HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

6 Cara Merawat Kura Kura Brazil yang Baik dan Benar

Cara Merawat Kura Kura Brazil- Hai sob, apakah ada yang belum mengenal jenis reptil yang satu ini? Kura kura brazil (trachemys scripta elegans) adalah binatang reptil endemik yang berasal dari bagian selatan Amerika atau lebih tepatnya Brazil. Di sana dia sering dipanggil dengan nama RES "red-ear slider" hal ini disebabkan karena adanya corak merah di bagian belakang matanya, corak tersebut menyerupai telinga berwarna merah.

Cara Merawat Kura Kura Brazil yang Baik dan Benar

Di Indonesia sendiri, kura kura brazil banyak dipelihara oleh masyarakat, khususnya di kalangan pencinta ikan. Tapi kebanyakan mereka lebih memilih kura kura yang masih kecil, soalnya yang kecil warnanya lebih indah, cangkangnya memiliki dua warna kuning dan hijau sehingga terlihat lebih imut dan menggemaskan. Pokoknya sangat cocok untuk akuarium. Adapun yang sudah besar biasanya untuk dibudidaya atau diternak oleh petani. Baca: cara ternak kura kura brazil.

Menurut penelitian kura-kura brazil memiliki daya tahan tubuh yang kuat, umurnya saja bisa mencapai 20-40 tahun. Bahkan dia bisa dengan mudah beradaptasi di lingkungan manapun. Jadi kesimpulannya, memelihara kura kura brazil itu sangat mudah yang penting kalian tahu caranya.

Bagaimana cara merawat kura kura brazil yang baik dan benar?

Cara Merawat Kura Kura Brazil yang Masih Kecil atau Dewasa


Baiklah bagi kalian para pemula, simak baik-baik panduan perawatan kura kura brazil di bawah ini. Tips ini berlaku untuk semua usia, baik yang masih kecil maupun dewasa:

1. Menyediakan Kebutuhan Perawatan Kura Kura Brazil


Cara Merawat Kura Kura Brazil yang Baik dan Benar

Sebagaimana makhluk hidup lainnya, kura kura brazil membutuhkan keperluannya untuk bertahan hidup. Misalnya tempat tinggal atau yang lainnya. Untuk tempat tinggal, dia bisa hidup di air maupun di darat, tapi dia lebih banyak menghabiskan waktunya di air. So sobat harus menyediakan tempat yang cocok untuknya dengan menyesuaikan kebiasaannya.

Disarankan memakai akuarium untuk pemeliharaan kura-kura. Pertama, isilah akuarium dengan air secukupnya, sekitar 3/4 dari panjang kura kura. Hal ini agar kura kura bisa berbalik badan lagi jika badannya terjungkir. Kedua, buatlah tempat khusus berupa daratan, bisa dengan batu atau media lainnya yang sudah disediakan di pet shop. Daratan ini berfungsi untuk berjemur kura-kura brazil 25-30 menit.

Untuk ukurannya, sesuaikan dengan jumlah kura kura, semakin besar akuariumnya maka akan semakin baik. Selain itu anda juga harus rajin membersihkannya, karena air yang kotor karena bekas makanan dapat mengakibatkan si kura-kura sakit dan akhirnya bisa mati.

Jenis air apa yang baik untuk merawat kura-kura brazil?

Jenis air yang baik untuk digunakan adalah air tawar yang diambil langsung dari sumur. Disarankan suhunya berkisar  20-25 derajat celsius. Jangan pernah mencoba menggunakan air PAM, sebab mengandung banyak zat kimia, tapi jika memang terpaksa silahkan, tapi didiamkan dulu dalam ember selama 24 jam.

 2. Membeli Filter (Penyaring Kotoran)


Filter sangat penting untuk anda miliki saat memelihara kura kura. Filter berfungsi membersihkan kotoran yang ada di air dan mencegah perkembangan bakteri di dalam tangki. Umumnya pembudidaya kura kura brazil biasanya memakai filter berbentuk tabung Fluval 403, atau kalau tidak, kalian bisa menggunakan filter di bawah ini:

  • Filter di dalam akuarium (Internal canister filter): Penyaring ini dapat Anda tempatkan di dalam tangki. Filter jenis ini merupakan salah satu jenis yang terbaik karena dapat membersihkan air dalam tangki dengan baik.
  • Filter di bagian krikil (Under-gravel filter): Penyaring jenis ini membutuhkan permukaan yang lebar, yang mana akan bisa berfungsi dengan baik jika Anda hanya memiliki satu atau dua ekor kura-kura.
  • Filter di luar akuarium (External canister filter): Penyaring ini harganya lumayan mahal, tapi penyaring jenis ini merupakan filter yang paling baik, yang mana dapat mengurangi waktu Anda untuk mengganti air dalam tangki. (by: http://id.wikihow.com/Merawat-Kura-kura-Brazil)

