Jenis penyakit iguana dan cara mengobatinya– Seperti halnya binatang kucing dan anjing, iguana juga dapat terserang penyakit. Mulai dari penyakit ringan sampai berat yang itu dapat mengakibatkan kematian. Mengapa dia bisa terserang penyakit? Apakah takdir dari Tuhan?

Jenis Penyakit Iguana dan Cara Mengatasinya

Kalau takdir itu sudah jelas, tapi sebenarnya faktor utama munculnya penyakit pada iguana adalah karena kurang baiknya dalam masalah perawatan si iguana itu sendiri. Misalnya kandangnya kurang dijaga, makanannya tidak diperhatikan dan lain sebagainya. Jadi sekali lagi kami katakan, mememelihara iguana itu bukan hanya memberi makan dan minum saja, namun kalian juga harus disiplin, komitmen dan rajin dalam merawatnya. Membersihkan kandangnya dengan rutin, menjemurnya dan lain sebagainya.

Apa saja penyakit iguana dan bagaimana cara mengatasinya?

Jenis Penyakit Iguana dan Cara Pengobatannya

Baiklah berikut kami paparkan jenis jenis penyakit untuk iguana beserta tips pencegahan dan pengobatannya yang baik dan benar:

1. Jenis Penyakit Infeksi Bakteri pada Iguana

Jenis Penyakit Iguana dan Cara Mengatasinya
fanspage pencinta iguana

Infeksi bakteri adalah salah satu jenis penyakit iguana yang mudah menyerang anggota tubuhnya, dan ini sangat berbahaya jika dibiarkan terus menerus. Ada beberapa sebab mengapa bisa terkena infeksi bakteri:

  1. Kurang merawat kebersihan kandang sehingga tumbuh bakteri dan mengakibatkan gengren pada jari kaki iguana atau kukunya.
  2. Tidak sempurnanya proses shedding (ganti kulit) pada jari jemari si iguana. Sehingga akan timbul gumpalan darah di area jarinya.

Apabila sudah terkena penyakit ini biasanya daerah yang terkena akan berwarna abu-abu hitam atau gelap kemudian mulai pecah lalu jarinya akan putus dengan sendirinya. Seperti gambar di atas, jika itu dibiarkan lama kelamaan jarinya akan putus.

Selain jari, infeksi juga bisa menyerang mulut. Gejalanya adalah munculnya nanah dan peradangan di mulutny. Lalu bagaimana cara mengatasi dan mengobati penyakit infeksi pada iguana?

  • Bersihkan area luka dengan antiseptik berupa larutan rivanol 1%.
  • Jika mengalami abses bersihkan saja nanahnya kemudian oleskan salep neomisin di area yang terluka.
  • Lalu suntik dengan antibiotik sistemik Ampisilin dengan dosis 20 mg/kg, dan dilakukan hanya sekali dalam 5-7 hari.
  • Oh iya, berikan juga suntikan vitamin A kira-kira 1-2 kali dalam seminggu. Apabila dalam beberapa hari tidak ada perubahan, sebaiknya langsung dibawa saja ke dokter hewan terdekat.

2. Jenis Penyakit Jamur pada Kulit Iguana

Jenis Penyakit Iguana dan Cara Mengatasinya

Jenis penyakit iguana yang kedua ini bisa menyerang semua hewan peliharaan. Bahkan sampai ikan pun bisa terkena jamuran. Waw

Penyebab dari penyakit ini sama seperti penyakit infeksi bakteri. Yaitu kandang yang kotor, lembab dan tidak terawat. Sehingga virus bakteri tumbuh dan menyerang iguana.

Biasanya bagian yang sering diserang jamur adalah spike (lihat gambar spike di bawah) dan kulut. Jika sudah terserang, spike akan kering dan mengerak. Untuk mencegahnya kalian harus rajin membersihkan kandang, tempat minum dan tempat makan, jangan sampai ada sisa pakan berupa buah yang membusuk. Buatlah jadwal supaya disiplin.

spike iguana
contoh spike

Bagaimana cara mengobati penyakit jamur pada iguana?

Mandikan iguana secara rutin tiap hari menggunakan air hangat yang sudah dicampur antiseptik detol cair. Gosok tubuh iguana (terutama di area jamuran) dengan sikat secara perlahan-lahan. Hal itu dapat membunuh bakteri yang menempel di kulitnya. Dan kalau sudah selesai, oleskan dengan salep ultracilin di area yang terkena jamur. Tidak disarankan menggunakan salep kalpanak, karena dia bersifat panas. Yang terakhir, lakukan cara ini sampai dia sembuh, sebab jika tidak dituntaskan akan terus menyebar.

