HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Mudah Merawat Ikan Cupang Agar cepat Besar

Merawat Ikan Cupang agar Cepat Besar? Hai guys, kita semua tahu cupang merupakan jenis ikan air tawar yang banyak diminati masyarakat Indonesia. Baik kalangan laki-laki maupun perempuan, anak-anak maupun dewasa. Hal itu disebabkan karena warnanya yang indah, siripnya yang cantik dan pergerakannya yang berwibawa.

Meski ikan cupang banyak dipelihara, tapi saat memeliharanya kadang ada saja masalah yang harus dihadapi, terutama bagi para pemula (nubi) seperti saya ini. Apa itu masalahnya?

Masalahnya adalah ikan cupang tidak lekas besar. Padahal cupang sendiri bisa terlihat cantik jika sudah besar kira-kira maksimal ukuran (L). Nah, di saat itu warna terlihat mencolok, dan sirip membesar sehingga harga pun bisa semakin mahal.

Bagi saya pertumbuhan cupang sangatlah penting, apalagi buat pembudidaya cupang hias. Semakin cepat besar, keuntungannya pun semakin besar, namun sebaliknya semakin lama pertumbuhannya akan semakin lama pula panennya. Misalnya untuk cupang ukuran (M) harusnya bisa dicapai dalam waktu 3 bulan, tapi malah 4 bulan.

Bagaimana cara merawat ikan cupang supaya cepat besar?

Cara Mudah Merawat Ikan Cupang Agar Cepat Besar


Cara Merawat Ikan Cupang Agar cepat Besar

Saat itu hobinatang bertemu dengan salah satu peternak ikan cupang dan sekalian membeli 2 ekor cupang, lalu kebetulan dapat yang ukurannya masih (S) kecil, maka kami pun bertanya ke peternaknya tentang cara membesarkannya.

Alhamdulillah dia memberi ilmu kepada kami banyak sekali, yang Insyaallah akan kami share di sini. Silahkan sobat perhatikan baik-baik cara paling mudah merawat ikan cupang cepat besar di bawah ini:

1. Buatkan Tank yang Layak supaya Cepat Besar


Cara Merawat Ikan Cupang Agar cepat Besar

Tips pertama ialah menyediakan tank atau wadah yang layak saat perawatan ikan cupang. Walaupun sebenarnya dia bisa memakai wadah apa saja tapi tetap saja kalian harus memperhatikannya. Buat burayak (cupang baru lahir) sebaiknya ditempatkan di tempat yang tidak terlalu sempit. Begitu juga dengan cupang yang sudah disortir (pisah), kalian wajib mencarikan akuarium dengan ukuran besar paling tidak (25x20x20) cm atau minimal (20x15x15 cm).

Dengan demikian cupang bisa banyak bergerak sehingga tidak mudah stres. Sebab salah satu faktor penghambat pertumbuhan ikan cupang adalah pikiran. Semakin merasa nyaman dan senang dia akan semakin cepat besar.

2. Perawatan Air yang Bagus


Cara Merawat Ikan Cupang Agar cepat Besar
Gambar ikan petarung

Hari ini banyak penghobi-penghobi cupang yang musiman, artinya dia hanya semangat merawat ikan cupang di awal-awal tapi setelahnya mereka males, malas menguras, malas mengganti air dan lain sebagainya. Kalian jangan sampai seperti itu, siap membeli berarti harus siap memelihara.

Kebersihan air merupakan faktor penting dalam pertumbuhannya, maka jika ingin ikan anda cepat besar gantilah air minimal 3 hari sekali. Pindahkan ikannya ganti airnya cuci tempatnya (jangan menggunakan sabun) dan isi kembali dengan air sumur yang bersih.

Kalau Anda bermalas-malasan, siap-siap saja ikan anda terserang penyakit berbahaya. Entah itu penyakit jamur, kepala nanas atau lainnya. Sebab air yang kotor adalah tempat tumbuh berkembangnya bakteri-bakteri berbahaya yang dapat menyerang si cupang. Baca: jenis penyakit ikan cupang dan cara mengobatinya

3. Menambahkan Daun Ketapang saat Memelihara Ikan Cupang


daun ketapang, Cara Merawat Ikan Cupang Agar cepat Besar
Gambar daun ketapang basah by facebook Edi Antonnes

daun ketapang, Cara Merawat Ikan Cupang Agar cepat Besar
Foto daun ketapang kering by facebook Edi  Antonnes

daun ketapang, Cara Merawat Ikan Cupang Agar cepat Besar

Cara yang ketiga dalam merawat cupang agar cepat besar adalah menambahkan daun ketapang di wadahnya. Daun ketapang sudah umum digunakan oleh pencinta cupang khususnya cupang aduan. Daun ini berfungsi sebagai pendorong kesehatan dan kesegaran pikiran si cupang, selain itu juga bisa mempercantik warnanya.

Tapi kalian harus berhati-hati saat menggunakannya, terlalu banyak daun di dalam akuarium juga tidak bagus sebab malah bisa kotor dan airnya jadi gelap sehingga keindahan ikannya tak dapat dinikmati.

4. Memberi Makanan yang Bernutrisi Tinggi


Cara Merawat Ikan Cupang Agar cepat Besar

Asupan makanan yang diberikan pada ikan cupang merupakan faktor paling penting dan utama dalam cepat tidaknya pertumbuhan ikan cupang dibandingkan ketiga cara di atas. Makanan ikan cupang mungkin ada banyak sekali (beragam jenis), mulai dari pelet sampai yang alamiah seperti jentik nyamuk, kutu air dll. Namun tidak semua makanan memiliki kandungan protein dan nutrisi yang sama.

Semakin besar kandungan lemak dan proteinnya maka semakin bagus buat pertumbuhannya, yang jelas seimbang. Lalu apa saja makanan ikan cupang agar bisa cepat besar?

Ada banyak sekali jenis-jenis pakan ikan cupang supaya cepat besar, dan tidak mungkin jika ditulis di sini semua, sehingga pembahasan ini pun kami sendirikan. Silahkan baca: 6 makanan ikan cupang paling baik untuk pertumbuhannya

Baiklah itu saja tips lengkap dari kami tentang cara merawat ikan cupang agar cepat besar. Barangkali di sini ada teman-teman yang memiliki pengalaman berbeda dari kami, silahkan tulis di kolom komentar. Berbagi itu indah, terimakasih.

0 Komentar Cara Mudah Merawat Ikan Cupang Agar cepat Besar

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top