HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

5 Makanan Kura Kura Kecil dan Cara Pemberiannya

Makanan kura-kura kecil- Yups seperti yang sudah kita ketahui bahwa memelihara kura-kura sangatlah mudah dan tidak sulit. Sebab ia memiliki sistem metabolisme yang kuat, buktinya kura-kura bisa bertahan tanpa makanan dalam jangka waktu yang cukup lama serta usianya pun bisa mencapai 20 - 40 tahunan. Apalagi kalau pemberian pakannya dijaga dan diawasi, bisa-bisa hidupnya sampai 7 turunan. hihi

Makanan Kura Kura Kecil

Yang jelas berbicara tentang kura kura itu tidak ada habisnya. Karena selalu saja ada pembahasan-pembahasan penting yang perlu diketahui oleh kita (para pencinta kura-kura). Mulai dari perawatan kura-kura, beternak kura-kura sampai daftar menu makanan kura-kura yang baik dan menyehatkan.

Oleh sebab itu di sini hobinatang.com akan mengulas panjang lebar mengenai apa saja makanan untuk kura-kura yang masih kecil serta akan memandu kalian bagaimana cara memberi makanan kepadanya. Tulisan ini bersifat universal (umum), jadi bisa berlaku untuk semua jenis kura-kura. Entah itu jenis kura-kura hijau (Brazil) atau jenis kura-kura air tawar lainnya. Ok langsung saja, berikut jenis makanan yang baik dan cocok untuk kura kura kecil:

Makanan Kura Kura Kecil Brazil atau Lainnya


Sebenarnya makanan kura-kura kecil ini sudah pernah dibahas di artikel, cara merawat kura-kura Brazil yang baik dan benar. Namun sayangnya masih kurang lengkap dan detail, sehingga kami pun akan melengkapinya di sini. Kura-kura adalah termasuk hewan peliharaan omnivora yang bisa memakan apa saja. Tapi bukan berarti semua jenis makanan bisa ia makan, karena ada juga yang membahayakannya, ada juga makanan yang bersifat pokok, dan ada juga yang bersifat tambahan.

Di bawah ini sudah kami sesuaikan berdasarkan yang paling pokok dan tambahan. So, sobat tinggal memilih mana yang paling cocok dan mudah didapat. Tapi jangan terpaku pada satu jenis makanan saja ya, akan tetapi harus dikombinasikan dengan jenis akan lainnya agar tidak bosan dan nutrisinya terpenuhi:

1. Daging atau Ikan Kecil


Makanan Kura Kura Kecil

Dalam masalah makanan, kura-kura yang kecil lebih menyukai ikan-ikan kecil dan daging, makanya kami meletakkan di daftar urutan pertama. Daging mentah adalah favoritnya tapi daging mentah banyak mengandung lemak yang dapat mengakibatkan kegemukan. Jadi disarankan supaya dimasak dahulu tanpa memakai bumbu-bumbu dapur.

Adapun untuk ikan kecil sebaiknya memakai ikan jenis air tawar saja dan jangan menggunakan ikan laut atau yang sudah dibekukan. Sebab ikan laut bisa mencegah penyerapan beberapa nutrisi yang itu bisa mengakibatkan masalah pada jangka panjang.

2. Makanan Kura Kura Serangga dan Cacing Tanah


Makanan Kura Kura Kecil Brazil

Di habitat aslinya sendiri kura-kura lebih sering mendapat makanan yang alami. Contohnya adalah cacing sutra, mealworm dan serangga seperti jangkrik kecil atau yang lainnya. Jadi sesekali tidak masalah diberikan pada kura-kura Brazil, sebab jenis pakan yang satu ini juga baik untuk perkembangan si kecil.

