Makanan Musang Pandan- Musang merupakan binatang mamalia yang sudah banyak dipelihara oleh kalangan penghobi maupun peternak luwak. Jenis musang peliharaan ada banyak sekali, mulai dari musang akar, bulan, belang, albino dan pandan.

Semua jenis di atas adalah termasuk keluarga karnivora (pemakan daging, menurut wiki) tapi bagi kami dia adalah omnivora (pemakan segalanya), sebab dia bukan hanya memakan daging-dagingan tapi bisa juga memakan buah-buahan dan biji-bijan. Sehingga terbentuklah kopi luwak.

Khusus musang pandan sendiri, sebenarnya dia bisa memakan apa saja asalkan dia doyan. Namun kita tahu tidak semua makanan memiliki kandungan serat, lemak, protein dan nutrisi yang sama. Maka untuk memilih makanan yang bisa membesarkan tubuh si musang, kalian perlu mencari jenis pakan yang sesuai dengan kebutuhannya.

Apa saja makanan yang cocok diberikan musang pandan agar cepat gemuk?

Musang yang Terlalu Gemuk atau Obes itu Sangat Bahaya, Tapi..

Musang lovers yang kami hormati, sebelum Anda mengetahui daftar makanan musang pandan yang bisa menjadikannya gendut, terlebih dahulu kalian harus tahu tentang risiko memiliki musang yang obes (kegemukan).

Obesitas pada musang akan mengakibatkan sudden death (mati secara tiba-tiba) hal itu disebabkan karena kegagalan fungsi jantung dan ketidak lancaran pada masalah pencernaan di bagian organ dalam tubuhnya seperti hati dan ginjal.

Tapi, meski demikian ternyata kalian bisa juga menjaga kesehatan si musang walau dia mengalami obesitas. Yaitu dengan tidak asal-asalan memberikan makanan. Yang pasti semua ada aturannya.

Lalu bagaimana cara menggemukkan musang pandan tapi dia tetap sehat?

Makanan Musang Pandan Agar Gemuk dan Sehat

Makanan Musang Pandan Agar Gemuk dan Tetap Sehat
Foto musang obes, by facebook Met Met Lemet

Ok hobinatang di sini akan berbagi tips terbaik cara menggemukkan badan musang tapi kondisinya tetap aman dan sehat. Teknik ini berdasarkan pengalaman penulis dan pakar musang di daerah Lampung. So, kalian tidak perlu ragu-ragu dengan keabsahannya.

Berkata para master musang, “Supaya tetap sehat, kalian harus memberikan asupan nutrisi seimbang antara lemak, protein, dan serat pada buah-buahan”

Ya, kalimat di atas sangat betul sekali. Sebab jika kebanyakan protein dan lemak tanpa didasari serat, akan mengakibatkan ketidak lancaran pada pencernaan di bagian organ dalam tubuhnya, sehingga lemak dan protein yang terlalu tinggi akan susah dicerna dan menggumpal di dalam hati, akibatnya musang pandan jadi lemas, susah berjalan dan akhirnya mati.

Baiklah, berikut daftar makanan musang pandan biar cepat gemuk dan supaya tetap sehat, pastikan setiap makanan di bawah ini selalu dikombinasikan agar tidak mengalami kematian pada diri si muspan:

1. Daging Ayam Cocok untuk Menggemukkan Tubuh Musang

Makanan Musang Pandan Agar Gemuk dan Tetap Sehat

Ketika si musang sudah menginjak umur 3, 4-5 bulan ke atas, kalian dapat memberi asupan makanan padanya berupa daging ayam seperti kepala ayam, ceker ayam dan lain-lain. Sebab menurut data USDA, daging ayam sangat bagus bagi pertumbuhannya, dengan kandungan protein yang tinggi hingga 18 g dan lemak 15 g, serta kalsium 11 mg mampu memberikan kestabilan pada tubuh musang pandan, mengontrol kadar kolesterol dan tekanan darah.

Disarankan agar direbus dahulu tanpa menggunakan bumbu apapun. Untuk yang masih bayi 0-2 jangan langsung dikasih daging ayam, tapi umumnya bisa diberikan bubur bayi dan susu non laktosa dulu, mungkin juga bisa ditambahi dengan suplemen kalsium tambahan atau scot emulsion yang bisa anda dapatkan di pet shop. Selengkapnya baca, makanan musang masih bayi sampai umur 2-3 bulan

2. Buah-Buahan seperti Pisang dan Pepaya

Makanan Musang Pandan Agar Gemuk dan Tetap Sehat
Gambar musang gemuk, by facebook Toeng Gatek

Jenis makanan musang pandan yang kedua ini berfungsi sebagai penyeimbang tubuhnya supaya tetap sehat meski si musang sendiri sedang mengalami obesitas. Buah yang tepat untuk dijadikan sebagai bahan tambahan makanannya adalah pisang dan pepaya.

Hal itu karena buah pisang mengandung 2% protein, 0,2% lemak dan vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata dan kulit, serta terdapat vitamin B6 dan vitamin E yang baik untuk kekebalan tubuh dan metabolisme dan kesehatan bulu musang pandan.

