HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Merawat Landak Mini Bagi Pemula yang Baik dan Benar

Merawat Landak Mini- Landak mini merupakan binatang peliharaan bertubuh kecil yang lucu dan menggemaskan. Dia sangat populer di kalangan remaja terutama mahasiswa. Hari ini landak mini sudah banyak dijual di pasar-pasar hewan atau di pinggir-pinggir jalan. Selain itu landak mini juga termasuk hewan yang mudah dirawat. Tapi walaupun demikian kalian juga harus tetap tahu bagaimana cara memeliharanya.

Cara Merawat Landak Mini untuk Pemula yang Baik dan Benar

Maka di sini hobinatang.com akan memberikan tips memelihara landak mini yang baik dan benar, dan semoga pembahasan kami mudah dipahami khususnya bagi pemula yang baru membeli landak mini. Bagi kalian yang baru ingin membeli silakan baca dulu artikel, harga dan jenis landak mini.

Sebelum membahas cara merawat landak hias sebaiknya kalian belikan dulu kebutuhan-kebutuhannnya:

A. Menyediakan keperluan landak mini 


Jika kalian merawat landak mini baik yang dewasa maupun yang masih anak-anak, maka sebaiknya kalian harus menyediakan keperluan hidupnya supaya dia bisa hidup nyaman, sehat dan yang jelas biar dia betah sama kamu. Lalu apa saja yang harus kalian sediakan?

1. Kandang untuk Landak Mini

Cara Merawat Landak Mini untuk Pemula yang Baik dan Benar

Kandang landak mini bisa kalian beli di toko hewan terdekat, usahakan yang terbuat dari logam dan plastik tapi bisa juga menggunakan akuarium. Besar kecilnya sesuai dengan jumlah landak yang kalian miliki, akan tetapi disarankan membeli kandang yang agak besar dan tinggi (berkisar 30cm), supaya si landak bisa lari-lari kesana kemari.

2. Alas dan Tempat Tidur Landak Mini

Salah satu karakter landak adalah menyukai yang hangat-hangat. So, belilah serbuk kayu sebagai alas dan tempat tidurnya, dan jangan lupa buatkan gua kecil atau tempat kecil dipojok kandang sebagai alat berlindung ketika siang hari. Karena landak mini tidak terlalu menyukai cahaya.

3. Vitamin Hewan

Dengan memberi vitamin hewan pada landak akan menjadikan binatang kesayangan kalian sehat. Untuk vitaminnya bisa kalian beli di pet shop atau online, biasanya di pet shop seharga Rp.6.000. Vitamin ini berbentuk cair yang nantinya akan diteteskan pada minuman landak sebanyak 2 tetes.

4. Tempat Minum dan Makan

cara merawat landak mini dengan benar

Nah, inilah yang paling penting, tempat minum dan makanan sudah menjadi kebutuhan pokok yang wajib dibeli, mengapa? karena supaya air dan makanannya tidak tercecer dimana-mana sehingga membuat alas serbuk kayu yang ada dikandangnya basah. Ingat, kondisi yang lembab tidak disukai landak mini. Sediakan tempat makan yang berat, seperti mangkok agar tidak mudah tumpah, untuk tempat minumnya berupa sedotan khusus hewan. Contohnya gambar di bawah ini:

tempat minum landak mini

tempat minum landak mini
Foto tempat minum model lain (lebih simpel)


5. Makanan Landak Mini

Apabila tempat minum dan makan sudah terpenuhi, kalian tinggal membeli makanannya. Landak mini termasuk hewan pemakan serangga (insectivore), maka kalian bisa memberinya serangga. Tapi bukan berarti kalian hanya memberinya serangga saja. Silahkan dikombinasikan dengan memberi makanan yang lainnya seperti ulat hongkong, ulat jerman atau makanan kering yang biasa dimakan hamster, anjing atau kucing.

4. Mainan

Persediaan terakhir yang harus kalian beli ialah aksesoris berupa mainan. Jangan biarkan kandang anda terlihat sepi dan kosong begitu saja, sebab landak mini juga membutuhkan mainan untuk olahraga seperti halnya hamster, jika tidak ada mainan maka akan terasa membosankan. Mainan yang wajib kalian beli adalah mainan roda berputar atau yang sering disebut dengan roda hamster. Jangan sampai anda memberikan mainan yang bisa melukai tubuhnya, seperti menjepit dan menusuk kaki atau tubuhnya.