3. Pelet Khusus Kura Kura


Makanan Kura Kura Kecil Brazil

Menu makanan ketiga untuk kura-kura yang masih kecil adalah pelet. Pakan ini bisa kalian beli di pet shop terdekat. Tapi Ingat, jangan sampai kalian salah membeli pelet. Karena ada 2 jenis pelet yang tersedia di sana. Pertama pelet yang bahan bakunya adalah tumbuhan atau buah-buahan (herbivora), biasanya pelet jenis ini diberikan kepada kura-kura darat. Lalu yang kedua ada jenis pelet yang bahan utamanya dari daging seperti cacing, keong atau ikan (karnivora) biasanya jenis ini digunakan untuk kura-kura air tawar.

Selain itu pilihlah merek yang sudah berkualitas dan sesuai dengan gizi yang dibutuhkan oleh kura-kura anda. Beberapa merek pelet yang terkenal adalah, Reptomin, Purina, Rep Cal, ZooMed dan lain sebagainya.

4. Sayuran dan Buah-Buahan


Makanan Kura Kura Kecil Darat

Makanan kura-kura kecil selain pelet yaitu sayuran dan buah-buahan. Sayuran dan buah sangat baik untuk si kura-kura karena mengandung kalsium yang bagus untuk pertumbuhan tempurungnya, namun jangan dijadikan sebagai makanan pokok. Sebaiknya dikombinasikan dengan jenis makanan di atas.

Misalnya daging 25% sayuran 50% dan makanan lainnya 25%. Hal itu supaya nutrisinya seimbang dan tidak membuatnya bosan. Adapun macam-macam sayuran yang bisa kalian berikan ialah sawi, wortel, selada, paprika atau randa tapak dan untuk buahnya bisa pisang, pepaya, tomat atau lainnya.

Selain itu kita juga bisa menambahkan suplemen vitamin A untuk kesehatan mata kura-kura minimal dua minggu sekali.

Bagaimana cara memberikan makan bayi kura-kura?

Cara Memberikan Makan Bayi Kura Kura


Makanan Kura Kura Kecil dan cara memberi makanan kura kura kecil

  • Pertama sediakan tempat yang dibutuhkan seperti tempat makan, tempat minum dan jangan lupa dibersihkan sampai bersih
  • Berikan 2 kali setiap hari, yaitu pagi hari dan sore hari. Sebab waktu tersebut adalah waktu yang ideal di mana bayi kura-kura biasanya sedang menunjukkan keaktifannya.
  • Ukuran pakan yang besar harus kalian sesuaikan dengan ukuran mulut bayi kura-kura. So potonglah menjadi bagian-bagian kecil misalnya daging harus dipotong, begitu juga dengan buah-buahan, begitu juga dengan pelet atau jenis makanan lainnya.
  • Pastikan bayi kura-kura diberi tambahan suplemen vitamin dan kalsium agar mendapat nutrisi yang cukup berikan minimal 2 minggu sekali atau 3 minggu sekali.


Nah itulah tutorial lengkap bagaimana cara memberi makan kura-kura, sekaligus informasi terkait jenis makanan kura-kura kecil. Baik kura-kura darat maupun kura-kura air tawar seperti Brazil. Bagi kalian yang membaca ini, silahkan dibagikan kepada sesama pecinta kura-kura karena saya merangkum tulisan ini dengan sangat lengkap dan jelas sehingga mudah dipahami oleh para pemula. Terimakasih (Boleh copas, tapi sertakan link sumbernya. DMCA protected)

4 Komentar 5 Makanan Kura Kura Kecil dan Cara Pemberiannya

  1. saya Punya Kura kura.. selama ini saya kasih makanan dari toko..
    nah ini makasih ya.. baru tahu bisa makan wortel

    ReplyDelete
  2. Kura2 ku kecil warna ijo it ga tau namany kura2 apa,kata penjualnyas suruh pakan ikan yg merknya takari bener ga ya beli udah 3hri ini tp kok ga mau makan,sebaikny ak kash makan apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kura-kura Brazil Kak. Dikasih makan cacing beku atau udang saja, kalau tidak dikasih pelet dengan merek lain.

      Delete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top