Ciri-ciri sugar glider hamil sebenarnya sudah pernah disinggung pada artikel, cara beternak sugar glider. Namun sayangnya di sana kurang detail dan lengkap, sehingga hobinatang.com pun berniat untuk membahasnya lagi di bab tersendiri.

Dalam proses breeding (beternak) ada yang namanya perkawinan antara sugar glider jantan dan betina. Dan di saat-saat tersebut biasanya para penghobi akan harap-harap cemas terhadap kondisi si betina, “Wah sugar glider saya udah hamil belum ya?!”. Sampai-sampai perasaan tersebut ditanyakan di grup-grup komunitas, “Gan/sist, cara mengetahui sugar glider hamil atau tidak gimana ya?

Bagi kami hal ini sangatlah wajar, soalnya mereka mungkin sudah tidak sabar menunggu si buah hati SG yang mungil dan imut. hihi. Tapi tenang sob, Insyaallah pertanyaan di atas akan admin jawab. Karena kebetulan hari ini admin lagi semangat (Yee). Ya, itung-itung berbagi pengalaman kepada pembaca setia hobinatang. he he Baiklah berikut tanda-tanda sugar glider hamil:

Ciri Ciri Sugar Glider Hamil

Sebenarnya ciri-ciri kehamilan sugar glider tidak bisa diketahui. Hal itu disebabkan karena bayi yang ada di dalam perut si betina sangatlah kecil, sehingga nyaris mustahil untuk dilihat. Namun kalau untuk mengetahui apakah si anakan sudah di dalam kantung (In Pouch) atau belum, itu baru bisa dan tidak sulit.

Umumnya setelah sepasang sugar glider melakukan perkawinan, selang satu pekan (minggu) atau dua pekan berikutnya bayi akan lahir dan dimasukkan ke dalam kantungnya (IP). Dengan syarat/catatan perkawinannya berhasil, kalau tidak berhasil ya tidak ada apa-apanya di dalam kantong. Nah oleh sebab itu supaya kita tahu apakah proses breedingnya berhasil atau tidak, kita perlu mengetahui ciri-ciri sugar glider yang In Pouch (yang menyimpan bayinya di kantung). Adapun ciri-ciri sugar glider IP sebagai berikut:

Simak juga: Cara Merawat Sugar Glider Hamil Sedang In Pouch

1. Dengan Melihat Kantungnya (Pouchnya)

Ciri Ciri Sugar Glider Hamil dan IP In Pouch

Cara pertama yaitu melihat kantungnya, apakah ada beby sugar glider atau tidak. Saat pertama kali lahir ukuran sugar glider hanya sebesar biji jagung, jadi kalian lihat saja pada kantungnya. Jika ada benjolan berarti proses perkawinannya berhasil namun sebaliknya jika rata tanpa benjolan berarti kalian harus bersabar dan mencoba lagi.

Ingat kalian tidak perlu merabanya, karena biasanya si betina masih sensitif. Asal kalian tahu, proses anak di dalam kantung ini membutuhkan waktu 2 bulan, dan selama 2 bulan tersebut si anak sudah dikasih susu dan nutrisi oleh induknya. Jadi sobat tidak perlu memberi makan anaknya selama 2 bulan di dalam pouch. Lalu apa yang terjadi berikutnya?

Apabila masa IP nya selesai (2 bulan) maka yang terjadi setelahnya ialah OOP (out off puch) alias keluar dari kantong. Di saat ini besarnya baru seukuran jari jempol kita. Jadi sobat juga harus memisahkannya supaya tidak terinjak atau malah dimakan orangtuanya. hi hi

2. Sugar Glider Betina Menjilati Kantungnya

Ciri Ciri Sugar Glider Hamil dan IP In Pouch
Gambar sugar glider joey by facebook

Tanda-tanda sugar glider hamil yang kedua ialah dengan mengamati karakter ibunya. Apakah dia menjilati kantungnya atau tidak. Jika iya berarti selamat! Anda akan memiliki sugar glider baru. Oh iya, tujuan si induk menjilati kantungnya adalah untuk memastikan apakah posisinya sudah baik dan benar atau belum.

Gimana, untuk mengetahui ciri-ciri sugar glider hamil mudah kan? Silahkan dishare ke sesama penghobi supaya mereka juga tahu, khususnya yang masih pemula dalam hal memelihara sugar glider. Baca juga artikel: cara merawat sugar glider joey dan dewasa

28 responses to “Ciri Ciri Sugar Glider Hamil dan IP In Pouch”

  1. Anonim Avatar
    Anonim

    Pada Saat IP Apakah wajar anak yg sudah berbentuk sebesar kelingking itu keluar dari pouch nya.. sudah ga merah dan sudah ada bulu halusnya.. apakah bs masuk lagi ke pounch induk nya atau itu di reject?

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Usia berapa mas? Kalau sudah ada sedikit bulunya nanti juga bakal masuk lagi.

      Wajar itu mas. Nanti kalau sudah 2 bulan, si joey alias anak SG sudah mandiri.

  2. Unknown Avatar
    Unknown

    Maaf mas mau tanya kenapah ya kok sg saya pas lagi ip dia malah ngebuang anak nya.anak nya tba tba mati di bawah kandang itu efek kenpah ya tapi ank nya mash utuh dan tidak ada gigitn sama sekali ank nya udh sebesar biji kacang tanah

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Kalau diriject ada beberapa kemungkinan Kak.

      Induk stres, masih terlalu dini. Pernah dipegang pegang gak?

