HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

4 Makanan Musang Pandan Agar Gemuk dan Tetap Sehat

Makanan Musang Pandan- Musang merupakan binatang mamalia yang sudah banyak dipelihara oleh kalangan penghobi maupun peternak luwak. Jenis musang peliharaan ada banyak sekali, mulai dari musang akar, bulan, belang, albino dan pandan.

Semua jenis di atas adalah termasuk keluarga karnivora (pemakan daging, menurut wiki) tapi bagi kami dia adalah omnivora (pemakan segalanya), sebab dia bukan hanya memakan daging-dagingan tapi bisa juga memakan buah-buahan dan biji-bijan. Sehingga terbentuklah kopi luwak.

Khusus musang pandan sendiri, sebenarnya dia bisa memakan apa saja asalkan dia doyan. Namun kita tahu tidak semua makanan memiliki kandungan serat, lemak, protein dan nutrisi yang sama. Maka untuk memilih makanan yang bisa membesarkan tubuh si musang, kalian perlu mencari jenis pakan yang sesuai dengan kebutuhannya.

Apa saja makanan yang cocok diberikan musang pandan agar cepat gemuk?

Musang yang Terlalu Gemuk atau Obes itu Sangat Bahaya, Tapi..


Musang lovers yang kami hormati, sebelum Anda mengetahui daftar makanan musang pandan yang bisa menjadikannya gendut, terlebih dahulu kalian harus tahu tentang risiko memiliki musang yang obes (kegemukan).

Obesitas pada musang akan mengakibatkan sudden death (mati secara tiba-tiba) hal itu disebabkan karena kegagalan fungsi jantung dan ketidak lancaran pada masalah pencernaan di bagian organ dalam tubuhnya seperti hati dan ginjal.

Tapi, meski demikian ternyata kalian bisa juga menjaga kesehatan si musang walau dia mengalami obesitas. Yaitu dengan tidak asal-asalan memberikan makanan. Yang pasti semua ada aturannya.

Lalu bagaimana cara menggemukkan musang pandan tapi dia tetap sehat?

Makanan Musang Pandan Agar Gemuk dan Sehat


Makanan Musang Pandan Agar Gemuk dan Tetap Sehat
Foto musang obes, by facebook Met Met Lemet

Ok hobinatang di sini akan berbagi tips terbaik cara menggemukkan badan musang tapi kondisinya tetap aman dan sehat. Teknik ini berdasarkan pengalaman penulis dan pakar musang di daerah Lampung. So, kalian tidak perlu ragu-ragu dengan keabsahannya.

Berkata para master musang, "Supaya tetap sehat, kalian harus memberikan asupan nutrisi seimbang antara lemak, protein, dan serat pada buah-buahan"

Ya, kalimat di atas sangat betul sekali. Sebab jika kebanyakan protein dan lemak tanpa didasari serat, akan mengakibatkan ketidak lancaran pada pencernaan di bagian organ dalam tubuhnya, sehingga lemak dan protein yang terlalu tinggi akan susah dicerna dan menggumpal di dalam hati, akibatnya musang pandan jadi lemas, susah berjalan dan akhirnya mati.

Baiklah, berikut daftar makanan musang pandan biar cepat gemuk dan supaya tetap sehat, pastikan setiap makanan di bawah ini selalu dikombinasikan agar tidak mengalami kematian pada diri si muspan:

1. Daging Ayam Cocok untuk Menggemukkan Tubuh Musang


Makanan Musang Pandan Agar Gemuk dan Tetap Sehat

Ketika si musang sudah menginjak umur 3, 4-5 bulan ke atas, kalian dapat memberi asupan makanan padanya berupa daging ayam seperti kepala ayam, ceker ayam dan lain-lain. Sebab menurut data USDA, daging ayam sangat bagus bagi pertumbuhannya, dengan kandungan protein yang tinggi hingga 18 g dan lemak 15 g, serta kalsium 11 mg mampu memberikan kestabilan pada tubuh musang pandan, mengontrol kadar kolesterol dan tekanan darah.

