Cara Memilih Ikan Cupang Aduan yang Bagus dan Berkualitas

Panduan memilih ikan cupang aduan yang bagus sebenarnya sudah pernah disinggung pada artikel, standar cupang aduan yang berkualitas. Namun karena masih banyak yang bertanya, Bagaimana min caranya membeli cupang aduan yang bagus? Jadi akan kami ulas kembali supaya teman-teman hobinatang.com tidak kebingungan dan bertanya-tanya lagi.

Cara Memilih Ikan Cupang Aduan yang Bagus dan Berkualitas

Cupang merupakan ikan hias air tawar yang sangat populer dan fenomenal. Karena selain dijadikan hiasan di rumah dia juga bisa dijadikan sebagai gladiator petarung di sebuah kontes. Maka tak heran jika hari ini penghobi cupang terbagi menjadi dua aliran. Aliran pencinta cupang hias dan cupang adu.

Kalau admin, netral aja lah hehe. Tapi yang jelas bagi kalian (para pemula) yang ingin membeli ikan cupang, entah itu hias atau aduan, hendaknya memilih ikan yang bagus dan memiliki mental juara.

Seperti apa ciri-ciri ikan cupang aduan yang bagus?

Menurut para master jika ingin membeli ikan cupang adu yang bagus itu harus memiliki karakter dan ciri-ciri fisik berikut ini:

1. Ikan Cupang Aduan Memiliki Gigi Tajam Bagaikan Pedang


Bekal utama sebelum berperan adalah senjata. Jika senjatanya baik maka hasilnya akan maksimal, begitu juga dengan dunia percupangan. Gigi merupakan senjata utama dalam peperangan antar ikan cupang, apabila giginya tajam, maka ia bisa merobek-robek lawannya hingga KO.

Trik mengetahui apakah giginya tajam atau tidak sangatlah mudah. Anda hanya perlu memasukkan cupang aduan ke dalam plastik putih (plastik gula) yang berisi air, lalu pancing cupang aduan tersebut dengan mendekatkan plastiknya ke cupang lainnya. Sehingga nanti dia akan menabrak plastiknya. Coba perhatikan gambar cupang di bawah ini:

Cara Memilih Ikan Cupang Aduan yang Bagus dan Berkualitas

Nah, jika dilihat tabrakannya pelan atau tidak keras namun sudah membuat plastik tersebut bocor, berarti giginya bagus dan tajam. Dan sebaliknya, jika tabrakannya dirasa sudah kuat tapi malah belum bocor juga, berarti giginya kurang tajam. Simpel kan??

2. Tubuh si Ikan Cupang Harus Kuat


Cara memilih cupang aduan yang bagus berikutnya ialah dengan melihat badannya. Apakah dia kekar atau kegemukan?

Badan ikan yang bagus itu memiliki bentuk full pressed body, alias ramping dan di ujung ekornya biasanya ada cekungan halus dari mulai ujung badan sampai samping perut. Kalau kedua tanda di atas ada di tubuh cupang yang hendak anda beli, berarti dia jenis cupang aduan yang bagus.

Karena tubuh seperti itu biasanya lebih agresif, jago, super, mantap dan warbiasyah pokoknya.

3. Memiliki Mental Juara


Siapa saja yang mengikuti perlombaan, pasti dia harus mempunyai mental pemenang alias juara. Jadi pilihlah ikan cupang yang bermental juara, jika tidak maka dia bukan cupang adu tapi cupang hias.

Cupang yang bermental petarung biasanya ketika melihat musuh, dia langsung mengembangkan siripnya secara penuh sambil menunjukkan kejantanannya.

4. Memilih Cupang Aduan yang Bersisik Tebal


Cara Memilih Ikan Cupang Aduan yang Bagus dan Berkualitas

Gigi tajam, agresif dan bentuk tubuh bagus tapi dia tidak memiliki sisik yang tebal, maka saya katakan itu akan sia-sia. Loh mengapa?

Karena sisik berfungsi sebagai perisai untuk melindungi diri dari gigitan musuh. Sehingga cupang yang bergigi tajam dan bersisik tebal bagaikan tentara bersenjata lengkap yang berada di balik benteng yang kuat. Nah, pasti akan sulit dikalahkan.

Sisik yang kuat dan tebal ditandai dengan meratanya sisik di seluruh bagian tubuh dan rapatnya jarak antar sisik satu dengan yang lain, serta ukurannya tidak terlalu besar alias kecil tapi rapih.

5. Sirip Cupang Harus Rapat


Tips membeli ikan cupang aduan berkualitas yang terakhir yaitu siripnya harus rapat. Jika siripnya rapat dan halus berarti dia sehat, sebab jika renggang dan besar akan rawan terkena penyakit jamur.

Baiklah itu saja, pembahasan singkatan mengenai cara memilih ikan cupang jenis aduan yang bagus dan berkualitas. Jangan lupa untuk diamalkan semoga bisa mendapatkan yang terbaik.

0 Komentar Cara Memilih Ikan Cupang Aduan yang Bagus dan Berkualitas

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top