HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Membedakan Kura Kura Brazil Jantan dan Betina

Cara Membedakan Kura-Kura Brazil Jantan dan Betina- Hai sahabat hobinatang hari ini kura-kura brazil sudah menjadi binatang reptil peliharaan yang umum di masyarakat. Kura-kura jenis ini banyak dipelihara karena bentuknya lucu dan warnanya indah, apalagi kalau dia masih kecil. Pokoknya sangat menggemaskan deh.

Cara Membedakan Kura Kura Brazil Jantan dan Betina

Cara Membedakan Kura Kura Brazil Jantan dan Betina

Tapi ngomong-ngomng kalian tahu gak sih perbedaan jenis kelamin kura-kura jantan dan betina? Membedakan antara kura-kura jantan dan betina memang tidak semudah membedakan sapi jantan dan betina, sebab bentuk dan corak warnanya hampir mirip semua. Jadi bagi kalian yang ingin budidaya atau ternak kura-kura brazil harus bisa mengetahui perbedaannya.

Bagaimana mungkin kalian bisa mengawinkan kura-kura brazil jika cara membedakan kelaminnya saja tidak bisa?! Oleh sebab itu, kami di sini akan berbagi tips mengenai ciri-ciri kura-kura brazil jantan dan betina yang pernah disampaikan oleh peternaknya langsung. Semoga mudah dipahami baik yang masih pemula atau lainnya.

Cara Mudah Membedakan Kura Kura Brazil Jantan dan Betina


Ada 4 perbedaan anggota tubuh kura kura jantan dan betina. Keempat anggota tubuh tersebut yaitu:

1. Kuku Kura Kura


Cara Membedakan Kura Kura Brazil Jantan dan Betina

Perbedaan pertama ada pada bagian kukunya.
  • Kuku kura-kura Brazil jantan lebih panjang sedangkan kura kura betina pendek
  • Kuku kura-kura jantan lebih tajam dibandingkan dengan kura kura betina.

2. Kloaka Kura-Kura Jantan dan Betina Berbeda


Cara Membedakan Kura Kura Brazil Jantan dan Betina

Ini adalah cara paling mudah membedakan antara keduanya, apa itu kloaka? Kloaka adalah lubang saluran kotoran yang ada di bagian ekor kura-kura. Nah, cara membedakannya ialah jika bentuk kloakanya memanjang berarti dia berjenis kelamin jantan, namun sebaliknya jika bentuknya bulat maka dia berjenis kelamin betina.

3. Bagian Plastron Kura Kura


Cara lainnya untuk membedakan antara kura-kura jantan dan betina juga bisa dilihat dari plastronnya. Plastron ini merupakan bagian bawah cangkang kura-kura. Bentuk plastron kura-kura Brazil jantan lebih cekung sedangkan untuk kura-kura betinanya lebih membulat. Tapi kalian harus berhati-hati saat memegangnya soalnya dia sangat sensitif jika dipegang bagian plastron.

4. Cangkang kura-kura


Cara Membedakan Kura Kura Brazil Jantan dan Betina

Sebenarnya hanya dengan ketiga perbedaan di atas sudah cukup, tapi kalau kalian masih kurang yakin bisa melihat cangkangnya. Hanya saja untuk membedakan jenis kelamin melalui bentuk cangkang, kalian harus menunggunya hingga dewasa. Jika masih kecil belum terlihat jelas. Apa perbedaannya? Ciri ciri jantan ukuran cangkangnya lebih besar sedangkan untuk si betina lebih kecil. Simpel kan? Pokoknya mudah lah.

Baiklah, itu saja panduan lengkap "cara membedakan kura kura jantan dan betina". Selanjutnya kalian bisa membaca artikel ini: Cara Memelihra Kura Kura Brazil yang Baik dan Benar dan Teknik Budidaya Kura-Kura

0 Komentar Cara Membedakan Kura Kura Brazil Jantan dan Betina

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top