3. Fibrous Osteodystrophy atau Penyakit Tulang

Penyakit tulang ini sudah sangat umum terjadi pada makhluk bernyawa, bahkan manusia pun juga bisa terkena penyakit tulang. Penyebabnya adalah karena kurangnya kalsium dan vitamin. Gejalanya muka dan rahang bawah terlihat lembek dan bengkak. Selain itu kaki akan bengkak, tubuhnya lesu dan sulit makan.

Jika anda tidak segera mengobatinya maka penyakitnya akan semakin parah. Nah untuk itu berikanlah asupan makanan yang mengandung kalsium agar terhindar dari penyakit tulang serta makanan yang mengandung vitamin D3.

4. Jenis Penyakit Iguana “Parasit”

Jenis Penyakit Iguana dan Cara Mengatasinya

Keempat ini merupakan jenis penyakit yang mematikan, bukan untuk iguana saja tapi untuk semua binatang peliharaan. Karena parasit akan menyerang bagian dalam tubuh si hewan. Seperti peredaran darah dan saluran pencernaan.

Apabila si iguana anda sudah terkena virus parasit maka harus segera ditangani dengan baik. Caranya bawalah ke dokter hewan terdekat. Intinya perhatikan faktor makanannya, berilah yang bergizi dan sehat jangan sembarangan. Dan juga kondisi kandangnya juga perlu dijaga.

Kalau jauh dari dokter hewan dan tidak bisa dibawa ke sana, maka saya di sini akan memberikan cara mengobatinya secara mandiri. Namun cara ini bisa berhasil atau bisa tidak, tergantung pada tingkat keparahan si parasit. Seperti gambar di atas, kondisi iguana sudah sangat parah dan agak susah diobati.

Mandikan tiap pagi dan sore dan dicampurkan detol, setelah selesai oleskan minyak VCO. Minyaknya bagus untuk kulit. Jika masih kurang, Insyaallah ini lebih manjur, yaitu diberi larutan PK yang bisa dibeli di apotek.

Jenis Penyakit Iguana dan Cara Mengatasinya

PK ini sifatnya agak keras, jadi cara penggunaan supaya aman adalah dengan mengoleskan di bagian yang luka dan sudah dicampur air hangat.
Setelah itu langsung dikeringkan dan diolesi lagi dengan miconazele seperti Ale LoneiraSao, atau kalau pengin lebih cepat, gunakanlah ultraciline.

5. Penyakit Cacingan pada Iguana

Jenis Penyakit Iguana dan Cara Mengatasinya

Waw selain manusia ternyata iguana bisa cacingan juga sob. Dan faktor utamanya adalah asupan makanan yang tidak baik, misalnya buah yang kotor, sayur yang belum dicuci atau bisa juga karena kandangnya jarang dibersihkan. So bersihkanlah kandang minimal setiap hari.

Penyakit cacingan ditandai dengan stresnya si iggy, dan jika sudah stres biasanya jadi tidak nafsu makan, warna kulit jadi gelap, galak dan berperilaku kasar. Bagaimana cara mengatasinya?

Untuk mengobatinya cukup memakai obat-obatan alami. Yaitu bubuklah biji pepaya yang sudah kering lalu dicampurkan pada makanan iguana, atau sobat juga bisa langsung memberinya dalam keadaan biji pepaya masih basah. Tapi kalau tidak doyan jangan dipaksakan.

Jika belum sembuh sering-sering direndam air hangat sambil bibirnya diolesi madu. 🙂 menurut pengalaman bisa sembuh. Dicoba aja guys.

6. Kelumpuhan Kaki Belakang

Jenis Penyakit Iguana dan Cara Mengatasinya

Untuk ciri-ciri penyakit ini tidak perlu ditanyakan, sebab dilihat dari judulnya saja sudah jelas. “Kaki Belakang Lumpuh”

Menurut pengamatan para ahli, penyebab jenis penyakit yang satu ini sangatlah sepele. Yakni kekurangan vitamin B1. Jadi untuk mengatasinya kalian hanya perlu memberikan suplemen makanan mengandung vitamin B1. Atau dibawa ke dokter supaya nanti disuntik dengan vitamin serta mineral.

