Cara Merawat Iguana Supaya Cepat Besar– Hi sob, apa kabar? Belum lama ini hobinatang.com pernah membahas mengenai 8 jenis reptil yang bisa dipelihara, dan salah satu dari jenis itu adalah iguana. Binatang tropis dari benua Amerika ini memiliki banyak keunikan, dan mungkin kita semua tahu bahwa beberapa tahun yang lalu, keluarga kadal satu ini sempat terkenal dan menjadi tranding topik di kalangan pencinta binatang. Bahkan sampai sekarang pun peminatnya masih sangat banyak. Mengapa?

Karena tubuh spesies iguana memang benar-benar terlihat menawan dan elegan, dengan ciri-ciri kerut kulit yang berada di bawah rahang dan memiliki sisik besar yang berbentuk bundar di pipinya. Warnanya pun cukup unik, iguana dapat merespon rangsangan visual berupa warna kuning, jingga, merah muda, hijau dan biru. Selain itu, memelihara iguana juga tergolong mudah, ditambah lagi hari ini sudah banyak bertebaran ilmu-ilmu dari google terkait tips-tips perawatan iguana agar cepat besar dan jinak. So, tidak ada alasan lagi bagi anda untuk takut merawatnya.

Cara Merawat Iguana Agar Cepat Besar dan Jinak

Cara Merawat Iguana Supaya Cepat Besar dan Jinak
gambar: facebook Elly Ernawati

Nah, dengan berbagai alasan yang sudah disebutkan di atas, maka saya akan langsung menjelaskan proses perawatan iguana yang baik dan benar supaya bisa cepat besar. Tutorial ini kami sajikan khusus bagi pemula yang baru terjun ke dalam dunia reptil.

1. Memberi makan iguana secara teratur agar cepat besar.

Pemberian pakan yang tepat dan teratur merupakan sebab utama pertumbuhan iguana. Agar iguana cepat besar sebaiknya diberikan makan setiap pagi hari, siang dan sore (disarankan tidak memberinya sebelum tidur. Baca alasannya di kolam komentar). Untuk ukurannya sesuai yang dia mau, yakni tergantung pada nafsu makan iguana sendiri.

Selain itu makanannya juga harus selalu kita kombinasikan setiap harinya, jangan terpaku pada satu jenis saja. Meskipun pada dasarnya dia adalah murni pemakan tumbuhan hijau, seperti kacang hijau, sayuran, pisang atau lainnya (herbivora) tapi tidak ada salahnya jika kita memberi sedikit makanan tambahan berupa protein hewani untuk menambah nutrisinya. Berikut contoh komposisi makanan yang sudah dikombinasikan.

  • Pakan berupa tumbuhan biji-bijan seperti kacang hijau sebanyak 45%
  • Makanan berupa sayur-sayuran 40%
  • Buah-buahan 10%
  • Dan terakhir makanan tambahan protein hewani seperti 5% aja, jangan banyak-banyak. (tapi banyak juga orang yang tidak menganjurkan protein hewani sebagai bahan makanan iguana, jadi silahkan mau diberi atau tidak itu pilihan Anda)

Tapi dari daftar di atas, tidak semua jenis tumbuhan disukai oleh iguana, ada yang bisa kita berikan secara teratur, diberikan hanya sekali, bahkan ada yang dilarang.

Makanan yang hanya diberikan sekali meliputi bayam, brokoli dan seledri, adapun yang dilarang ialah cacing susu, sisa-sisa sayuran dan telur.

Ahli dokter hewan menyarankan supaya iguana banyak diberi makan berupa sayuran dan biji-bijan hijau ketimbang serangga karena dia memang hrbivora bukan omnivora, makanya kami menyarankan hanya 5% dan itupun tidak setiap hari. Dengan pemberian makan teratur dan benar bukan tidak mungkin jika iguana kita bisa cepat besar. Dari sinilah kita harus jeli dalam merawatnya terutama dalam hal nutrisi makanan.

2. Sediakala Minuman Bersih di Dalam Kandang Iguana

Cara Merawat Iguana Supaya Cepat Besar dan Jinak

Cara merawat iguana berikutnya adalah soal minuman. Semua makhluk yang bernyawa pasti membutuhkan air, jadi pastikan minuman air bersih sudah tersedia di dalam kandang. Sediakan tempat minum yang aman dan agak besar supaya bisa menampung air yang banyak. Ketika minum iguana akan mencelupkan kepalanya ke dalam air.

3. Perhatikan Kandang Iguana

Salah satu faktor penting pertumbuhan iguana adalah kondisi kandang. Sebisa mungkin disesuaikan dengan habitat aslinya yaitu daerah tropis. Misalnya dalam hal pencahayaan dan suhu, sinar UV sangat baik menjaga pertumbuhan tulang, kulit dan proses pencernaan makanan. So, perhatikanlah pencahayaan dari sinar matahari. Suhu yang baik adalah 26c sampai 29c.

Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan kandangnya, semua akan sia-sia jika kita merawatnya supaya cepat besar tapi malah kebersihan kandangnya diabaikan sehingga membuatnya terserang penyakit.

Catatan: Kalau sudah melakukan itu semua lalu belum juga besar, Anda perlu tahu bawah pertumbuhan iguana juga tergantung pada genetik yang di bawanya. Meskipun perawatan dan nutrisi udah bener kalo gen pertumbuhan nya tidak unggul ya pertumbuhanya kurang baik. Ibarat ada manusia kerdil dan normal.

Begitu pula pertumbuhan iguana beda beda, ada iguana yang baru 8 bulan udah 1 meter lebih ada yang 1 tahun baru 1 meter, tapi normalnya 1 tahun sudah 80 cm.

Cara Menjinakkan Iguana

Cara Merawat Iguana Supaya Cepat Besar dan Jinak

Melatih iguana agar jinak bukan masalah besar bagi pemeliharanya, sebab hewan ini termasuk binatang yang mudah dijinakan. Kunci utama adalah kesabaran, menghilangkan rasa takut dan masih banyak lagi. Semua sudah dibahas pada artikel khusus yang berjudul, cara cepat menjinakan iguana bagi pemula.

Sekian dari kami cara merawat iguana supaya cepat besar, selamat mencoba dan semoga berhasil. Berikan masukan atau pengalaman anda di kolom komentar.

Tags:

11 responses to “Cara Merawat Iguana Supaya Cepat Besar dan Jinak”

  1. Malaikat munkar Avatar
    Malaikat munkar

    Kenapa tidak boleh memberi makan iguana saat mau tdr. Apa penyebabnya.. Dan apa efek sampingnya bila terjadi.. Makasih 🙂

  2. Malaikat munkar Avatar
    Malaikat munkar

    Kenapa tidak boleh memberi makan iguana saat mau tdr. Apa penyebabnya.. Dan apa efek sampingnya bila terjadi.. Makasih 🙂

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Terimakasih sudah mau bertanya, saya sendiri tidak sependapat dengan orang orang yang katanya sebelum tidur harus makan biar cepat gemuk.

      Walaupun kata mereka sehat sehat saja. Namun sebenarnya iguana makan sebelum tidur kurang baik mas. Makanya kami sarankan jangan.

      Sebab yang harusnya alat reproduksi pencernaannya istirahat saat tidur, tapi tetap bekerja kalau dikasih makan sebelum tidur malam.

      Ya, itu kembali ke sampean om. Silahkan mau pilih yang mana.

  3. Unknown Avatar
    Unknown

    Mas semua saran/ajaran mas udh sy lakuin selama 4 bulan tapi kenapa ukuran baby iguana.a ndk berubah-ubah

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Pertumbuhan iguana juga tergantung pada genetik yang dibawanya. Meskipun perawatan dan nutrisi udah bener kalo gen pertumbuhan nya tidak unggul ya pertumbuhanya kurang baik.

      Pertumbuhan iguana beda beda,ada iguana yg baru 8 bulan uda 1 meter lebih ada yg 1 tahun baru 1 meter, tapi normalnya 1 tahun sudah 80 cm.

  4. Unknown Avatar
    Unknown

    Makasih sarannya om..ilmu yg bermanfaat bagi pemula

  5. Bintang Sitohang, 1992 Avatar
    Bintang Sitohang, 1992

    mas nanya dong, kalo misalnya suhu derajat gak sampe yang disarankan diartikel itu dampaknya apa? apa cuma ngaruh di pertumbuhan?

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Suhu di atas sudah menyesuaikan di habitatnya Mas. Umumnya hewan liar itu tinggal berpindah-pindah menyesuaikan suhu. Jadi usahakan tetap sesuai, akibatnya bisa timbul penyakit.

      Apalagi Iguana sangat menyukai lingkungan hangat, yaitu sekitar 30 – 39 derajat Celcius. Oleh karena itu disarankan untuk melengkapi kandang dengan jendela yang dapat meneruskan sinar matahari. Sinar matahari diperlukan iguana sebagai sumber sinar UV untuk membangun vitamin D.

  6. Tukang Ngegame Avatar
    Tukang Ngegame

    Mau nanya,cara agar si kaki iguana besar/berotot gimana ya?
    Maaf newbie baru mulai keep iguana

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Beri asupan makan yg bergizi, bernutrisi kak. Jaga kesehatan iguana

  7. Unknown Avatar
    Unknown

    Mas , knapa iguana saya galak bgt padahal saya usap2 dan saya kasih makan pake tangan say. Kalo liat saya kaya liat musuh ajah. Gimana njinakkannya ya masm trimakasih mas 🙏🏻

Leave a Comment