Cara Memotong Kuku Iguana yang Baik dan Benar

Memotong kuku iguana-  Hi reptil lovers, apakah kalian pernah dicakar oleh binatang peliharaan Anda, khususnya iguana? Siapa saja yang memelihara hewan peliharaan pasti ada resikonya sob. Entah itu digigit, dicakar atau dikencingi.

Tapi sobat perlu tahu bahwa di habitat aslinya, iguana adalah binatang liar yang hidup di atas pohon beriklim tropis. Dengan kukunya yang tajam dan panjang dia dapat memanjat pohon dan melindungi diri dari musuh. Maka sudah sewajarnya jika hewan eksotis satu ini bisa memiliki kuku yang tajam.

Lalu, Apakah kuku iguana boleh dipotong??

Cara Memotong Kuku Iguana yang Baik dan Benar
Foto memotong kuku by facebook Syaiful Cmn Solo

Jawab: Iya, kuku iguana boleh dipotong. Sebab ketika dia dipelihara, dia bukan lagi binatang liar, melainkan hewan peliharaan. Sehingga dia tidak perlu lagi menaiki pohon untuk mencari makanan dan melindungi dirinya dari musuh. Semua perawatan dan pemberian pakan sudah ditanggung oleh pemiliknya.

Selain itu, dengan memotong kuku iguana juga akan mengurangi resiko infeksi akibat cakaran kukunya. Karena bisa jadi di ujung kukunya terdapat kotoran yang mengandung bakteri berbahaya.

Tapi sobat tidak perlu khawatir, soalnya hobinatang.com di sini akan memandu kalian khususnya para pemula tentang bagaimana cara memotong kuku iguana yang baik dan benar. Tips ini aman diterapkan dan tidak menyakiti atau membahayakan si iguana. Bagaimana caranya?

Cara Memotong Kuku Iguana dengan Benar


Cara Memotong Kuku Iguana yang Baik dan Benar

Dalam memotong kuku iguana sobat tidak boleh sembarangan, soalnya di setiap kukunya terdapat jaringan lunak berupa syaraf-syaraf berbahaya. Jika terpotong bisa berdarah atau malah bisa infeksi dan mari. So, ikuti saja langkah-langkah di bawah ini supaya aman:

1. Sediakanlah Alat Pemotong Kuku Iguana


Sebelum memulai semuanya, Anda harus menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk memotong kuku iguana. Bisa gunting khusus hewan, alat pemotong kuku manusia, atau yang lainnya asalkan tidak terlalu besar dan tumpul.

2. Memotong Kuku dengan Hati-hati


Cara Memotong Kuku Iguana yang Baik dan Benar
Foto by Andy Ajja di grup pencinta iguana

Cara motong kuku iguana yang kedua adalah dengan hati-hati. Karena pada kukunya terdapat jaringan keras dan lunak. Kita hanya diperbolehkan memotong di bagian jaringan yang keras. Sedangkan jaringan lunak jangan sampai dipotong. Apabila tidak berhati-hati malah akan melukainya.

Coba perhatikan gambar atau foto di bawah ini:

Cara Memotong Kuku Iguana yang Baik dan Benar

Di sana jelas tergambar bagian mana saja yang boleh dan tidak boleh dipotong. Agar lebih jelas, coba kalian pegang kuku iguana lalu di arahkan ke atas di bawah sinar matahari. Nanti akan nampak sekali perbedaan dari jaringan keras dan jaringan lunak pada kuku iguana. Jaringan lunak biasanya terlihat transparan.

Kapan waktu yang tepat memotong kuku iguana?

Kapan saja, jika dirasa sudah mulai panjang, misalnya sakit ketika mencakar atau yang lainnya. Di saat itu kalian bisa memotongnya. Saya sendiri pernah 2 tahun sekali. Waw hihi

Baiklah itu saja tutorial dari kami mengenai cara memotong kuku iguana bagi pemula yang baik dan benar. Silakan dipraktekan secara pelan-pelan dan hati-hati. Ingat, jangan ceroboh. Baca juga: cara merawat iguana agar cepat besar

0 Komentar Cara Memotong Kuku Iguana yang Baik dan Benar

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top