HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Daftar Makanan Gecko yang Baik dan Menyehatkan

Makanan Gecko- Siapa sih yang tidak kenal dengan binatang peliharaan yang satu ini? Gecko atau tokek hias adalah binatang reptil yang memiliki banyak penggemar dan cukup populer di kalangan masyarakat. Apalagi dia mempunyai banyak varian warna dan jenis, di Indonesia sendiri gecko leopard menjadi jenis gecko yang sering dipelihara. Sebab selain mudah dirawat dia juga tidak memakan banyak tempat.

Sama halnya seperti hewan peliharaan lainnya, gecko juga membutuhkan makanan dan minuman untuk bertahan hidup. So bagi sobat yang sedang memelihara gecko sudah selayaknya agar memberi makanan pada gecko yang bergizi dan bernutrisi tinggi sehingga dapat menyehatkan tubuhnya.

Nah, di sini hobinatang.com akan membahas daftar-daftar makanan gecko yang baik dan menyehatkan untuk semua usia dan jenis, entah yang masih baby kecil atau dewasa. Baiklah apa saja makanan gecko yang cocok dan menyehatkan?

Daftar Makanan Gecko Lengkap


Makanan Gecko yang Baik dan Menyehatkan
Gambar jangkrik serangga

Gecko merupakan binatang malam yang menyantap/memakan serangga. Hal itu disebabkan karena serangga mengandung gizi dan protein yang baik untuk leopard gecko, tapi tidak semua serangga baik loh. Malah ada yang beracun. Ok! berikut daftar serangga-serangga yang umum digunakan sebagai pakan gecko:

1. Makanan Jangkrik untuk Gecko


Jenis makanan gecko yang paling utama adalah jangkrik. Mengapa harus jangkrik? Ya karena bernutrisi dan bervitamin tinggi dan sangat cocok untuk kestabilan tubuhnya, selain itu jangkrik juga menjadi makanan favoritnya.

Tapi kalian perlu memperhatikan aturan dasar dalam memberikan pakan jangkrik. Pertama sobat harus mencari jangkrik yang panjangnya tidak lebih dari panjang gecko dan besarnya tidak lebih dari setengah kepala gecko. Kedua, sobat juga harus melakukan "Gut Load" pada jangkriknya sebelum diberikan kepada gecko.

Apa itu gut load? Gutload adalah memberi makan jangkrik dengan tumbuhan atau sayuran. Hal ini bertujuan agar kita dapat memperkirakan jumlah nutrisi yang akan diberikan pada gecko. Jadi setelah membeli jangkrik jangan langsung diberikan tapi biarkan dulu dikasih makanan sayuran atau yang lainnya.

Cara ketiga dalam memberi makanan gecko adalah dengan memotong kaki belakang jangkrik. Agar saat dimakan dia tidak loncat ke sana ke mari, sehingga mudah ditangkap.

2. Ulat Hongkong


Makanan Gecko yang Baik dan Menyehatkan

Makanan gecko selain jangkrik ada ulat hongkong atau ulat sutra. Jenis pakan ini juga terdapat gizi dan protein tinggi, apalagi dia memiliki ukuran yang kecil sehingga cocok untuk gecko yang baru lahir. Untuk mendapatkan ulat hongkong, sobat bisa membelinya di toko burung atau pet shop terdekat.

Nah itulah kedua makanan gecko yang kami rekomendasikan, meskipun sebenarnya masih ada yang lainnya seperti ulat jerman, cacing lilin dan lain sebagainya.

Aturan Pemberian Pakan pada Gecko


Makanan Gecko yang Baik dan Menyehatkan

Jika makanan yang digunakan jangkrik, maka sobat bisa memberikan 2-4 jangkrik setiap hari untuk gecko usia muda dan 4-7 jangkrik untuk umur yang lebih tua atau dewasa. Selain itu teman-teman juga harus menambahkan suplemen tambahan supaya kondisinya tetap sehat.

Pemberian suplemen adalah bagian terpenting dalam memelihara gecko. Suplemen yang dibutuhkan adalah yang mengandung vitamin dan kalsium. Bagaimana cara memberikannya?

Untuk multivitamin: Belilah multivitamin khusus reptil di toko hewan, lalu campurkan makanan dengan multivitamin atau bisa diletakkan di wadah dan biarkan gecko menjilatinya. Sebaiknya pemberian multivitamin hanya 2-3 kali dalam seminggu. Untuk kebutuhan kalsium juga sama seperti pemberian vitamin.

Baca juga: cara merawat gecko yang baik dan benar untuk pemula

Baiklah itu saja guys, daftar makanan gecko lengkap yang aman, baik dan menyehatkan. Berilah kasih sayang pada hewan anda agar dia merasa bahagia bersamamu. Ciee

0 Komentar Daftar Makanan Gecko yang Baik dan Menyehatkan

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top