Disarankan agar direbus dahulu tanpa menggunakan bumbu apapun. Untuk yang masih bayi 0-2 jangan langsung dikasih daging ayam, tapi umumnya bisa diberikan bubur bayi dan susu non laktosa dulu, mungkin juga bisa ditambahi dengan suplemen kalsium tambahan atau scot emulsion yang bisa anda dapatkan di pet shop. Selengkapnya baca, makanan musang masih bayi sampai umur 2-3 bulan

2. Buah-Buahan seperti Pisang dan Pepaya


Makanan Musang Pandan Agar Gemuk dan Tetap Sehat
Gambar musang gemuk, by facebook Toeng Gatek

Jenis makanan musang pandan yang kedua ini berfungsi sebagai penyeimbang tubuhnya supaya tetap sehat meski si musang sendiri sedang mengalami obesitas. Buah yang tepat untuk dijadikan sebagai bahan tambahan makanannya adalah pisang dan pepaya.

Hal itu karena buah pisang mengandung 2% protein, 0,2% lemak dan vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata dan kulit, serta terdapat vitamin B6 dan vitamin E yang baik untuk kekebalan tubuh dan metabolisme dan kesehatan bulu musang pandan.

Selain itu, pisang juga terdapat zat besi dan kalsium yang bermanfaat untuk pembentukan tulang. Jadi sobat jangan ragu-ragu untuk memberi makanan musang pandan berupa pisang.

Adapun buah pepaya, memiliki 0,5% protein dan 0,2% lemak serta vitamin A, vitamin C dan vitamin E.

3. Susu dan Vitamin


Makanan Musang Pandan Agar Gemuk dan Tetap Sehat
Foto by facebook Bang Koffe

Susu Merupakan minuman yang baik untuk musang, susu bisa memenuhi kebutuhan gizinya dan kalsium. So, berikanlah minimal 2-3 kali dalam seminggu. Jika gizi telah tercukupi maka si musang akan lebih aktif dalam bergerak dan tidak lesu. Selain itu dengan tercukupinya kalsium bisa menghindari pincang pada kaki musang.

4. Nasi


Makanan Musang Pandan Agar Gemuk dan Tetap Sehat
Grup MLI (Musang Lovers Indonesia)

Sebenarnya untuk nasi hanya dijadikan sebagai menu selingan biar ada variasinya. Silahkan kalian dapat menambahkan kecap atau daging.

Tambahan: pada malam hari bisa diberikan scot emuision, karena bisa menambah barat badan sekaligus memperbaiki nafsu makannya.

Baca: Cara Merawat Musang Umur Bayi Merem sampai 2 Bulan

Itulah keempat makanan musang pandang agar cepat gemuk tapi sehat. Intinya yang terpenting ialah sering-sering diajak berinteraksi dan bermain, setidaknya 40-60 menit dalam sehari. Mengatur pola makan musang juga penting, kalau bisa dibikinin jadwal. Misalnya senin pagi makan buah, siang makan daging dan seterusnya. Ok, itu saja dari kami, ingat! Jaga musang anda, meskipun gendut dia harus tetap sehat. Salam wangi.

10 Komentar 4 Makanan Musang Pandan Agar Gemuk dan Tetap Sehat

  1. Anonymous03 December

    Kalo memberi susu setiap hari gimana ya?

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Kalau di beri susu SGM setiap hari sehat tidak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di kombinasikan aja mas, sama pisang. Tapi yang namanya kegemukan sebenarnya tetap tidak baik.

      Delete
  4. Kepala ayam sama ceker nya mentah apa digoreng?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya direbus. Agar sifat buasnya bisa diminimalisir. Namun sebagian orang berpendapat agar tidak direbus alias dimakan mentah-mentah supaya kandungan protein dan nutrisi di dalam daging tersebut tidak hilang. Yang penting jangan digoreng.

      Terserah anda pilih yang mana. Saya pribadi pilih direbus

      Delete
  5. Musang saya gak suka di kasi susu/sun, doyqnnya energen, apa ada saran lain?? Takutnya bisa pincang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak apa apa Om. Kalau tidak doyan jangan dipaksa. Kan masih banyak makanan lainnya. Coba sampean buat Sun dicampur irisan daging ayam. Airnya memakai kaldu ayam juga.


      Semoga habis itu mau makan.

      Delete
  6. berat badan yang ideal untuk musang pandan dewasa berapa ya bang ? agar tidak terlalu gemuk dan juga nggak terlalu kurus ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Musang apa dulu kak, setahu saya kalau musang bulan umur 8 bulan ideal nya 3-5 kg. Kalau musang pandan 1.5-2 kg. Kalau 2 tahun berat musang 4 kg juga ideal

      Delete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top