  3. Anonim Avatar
    Anonim

    Mau tanya kak….Dulu sih pas masa abg SG nya jinak ,tapi pas lagi IP di kasih makan dengan cara seperti kebiasaannya saat abg(makanan nya di pegang owner-nya) terus pas makan si betina di elus" manja kepala nya seperti saat masa abg nya dulu biar tujuan ga stres/ga gampang kaget dengan orang sekitar.itu gmna ya mas apakah harus meninggalkan hal seperti itu apa harus tetap di lanjut kan?

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Seperti biasa saja tidak masalah, Tapi saat sugar glider IP akan ada perubahan karakter dan sifat. Sebaiknya Anda cermati dan anda perhatikan sambil melihat situasi dan kondisi.

      Kalau memungkinkan bisa seperti dulu tidak masalah

  4. Anonim Avatar
    Anonim

    Min mau nanya, kan admin ada bilang diatas kalo sugar glider betina yang hamil terlalu dini bisa stres, nah solusinya apa ya? Apa harus dipisahin dulu sama jantannya biar umurnya lebih siap dulu baru dikawinin ato gimana?

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Biarin aja Kak. Selama nanti tidak direjek gak masalah.

  5. Unknown Avatar
    Unknown

    Bang admin mau tanya apakah ai betina kalo lg hamih dia sangat agresif?

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Betul sekali Kaka

  6. Hana yasmin Avatar
    Hana yasmin

    Aku baru beli sg nih, kata penjualnya sebelumnya ada perkawinan sebelum si jantan dibeli org, nah si betina ini ku beli, tapi karna masih adaptasi aku blm berani cek apa ada bayi nya atau engga, tapi dia selalu jilatin kantungnya.. Sedangkan aku niatnya mau kawinin sama sg ku yg jomblo, mesti gimana nih? Kalo ternyata pas aku gabung ehsi betina lagi hamil apa bahaya? Atau jgn ku gabung dulu?

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      pastikan dulu Om, Apakah iP benar atau tidak sugar glider nya. bisa dilihat dengan karakter atau ciri-ciri fisiknya…

  7. Unknown Avatar
    Unknown

    Sya baru punya 1 sg betina nih, udah hampir 7 hari sih dipelihara. Udah sama coba kenalin ke jantan, saya masukin si sg betina ke bonding pouch trus saya simpen di kandang jantan 1-2 jam, nah reaksi si jantan ko kaya gimana ya kepo tingkat dewa sampe jaring2 pouch ditarik2 gitu.. Apa normal? Jantannya usia 1 tahun..

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Aman Kak. Selama tidak berantem mah normal hehe

  8. Unknown Avatar
    Unknown

    Ohh gitu ya, apa udah boleh saya coba satukan ya jantan.betina nya? Terus perawatannya masih biasa aja kan? Soalnya saya baru ngerawat sg..

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      boleh Kak justru lebih baik، karena sugar glider adalah hewan yang berkelompok harus hidup bersama temannya.. Satukan saja

  9. Unknown Avatar
    Unknown

    Udah saya satuin nih ka, malah jadi pada sering tidur.. Makannya juga jadi beda waktu ga kaya sebelum disatuin.. Betina yg asalnya aktif jadi sering ngeringkuk, kalo si jantan emg dari awal sering tidur karna mungkin sendirian, apa perubahan perilaku gitu masih normal dan baik baik aja?

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Normal banget kak. Soalnya pas malam malam di bermain, jadi siangnya tdr. Namanya juga hewan nokturnal. hehe

      Juga masih adaptasi sama teman baru.

  10. Unknown Avatar
    Unknown

    Oohh begitu ya okeoke makasih banyak, nanti kalo mau tanya tanya lagi boleh ya hehe

  11. Azam Avatar
    Azam

    Kalo tangan saya pas ngeraba SG betina dijilatin terus padahal ga ada makanan apa itu wajar atau mulai ada perubahan karakter?
    Sebelumnya sekitar 2 hr yang lalu ga kaya gini.
    (catatan: dapat adopsi SG dewasa sepasang tp ga tau berapa usianya, pas Imlek kemarin dapetnya)

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Ada benjolan gak Kak? Bisa jadi lagi IP tuh.. Tunggu saja nanti 1 pekan lagi

  12. Hana yasmin Avatar
    Hana yasmin

    Ka kalo sg betina ngejilatin kantungnya terus apa udah pasti ip atau masih ada kemungkinan ga ip? Dan kalo ternyata ip apa boleh tetep dimandikan?soalnya belum berani ngeraba langsung

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Belum pasti Kak. Kalau pasti itu, diraba kerasa benjolan, diraba saja kenapa harus takut.

      Ga perlu dimandikan, jangan terlalu sering diajak main, nanti dirijek

  13. Hana yasmin Avatar
    Hana yasmin

    Ohhh gitu, soalnya belum jinak hee okedeh makasih banyak kaa

  14. Rezz Avatar
    Rezz

    Mau tanya dong min, ini kan SG saya masih nyusui si betinanya apakah mungkin ngelahirin lagi? Soalnya tdi saya liat di kantungnya kaya ada bayi SG gtu , mastiin aja sih ,

  15. kaysaa Avatar
    kaysaa

    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

  16. kaysaa Avatar
    kaysaa

    emmm.. kak kalo nmisal punya sg hamil (di perut nya keliatan benjolan) tapi jarang keliatan kalo pouch nya dijilatin itu normal gak ?

  17. Habil Nurdiansyah Avatar
    Habil Nurdiansyah

    Ka knp ya sg saya jadi diem gituh gelantungan, klw dibilang stress ga ada tanda2nya tapi ke lagi hamil terus berdiam diri suka jilat2 kantong

Leave a Comment