuran Reguler Dari Segi Umur Cupang

Size Ukuran Standar Reguler Cupang di Indonesia

Untuk membedakan ukuran cupang dari segi umur lebih mudah dan fleksibel.

1. Ukuran cupang (S)   : 3-4 bulan
3. Ukuran cupang (M)  : 4-5 bulan
5. Ukuran cupang (L)   : 5-6 bulan ke atas

Berapa umur ikan cupang sebenarnya? umur ikan cupang bisa mencapai 6 tahun, tapi semua tergantung perawatan dan kesehatan cupang itu sendiri.

Kapan Cupang Dipisah dan Dipijahkan?

Apabila ikan sudah berukuran S maka sebaiknya langsung dipisahkan ke dalam botol 0.5 liter atau tempat lainnya, sebab jika tidak langsung dipisahkan bisa-bisa mereka akan saling membunuh satu sama lain.

Ikan cupang sudah layak dipijahkan atau dikawinkan apabila sudah berumur (M) atau (L).

Baca: 15 Jenis Ikan Cupang Paling Populer Beserta Harganya

Baiklah sekian informasi tentang ukuran standar reguler cupang di Indonesia. Semoga bisa bermanfaat. Thanks kepada seluruh anggota grup komunitas cupang hias Indonesia atas ilmunya.

0 Komentar Size Ukuran Standar Reguler Cupang di Indonesia

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top