Cara Ternak Kura Kura Brazil dengan Mudah bagi Pemula

Ternak kura kura brazil memang sangat cocok bagi para petani ikan, sebab binatang reptil yang satu ini sudah sangat banyak dipelihara oleh kalangan masyarakat khususnya Indonesia. Selain mudah dirawat, kura kura brazil juga memiliki ciri khas tersendiri yaitu bentuknya unik dan warnanya cantik. Apalagi kalau dia masih kecil.

Karena banyaknya minat penggemar tersebut, budidaya kura-kura brazil menjadi peluang bisnis yang menjanjikan bagi peternaknya untuk diterapkan di rumah, lalu jika sudah berhasil kura-kura tersebut dijual di kalangan penggemar ikan akuarium. Jangan kaget kalau nanti mendapat omset jutaan sampai ratusan juta, tapi tentunya semua teergantung pada usaha keras anda.

Dalam usaha tidak ada yang dimulai dengan langkah mudah maupun cepat, semua butuh kerajinan dan proses dalam memulainya. Begitu juga dalam memulai bisnis seperti kura-kura brazil, ada beberapa langkah yang perlu dieksekusi secara benar dan serius.

Bagaimana cara ternak kura-kura brazil yang baik dan benar serta bisa menghasilkan?

Baiklah hobinatang akan menjawab itu semua, sebab kami di sini akan menjelaskan panjang lebar tentang tips beternak kura-kura brazil. Namun  pastikan anda sudah membaca artikel sebelumya yang berjudul, cara merawat kura-kura berazil bagi pemula. Ok, ikuti langkah-langkah di bawah ini supaya kalian bisa membudidayakan kura-kura brazil dengan benar:

Cara Ternak Kura Kura Brazil


Cara Ternak Kura Kura Brazil dengan Mudah bagi Pemula

1. Memilih Indukan Kura-Kura Brazil yang Siap Dikawinkan atau Dipijahkan


Hal yang paling utama dalam budidaya kura kura adalah menyediakan indukan yang berkualitas. Ciri-ciri indukan yang baik, layak dan berkualitas ialah:

Cara Ternak Kura Kura Brazil dengan Mudah bagi Pemula

  • Umur kura-kura sudah mencapai 2 tahun (yang siap kawin biasanya besarnya sepiring)
  • Tidak cacat alias sehat
  • Ukuran tubuhnya gemuk
  • Keadaan tempurung bersih

Jika syarat di atas memenuhi, Insyaallah indukan brazil mampu melahirkan telur dan anak yang banyak, bahkan sampai ratusan. Sehingga proses ternak kura-kura anda tidak sia-sia.

2. Menyediakan Tempat Untuk Beternak Kura Kura Brazil


Kalian harus membuat kolam khusus untuk proses pemijahan (mengawinkan) antara induk jantan dan betina. Karena bentuk wadah pemijahan berbeda dengan kolam kura-kura brazil pada umumnya. Bagaimana cara membuatnya?

Buatlah kolam pemijah seluas 2x3 meter, lalu buatlah sekat di tengah-tengah supaya terbagi menjadi 2 bagian. Sisi kanan untuk daratan pasir dan sisi kiri untuk air. Pembuatan sekat itu berguna supaya air tidak tercampur dengan pasir, sebab untuk kolam pemijah keadaan pasir harus tetap kering. Sehingga ketika si indukan meletakkan telurnya di atas pasir, tidak terkena air.

Jangan lupa untuk memasang lampu bohlam 10 watt di atas daratan persisi, tinggi antara lampu dengan pasir berjarak 10cm. Dan juga membuat saluran air yang kecil supaya ada pertukaran air kotor dan air bersih, sehingga air dalam kolam selalu bersih.

Jika sudah siap, langsung saja masukan indukan seperti kriteria di atas, usahakan dalam satu kolam hanya ada seekor jantan dan dua ekor betina. Adapun untuk makanannya,  kalian cukup memberikan sayuran dan serangga seperti jangkrik dengan porsi yang tidak berlebihan soalnya malah bisa membuat kolamnya kotor. The next, tunggulah beberapa hari sampai anda benar-benar melihat telur di atas pasir.

3. Menetaskan Telur Kura-Kura


Cara Ternak Kura Kura Brazil dengan Mudah bagi Pemula

Kalau telurnya sudah berada di atas pasir, kalian bisa menetaskannya secara alami dan buatan. Tapi lebih disarankan yang secara buatan. Mengapa? Soalnya hal ini untuk mengurangi tingkat kematian dan kegagalan si telur kura-kura tersebut. Silahkan baca panduannya di artikel, cara menetaskan telur kuru-kura air tawar dan brazil


4. Cara Merawat Bayi Kura-Kura Brazil


Cara Ternak Kura Kura Brazil dengan Mudah bagi Pemula

Poin ketiga sengaja dimasukkan dalam proses ternak kura-kura brazil, hal itu agar setelah telur menetas kalian tidak kebingungan cara merawat anaknya yang masih kecil dan hijau. Saat telur sudah mengeluarkan bayi kura-kura, hendaknya dibiarkan selama satu hari.

Jangan dikasih makan apa-apa, sebab mereka sudah menyimpan nutrisi makanan yang terkandung di dalam telurnya. Nah, ketika sudah melewati 1-2 hari, barulah kalian boleh memberi makanan khusus untuk si bayi, seperti ikan-ikan kecil yang dijual di pasar atau di toko ikan atau bisa juga yang lainnya.

Baca: 6 cara merawat kura-kura brazil yang baik dan benar

Mungkin itu saja tips lengkap dari kami "cara ternak kura-kura brazil dengan mudah untuk pemula" Semoga bisa memberikan solusi bagi bisnis yang akan anda jalankan ini. :) Share dan like facebooknya.

0 Komentar Cara Ternak Kura Kura Brazil dengan Mudah bagi Pemula

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top