Cara Membedakan Jenis Kelamin Iguana Jantan dan Betina

Bagaimana cara membedakan kelamin iguana jantan dan betina? Ini adalah pertanyaan yang sering dilontarkan oleh keepers iguana terutama yang masih pemula. Karena untuk mengetahui perbedaan iguana jantan dengan betina bagi mereka sangatlah susah, tidak semudah membedakan kambing jantan dan betina. hihi

Maka dari itu hobinatang.com di sini ingin mencoba menjawab pertanyaan di atas dengan mengenalkan ciri-ciri fisik iguana jantan dan ciri-ciri fisik iguana betina. Supaya kalian yang ingin mengawinkan iguana dapat memilihkan pasangan yang tepat. Bukan malah laki-laki dikawinkan dengan laki-laki pula.

Perbedaan Iguana Jantan dan Betina


Sebenarnya untuk mengetahui perbedaan jenis kelamin iguana betina maupun jantan sangat mudah karena tidak perlu melihat kelaminnya, dengan catatan kalian mau melihatnya secara teliti dan detail. Tapi perlu diingat bahwa jenis kelamin keduanya (jantan dan betina) tidak bisa diketahui sampai mereka memasuki usia kematangan seksual. Dan kematangan seksual pun tidak diukur dari segi usia namun dari segi ukuran tubuh.

Biasanya untuk iguana jantan harus menunggu 15 cm dari besar tubuhnya. Sedangkan untuk betina, harus sudah berukuran 25 cm baru bisa dikatakan usia dewasa secara kematangan seksual. Sampai berapa lama iguana saya bisa sebesar itu? Kalau kalian merawatnya dengan baik, mungkin ukuran tersebut bisa dicapai selama 2 tahun.

Baca: cara merawat iguana agar cepat besar

Baiklah langsung saja, berikut beberapa perbedaan kelamin antara iguana dan betina berdasarkan karakter fisik masing-masing:

Ciri-Ciri Fisik Iguana Jantan vs Betina


Cara Membedakan Jenis Kelamin Iguana Jantan dan Betina

Cara Membedakan Jenis Kelamin Iguana Jantan dan Betina

Kalau dilihat dari gambar di atas, maka bisa kita simpulkan sebagai berikut:

  • Yang jelas tubuh jantan lebih besar dan berat dibandingkan betina yang ramping serta memanjang.
  • Apabila masih belum bisa membedakan maka lihatlah kepalanya. Kepala iguana jantan lebih besar dibandingkan kepala betina.
  • Kemudian rahang jantan lebih besar daripada punya betina.

Cara Membedakan Jenis Kelamin Iguana Jantan dan Betina

  • Di belakang kepala si jantan terdapat benjolan lemak. Sedangkan pada kelamin betina tidak ada dan terlihat lebih ramping.
  • Spike (duri di punggung) milik jantan cenderung lebih panjang terutama di atas lehernya. Dan pada musim kawin biasanya akan berdiri tegak, demi menunjukan kejantanannya pada si betina.

Cara Membedakan Jenis Kelamin Iguana Jantan dan Betina

  • Perbedaan berikutnya terletak pada femoralis kedua jenis kelamin iguana yang terletak di bawah pahanya. Femoral jantan lebih menonjol daripada yang betina, sebagaimana yang bisa kalian lihat pada gambar di bawah ini:

Cara Membedakan Jenis Kelamin Iguana Jantan dan Betina

  • Dan yang terakhir adalah dengan melihat benjolan hemipenes di pangkal ekor atau kloakanya. Jika iguana betina tidak ada benjolannya sedangkan jantan ada.

Itulah ciri-ciri dan perbedaan antara iguana jantan sama betina. bagaimana sob, mudah kan cara membedakannya? Kalau masih belum paham bisa ditanyakan di kolom komentar ya guys. Thanks dan Share!

2 Komentar Cara Membedakan Jenis Kelamin Iguana Jantan dan Betina

  1. saya baru beli iguana baby gimana caranya membedakannya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susah mas kalau masih baby, apalagi buat pemula. Sebaiknya tanya langsung sama penjualnya.

      Delete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top