Cara Agar Musang Anteng Saat Digendong di Pundak

Agar musang anteng di Pundak- Dalam memelihara musang, setiap orang memiliki tujuan yang berbeda-beda. Ada yang bertujuan untuk bisnis dan ada pula yang memelihara musang hanya untuk senang-senang (hobi). Bagi para petani mungkin musang adalah binatang pembawa berkah, sebab dia dijadikan sebagai lahan usaha atau bisnis di rumah dan dapat menghasilkan pundi-pundi uang. Namun berbeda bagi pencinta hewan peliharaan.

Kebanyakan mereka merawat musang bukan karena uang, tapi supaya dia bisa diajak bermain, supaya dia bisa tenang atau anteng saat digendong di atas pundak dan masih banyak lagi tujuan lainnya. Tapi kenyataannya kadang tujuan tersebut tidak sesuai yang diinginkan. Yang terjadi malah si musang galak, tidak bisa diajak main dan masih banyak lagi. Nah hal itu kadang membuat para pemula kebingungan dan berfikir, bagaimana caranya supaya musang jinak dan bisa anteng di atas pundak ketika digendong.

Untuk menjinakkan musang sendiri sebenarnya sudah pernah dibahas pada artikel, cara menjinakkan musang liar agar bisa bonding. Silahkan dibaca dan dipelajari. Baiklah langsung saja berikut cara mudah agar musang bisa tenang tidak menggigit saat digendong:

Cara Agar Musang Anteng di Luar Kandang


Sebenarnya cara menenangkan musang saat digendong di pundak atau di luar kandang semua kembali pada musang Anda sendiri. Sebab setiap musang dari seluruh jenis memiliki karakter yang berbeda. Ada yang liar, ada juga yang gampang dilatih dan lain sebagainya. So pastikan kalian kenali dulu sifat-sifatnya, syukur-syukur dapat yang mudah dilatih. Untuk musang yang masih bayi (2-3 bulan), insyaallah semuanya mudah dilatih.

1. Sabar


Cara Agar Musang Anteng Digendong di Pundak
Gambar dari grup facebook

Yups cara pertama supaya musang bisa tenang di pundak adalah sabar. Kesabaran adalah modal utama dalam segala hal, jadi jangan terlalu kaget dan putus asa saat kalian gagal. Misalnya digigit atau yang lainnya. Anggaplah semua itu sebagai risiko dari memelihara musang. Apabila Anda siap memelihara musang berarti Anda juga harus siapa menerima risikonya. So disarankan bagi pemula agar membeli yang masih anakan (baby) karena lebih kecil risikonya, walau digigit tidak terlalu sakit.

2. Musang Sering Diajak Main dan Interaksi


Cara Agar Musang Anteng Digendong di Pundak

Cara yang kedua yaitu sering-sering mengajak si musang berinteraksi. Mengapa? Sebab semakin anda sering bermain dan berintraksi dengan hewan Anda, maka dia akan semakin mengenal Anda. So keluarkan dia dari kandangnya jika kalian tidak sibuk. Biarkan dia jalan-jalan di atas pundak kalian dan mengenal bau badan kalian. Jika cara seperti itu rutin dilakukan, bukan tidak mungkin dia bisa bonding pada Anda.

3. Musang Sering Dielus Bulunya


Cara Agar Musang Anteng Digendong di Pundak

Kalian harus yakin bahwa musang dapat membaca pikiran Anda. Semakin kalian dekat dan memberikan kasih sayang maka dia akan semakin paham kalau sobat bukanlah musuh. Namun sebaliknya jika sobat mau megang saja takut, maka dia akan terus menganggap diri sobat adalah musuh yang nyata. hihi

Cobalah memberanikan diri untuk dikasih makan dengan tangan kita (handsfeed) sambil dielus-elus penuh kasih sayang dan perhatian. Insyaallah tidak lama lagi musang Anda akan jinak dan anteng di atas pundak. Waw ini pengalaman pribadi loh, jangan disepelekan.

4. Free Room


Cara Agar Musang Anteng Digendong di Pundak

Apa itu free room? Free rom adalah membiarkan musang berkeliaran bebas di kamar Anda. Dan perlu diingat khususnya buat para pemula, jangan melepaskan musang di ruangan yang besar seperti halaman, ruang tamu dan lain sebagainya jika si musang belum jinak atau masih liar. Sebab biasanya malah kabur dan hilang. So carikan kamar atau ruangan yang kecil saja.

Free room ini sangat bermanfaat sekali. Soalnya dia jadi bisa mengenal kondisi sekitar. Dia pun akan mengetahui bahwa tempat tinggal Anda bukanlah sarang musuh.

5. Jangan Takut Digigit


Nah cara yang terakhir bagaimana agar musang anteng di pundak adalah keberanian. Hari ini banyak pemelihara musang yang lebay, baru sedikit digigit saja langsung diposting di facebook. Wah padahal cukup diberi air mineral 70% yang dicampur antiseptik 30% bisa langsung sembuh dan kering. Tenang gan, musang bukan binatang reptil kobra yang mempunyai bisa mematikan, so jangan takut digigit ya. :)

Baca juga: cara ternak musang luwak atau musang peliharaan

Baiklah sekian saja dari kami tentang cara agar musang anteng dan tenang saat digendong atau diajak main di atas pundak. Intinya sering dilatih dan dilatih, supaya terbiasa. Maaf kalau ada kata-kata yang menyinggung teman-teman sekalian. Thanks You, silahkan dibagikan jika bermanfaat.

0 Komentar Cara Agar Musang Anteng Saat Digendong di Pundak

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top