Selain itu, pisang juga terdapat zat besi dan kalsium yang bermanfaat untuk pembentukan tulang. Jadi sobat jangan ragu-ragu untuk memberi makanan musang pandan berupa pisang.

Adapun buah pepaya, memiliki 0,5% protein dan 0,2% lemak serta vitamin A, vitamin C dan vitamin E.

3. Susu dan Vitamin

Makanan Musang Pandan Agar Gemuk dan Tetap Sehat
Foto by facebook Bang Koffe

Susu Merupakan minuman yang baik untuk musang, susu bisa memenuhi kebutuhan gizinya dan kalsium. So, berikanlah minimal 2-3 kali dalam seminggu. Jika gizi telah tercukupi maka si musang akan lebih aktif dalam bergerak dan tidak lesu. Selain itu dengan tercukupinya kalsium bisa menghindari pincang pada kaki musang.

4. Nasi

Makanan Musang Pandan Agar Gemuk dan Tetap Sehat
Grup MLI (Musang Lovers Indonesia)

Sebenarnya untuk nasi hanya dijadikan sebagai menu selingan biar ada variasinya. Silahkan kalian dapat menambahkan kecap atau daging.

Tambahan: pada malam hari bisa diberikan scot emuision, karena bisa menambah barat badan sekaligus memperbaiki nafsu makannya.

Baca: Cara Merawat Musang Umur Bayi Merem sampai 2 Bulan

Itulah keempat makanan musang pandang agar cepat gemuk tapi sehat. Intinya yang terpenting ialah sering-sering diajak berinteraksi dan bermain, setidaknya 40-60 menit dalam sehari. Mengatur pola makan musang juga penting, kalau bisa dibikinin jadwal. Misalnya senin pagi makan buah, siang makan daging dan seterusnya. Ok, itu saja dari kami, ingat! Jaga musang anda, meskipun gendut dia harus tetap sehat. Salam wangi.

19 responses to “4 Makanan Musang Pandan Agar Gemuk dan Tetap Sehat”

  1. Anonim Avatar
    Anonim

    Kalo memberi susu setiap hari gimana ya?

  2. Doni Avatar
    Doni

    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

  3. Doni Avatar
    Doni

    Kalau di beri susu SGM setiap hari sehat tidak ya?

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Di kombinasikan aja mas, sama pisang. Tapi yang namanya kegemukan sebenarnya tetap tidak baik.

  4. Unknown Avatar
    Unknown

    Kepala ayam sama ceker nya mentah apa digoreng?

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Sebaiknya direbus. Agar sifat buasnya bisa diminimalisir. Namun sebagian orang berpendapat agar tidak direbus alias dimakan mentah-mentah supaya kandungan protein dan nutrisi di dalam daging tersebut tidak hilang. Yang penting jangan digoreng.

      Terserah anda pilih yang mana. Saya pribadi pilih direbus

  5. Unknown Avatar
    Unknown

    Musang saya gak suka di kasi susu/sun, doyqnnya energen, apa ada saran lain?? Takutnya bisa pincang

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Tidak apa apa Om. Kalau tidak doyan jangan dipaksa. Kan masih banyak makanan lainnya. Coba sampean buat Sun dicampur irisan daging ayam. Airnya memakai kaldu ayam juga.

      Semoga habis itu mau makan.

  6. Weikath Linchsteiner Avatar
    Weikath Linchsteiner

    berat badan yang ideal untuk musang pandan dewasa berapa ya bang ? agar tidak terlalu gemuk dan juga nggak terlalu kurus ?

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Musang apa dulu kak, setahu saya kalau musang bulan umur 8 bulan ideal nya 3-5 kg. Kalau musang pandan 1.5-2 kg. Kalau 2 tahun berat musang 4 kg juga ideal

  7. Unknown Avatar
    Unknown

    Klau d kadi ceker atau yg berbau daging ayam.. saya dnger bs menimbulkn sifat liarnya ..ap bner

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Tergantung bagaimana kita merawat, jangan malas menghandle tiap hari dan tidak melulu dikasih daging. Kadang telur, buah..

  8. Unknown Avatar
    Unknown

    Klo pisang ijo bagus nggk ya buat pertumbuhan musang

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Pisanh ijo mentah atau mateng, selama mateng dan dia doyan bagus Om. Pisang jenis apapun

  9. Unknown Avatar
    Unknown

    Cara agar musang obesitas dan sehat gimana ya bang?

  10. Riyan Avatar
    Riyan

    Kk untuk muspan umur 2 bulan baiknya di kasih minum apa yah? Kalo makanan saya kasih pisang setiap hari

  11. Riyan Avatar
    Riyan

    Kk untuk muspan umur 2 bulan baiknya di kasih minum apa yah? Kalo makanan saya kasih pisang setiap hari

  12. Alan Avatar
    Alan

    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

  13. Alan Avatar
    Alan

    Vitamin yg cocok buat musang apa kak ?

Leave a Comment