3. Dekorasi Akuarium Kura-Kura


Cara Merawat Kura Kura Brazil yang Baik dan Benar
Facebook Pahat Creative

Cara merawat kura kura brazil berikutnya yaitu mendekorasi tangki. Saat mendekorasi, kalian boleh menambahkan tanaman hias tapi jangan yang beracun karena kemungkinan si kura kura akan mencoba memakan tanaman tersebut, tanaman plastik pun juga tidak dianjurkan. Dan jika kalian ingin memberi batu batu kecil usahakan jangan yang tajam agar tidak melukai cangkang kura kura. Jangan pula menggunakan pasir halus karena bisa jadi dia akan mencoba memakan batu batu kecilnya yang akan membahayakan usus kura kura.

Selain itu pasanglah lampu di akuariumnya. Lampu tersebut berfungsi untuk menghangatkan suhu akuarium dan tubuh si kura kura agar bisa mendapatkan nutrisi D3 berupa kalsium.

4. Memberikan Kura Kura Suplemen yang Cukup


Kura kura brazil sangat membutuhkan asupan suplemen berupa kalsium. Kalian bisa membeli kalsium berupa bubuk yang kemudian ditaburkan di atas makanan.

5. Memberikan Makanan yang Menyehatkan


Cara Merawat Kura Kura Brazil yang Baik dan Benar
Andy Syah
Kura-kura brazil termasuk hewan omnivora atau pemakan segalanya, tapi kalian harus tetap perhatian saat memberikan jenis makanannya. Hal itu supaya nutrisinya terpenuhi.

Dalam masalah makanan, kura-kura bayi biasa lebih menyukai memakan daging-dagingan, adapun untuk kura-kura brazil dewasa biasa lebih suka memakan tumbuh-tumbuhan.

Tapi yang lebih penting kalian harus bisa mengkombinasikannya, agar dia tidak bosan dan agar cepat besar. Misalnya, sayuran 50%, daging 25% dan makanan lainnya 25%.  Apa saja makanan kura-kura brazil?

Ikan Kecil atau Daging

Untuk pemberian pakan berupa ikan, sebaiknya jangan diberi jenis ikan air laut dan juga ikan yang sudah dibekukan sebab akan mengakibatkan mudah terserang penyakit. Kura-kura brazil sebenarnya lebih suka dengan daging yang masih mentah tapi sebenarnya itu kurang baik dan mengakibatkan penggemukan, maka hendaknya dimasak dulu tanpa bumbu, baru setelah itu bisa diberikan ke kura-kura.

Sayuran

Sayuran yang mengandung kalsium sangat baik untuk pertumbuhan tempurungnya. Jenis sayuran yang dapat Anda pilih diantaranya: Wortel, sawi, randa tapak (dandelion), selada, paprika, dan labu.

Ada makanan lain yang mungkin bisa dijadikan makanan tambahan seperti buah pisang, tumbuhan air, serangga, cacing sutra, dan makanan buatan yang bisa dibeli di toko hewan.
Perhatian: Jangan memberikan makanan terlalu berlebihan, cukup 2-3 kali dalam satu minggu untuk kura-kura dewasa dan 2 hari sekali untuk anakan.
Agar lebih lengkap, baca: 5 makanan kura-kura brazil dan cara pemberiannya

6. Mengajaknya Bermain


Cara Merawat Kura Kura Brazil yang Baik dan Benar

Merawat kura-kura brazil bukan hanya memberikan makanan, membersihkan air dan lain-lain tapi sesekali anda perlu mengajaknya bermain supaya membangun ikatan hubungan yang kuat antara Anda dan kura-kura Anda.

Cara bermainnya anda cukup memegang tempurungnya sambil sedikit digaruk-garuk. Sebab di dalam tempurung terdapat ujung saraf yang sangat sensitif, jadi pastikan Anda melakukannya dengan lembut.

Itulah 6 cara merawat kura-kura brazil yang baik dan benar untuk pemula. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kalian dalam memelihara kura kura. Thanks

4 Komentar 6 Cara Merawat Kura Kura Brazil yang Baik dan Benar

  1. sip sangat bermanfaat

    kunjungi blog saya
    http://wahyumada.blogspot.co.id/2017/05/merawat-kura-kura-brazil-kecil.html

    ReplyDelete
  2. Thanks you udah mampir, sama-sama

    ReplyDelete
  3. Iya mas saya jadi tambah ilmu dan wawasan thank's juga ya mas

    ReplyDelete
  4. Ini saya dapat info tentang bagai mana mengatasi kura kura kecil yang tidak mau makan sob ^_^
    http://omanul.com/2017/07/03/cara-merawat-kura-kura-brazil/

    Semoga Bermanafaat sob ^_^

    ReplyDelete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top