HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Standar dan Ciri Ciri Ikan Cupang Aduan yang Bagus

Ciri Cupang Aduan yang Bagus- Sebelumnya hobinatang.com sudah pernah membahas jenis ikan cupang di Indonesia, dan di sana sudah dijelaskan pembagian-pembagiannya, yaitu ada ikan cupang hias, cupang aduan dan cupang alam. Sehingga setiap orang berbeda-beda, ada yang fanatik terhadap ikan cupang hias, dan ada pula yang lebih senang memelihara cupang aduan.

Tentu saja mereka mempunyai alasan masing-masing, tetapi yang jelas pemelihara ikan cupang aduan itu lebih sering mengadakan kontes (perlombaan) dibandingkan pemelihara cupang hias, bahkan anak SD pun bisa menggelar kontes secara kecil-kecilan. Semakin sering memenangkan lomba maka harganya juga akan semakin mahal. Oleh sebab itu, memiliki ikan cupang aduan yang bagus tentunya menjadi dambaan semua orang. [pringatan: mengadu cupang adalah perbuatan ilegal dan dilarang oleh agama]

Standar Ikan Cupang Aduan yang Bagus

Jadi bagi kalian para pemula yang ingin membeli atau mencari ikan cupang aduan yang berkualitas sehingga bisa memenangkan perlombaan, sebaiknya kenali cara memilih cupang aduan yang bagus di bawah ini:

Ciri Ciri Cupang Aduan yang Bagus


Menurut para master, ikan cupang adu yang bagus itu harus memiliki ciri ciri berikut ini:

1. Agresif dan Memiliki Mental Juara


Ciri ciri pertama tentu dia harus agresif, jika tidak maka disebut ikan hias. Mental petarung juga perlu diperhatikan sob, caranya anda cukup memperhatikan si cupang ketika ia melihat musuh, apakah dia akan mengembangkan siripnya secara penuh atau tidak. Kalau tidak itu tandanya kurang gagah.

2. Badan Ikan Harus Gotot


ciri ciri Ikan Cupang Aduan yang Bagus

Maksud badan ikan cupang yang gotot di sini bukanlah berbadan gemuk, tapi justru malah sebaliknya. Yaitu harus full pressed body alias tubuhnya ramping. Mengapa? karena yang ramping biasanya lebih gesit, dan agresif.

Selain ramping, tubuhnya juga harus memiliki cekungan halus mulai dari ujung badan sampai samping perut. Kalau 2 syarat itu ada di tubuh ikan anda berarti dia jenis ikan cupang aduan yang bagus.

3. Gigi Cupang Aduan Tajam Bagaikan Pedang


Gigi yang tajam adalah senjata mematikan utama dalam peperangan antar ikan cupang, sebab jika giginya tajam, ia akan merobek-robek sisik lawannya.

Untuk mengetahui apakah giginya tajam atau tidak, perhatikanlah ring bibir dari atas toples. Jika di bagian bibir bawah terdapat bintik-bintik kecil berwarna hitam, berarti giginya tajam, atau bisa dilihat rapat tidaknya bibir tersebut.

gigi tajam Ikan Cupang Aduan yang Bagus

Andai kalian kurang yakin, silahkan masukkan cupang aduan kalian ke dalam plastik berisi air, kemudian diikat dan dipancing amarahnya, ketika dia marah dengan menabrakkan plastiknya, lihatlah apakah tabrakannya kuat atau tidak, apakah plastiknya bocor atau tidak. Bila pukulannya lemah tapi plastiknya jebol maka dipastikan cupang tersebut memiliki gigi yang sangat panjang, berdiameter besar dan sangat tajam.

4. Sisik Ikan Cupang Aduan Tebal dan Rapih


ciri ciri Ikan Cupang Aduan yang Bagus
Gambar by facebook Umar Maulana

Seorang petinju itu harus memiliki kulit yang keras, kekar dan berotot. Begitu juga dengan ikan, selain memiliki gigi yang tajam dia juga harus mempunyai pertahanan yang kuat berupa sisiknya yang keras. Itulah cupang yang bagus.

Sisik yang kuat dan tebal ditandai dengan meratanya sisik di seluruh bagian tubuh dan rapatnya jarak antar sisik satu dengan yang lain, serta ukurannya tidak terlalu besar alias kecil tapi rapih.

5. Sirip Ekor Ikan Cupang Aduan Harus Rapat


Ciri ciri ikan cupang aduan yang bagus berikutnya ialah dari sisi siripnya. Jika siripnya rapat dan halus berarti dia aman, sebab jika renggang dan besar akan rawan terkena penyakit jamur.

Baca: Jenis Penyakit Ikan Cupang

6. Bentuk Dahi Mirip Ikan Arwana dan Ring Bibir Tebal 


ciri ciri Ikan Cupang Aduan yang Bagus

Yang kelima ini juga tidak kalah penting, usahakan dahinya mirip ikan arwana. Karena jika dicermati pemenang-pemenang kontes cupang aduan memiliki ciri ciri ini.

Nah, itulah ke lima ciri ciri ikan aduan yang bagus dan bermental juara. Jika kalian sudah mendapatkan ikan dengan tanda-tanda di atas, sisanya serahkan kepada tuhan, sebab takdir ada di tanganNya. Jangan lupa untuk merawatnya dengan baik.

Baca juga: cara membeli ikan cupang aduan yang berkualitas

Ok, saya akhiri pembahasan ciri-ciri ikan cupang aduan yang bagus, semoga tips di ats bisa bermanfaat Amiin. Selamat mencoba. Salam sukses!! Terimakasih

0 Komentar Standar dan Ciri Ciri Ikan Cupang Aduan yang Bagus

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top