B. Langkah-Langkah Perawatan Landak Mini


Cara Merawat Landak Mini untuk Pemula yang Baik dan Benar

Jika semua keperluan sudah dibeli, berikutnya teknik pemeliharaan landak mini:

1. Mencuci Kandang Landak mini

Dia adalah hewan pengerat yang menyukai kebersihan. Jadi sebaiknya anda harus rajin mencuci kandangnya untuk menghilangkan bau, air kencing, kotoran dan bekas makannya. Tapi sebelumnya keluarkan dulu semua aksesoris yang ada beserta serbuk kayunya, lalu cuci kandangnya dan keringkan sampai benar-benar kering, setelah itu masukan lagi serbuk kayu yang baru.

Pembersihan kandang minimal 1 kali dalam sepekan, jangan lupa juga untuk mencuci wadah-wadah dan aksesoris juga agar terhindar dari penyakit.

2. Penempatan Kandang yang Sesuai

Cara Merawat Landak Mini untuk Pemula yang Baik dan Benar

Meletakkan kandang juga ada aturannya, di alam liar landak mini membuat rumahnya di tempat-tempat yang sepi, maka sebaiknya kalian juga harus menempatkan kandangnya jauh dari keramaian dan suara bising yang dapat menjadikannya stres. Letakkanlah kandang landak mini di sudut-sudut kamar atau di atas meja, yang penting dia bisa bahagia dan kalian juga bisa dekat dengannya.

Selain itu juga jangan sampai kandang landak mini diletakkan tepat di bawah sinar matahari, sebab dia akan stres. Mengapa? karena landak mini adalah hewan nokturnal yang hidup di malam hari dan siangnya dipakai untuk istirahat.

3. Mengajak Main dan Berinteraksi

Landak mini juga bisa diajak main dan dijadikan sebagai teman hidup. So' sobat harus membiasakan bermain dan berintraksi dengannya. Dibelai, disayang, dipijat atau diurut pelan-pelan.

4. Memandikan Landak Mini

Sama seperti manusia dan hewan peliharaan lainnya. Landak mini juga butuh mandi, agar badannya bersih dan tidak bau. Nah, bagaimana cara memandikan landak mini? Memandikan landak mini tidaklah sulit, kalian cukup menyediakan air dalam baskom atau ember kecil, sabun atau shampo bayi dan sikat gigi.

Setelah itu, pertama yang harus dilakukan adalah masukkan landak mini ke dalam air, lalu  tuangkan sabun atau shampo pada tubuhnya, kemudian di sikat pelan pelan, terakhir bilas tubuh landak mini dengan bersih. Yang perlu dibersihkan adalah bagian perut, sela sela tubuhnya dan kaki. Setelah memandikan landak mini, lap tubuhnya dengan kain kering dan bersih.

Oh iya, saat dimandikan kalian tidak perlu takut ia akan tenggelam soalnya dia bisa berenang.

5. Jauhkan dari Benda Berbahaya, Bayi atau Binatang Predator

Tips terakhir dalam merawat landak mini yang benar adalah menjauhkannya dari jangkauan anak-anak usia 1-2 tahun, karena mereka belum terlalu berfikir dan bisa-bisa landak mini anda dibanting atau dipegang erat, jika ingin bermain bersama tidak masalah tapi harus dengan pengawasan. Selain itu juga, anda harus menjauhkan dari binatang pemangsa seperti musang, kucing atau yang lainnya.

Itulah panduan lengkap cara merawat landak mini yang baik dan benar bagi pemula, silahkan dipraktekan dan dicoba. Kurang dan lebihnya kami mohon maaf, semoga landak kalian cepat hamil dan melahirkan anak banyak. Terimakasih kepada para ahli, master dan pembudidaya landak mini yang sudah mau berbagi di grup-grup.

6 Komentar Cara Merawat Landak Mini Bagi Pemula yang Baik dan Benar

  1. Makasih banyak untuk informasi nya. jadi tau dari cara perawatan sampe harga nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama mas fikri, makasih sudah dibaca loh.

      Delete
  2. Artikel yang sangat bermanfaat. Terimakasih

    ReplyDelete
  3. sama sama mas Faishal, makasih juga loh udah dibaca :)

    ReplyDelete
  4. mas itu kl dimandiin pake sabun apa? terus airnya apa harus hangat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang buat bayi aja mas, biar ga pedih di mata. Usahakan malah jangan terlalu lubang yang sensitif kaya hidung mulut dan telinga.

      Delete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top