7. Telur Lengket pada Iguana Betina

Telur lengket  hanyaterjadi pada iguana betina. Yang mana saat ia bertelur akan mengalami kesulitan, jika tidak dibantu oleh pemiliknya maka telur iguana akan lengket dan susah dikeluarkan. Dalam istilah manusia adalah “sembelit”. Tapi ngomong-ngomong ini termasuk salah satu jenis penyakit iguana bukan ya? hihi

8. Penyakit Iguana “Hidung Lecet”

Jenis Penyakit Iguana dan Cara Mengatasinya

Sama halnya dengan manusia, jika tidak nyaman tinggal di suatu tempat maka sudah pasti mereka akan pergi dari tempat tersebut. Maka sama halnya dengan iguana, jika anda mendapati hidung iguana lecet atau terkena borok maka anda jangan panik. Cukup pindahkan saja ke tempat yang lain, bisa jadi dia tidak nyaman dengan suasana kandangnya sehingga ia pun berusaha kabur dengan cara menabrak dinding kandang.

Akhirnya hidung iguana mengalami lecet-lecet. Malah kalau dibiarkan bisa-bisa kemasukan bakteri dan mengakibatkan nanah dan borok. Hem ngerii uy..

8. Penyakit Bladder Stone / BS pada Iguana (Batu Kandung Kemih)

Jenis Penyakit Iguana bladder Stone

Jenis penyakit ini sangat serius dan tergolong penyakit yang sangat berbahaya. Bahkan beberapa teman-teman di grup memposting gambar hewan iguananya yang terkena BS. Apa itu BS?

Saya tidak bisa menjawab pertanyaan itu di sini, karena membutuhkan penjelasan panjang. Jadi silahkan baca saja tulisan kami sebelumnya yang membahas khusus penyakit BS, mulai dari gejala, penyebab dan pengobatannya.

Baca ini: Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Bladder Stone Pada Iguana.

Tapi intinya penyakit ini sama seperti kencing batu pada manusia. Iguana yang terserang BS akan mengalami pembesaran pada bagian perut, sehingga membuatnya tidak nyaman dan terasa sakit.  jika dibiarkan sampai membesar, jalan satu satunya adalah dioperasi Kalau tidak aku anak akan mati.

9. Penyakit Ginjal dan Hati

Maksud penyakit ginjal dan hati adalah adanya gangguan pada ginjal atau hati si hewan peliharaan iguana. Penyebab paling umum adalah karena diet yang salah, pemberian protein hewani (serangga dll) dan dehidrasi. Perlu sobat ketahui, iguana adalah hewan tropis yang membutuhkan kelembaban untuk berkembang. Selain itu dia juga bukan omnivora (pemakan segalnya) tapi herbivora (pemakan tumbuhan).

So, jangan terlalu sering diberi makanan kering seperti pellet komersial dengan tujuan diet. Dan juga jangan pernah diberi protein hewani, cukup nabati saja. Namun sebagian ada yang membolehkan memberikan sesekali dalam sepekan. Malah itu dapat menjadikannya cepat besar.

Baca: cara merawat iguana supaya cepat besar

10. Luka Bakar

Sebenarnya ini bukan jenis penyakit iguana namun kami masukan ke dalam daftar artikel ini agar teman-teman sekalian berhati-hati dalam memberi lampu di kandangnya. Sebab biasanya sebagian orang yang memelihara iguana, mereka memberi lampu pada kandangnya terlalu dekat dengan hewan.

Sehingga kontak lampu yang terlalu dekat menyebabkan tubuh iguana merasa panas dan terbakar. Padahal tujuan utama pemberian lampu adalah supaya hangat. Maka dari itu letakkan lampu yang aman jangan langsung terkena tubuh iguana.

11. Mulut Iguana Bengkak

Penyakit Iguana mulut bengkak

Bengkak pada mulut iguana memang sering dialami oleh hobiis. Umumnya bengkak terletak di bagian bawah mulut, rahang atau samping mulut. Penyebabnya sendiri ada banyak. Sehingga untuk mengatasinya, kita perlu mengetahui penyebabnya dulu.

Pertama, mulut iguana yang bengkak bisa karena MBD pada rahang bawah, penyebabnya karena jarang dijemur atau malah tidak pernah dijemur (yang ini parah). Akibatnya kalsium pada iguana tidak sempurna, sehingga menimbulkan kelainan pada tulang rahang.

Penanganannya sering dijemur, sambil semprot air biar tidak kering dan dehidrasi. Jangan lupa diawasi.

Kedua biasa karena mulutnya terluka atau injury. Untuk memastikan silakan dicek di bagian mulut apakah ada yang terluka atau tidak. Kalau ada, bersikan dengan NACL. Lalu olesin dengan salep Kenalog. Beli di apotek. Adapun untuk alat bisa memakai Cutton bud, kassa.

Ketiga gejala abeses, bisul atau sariawan. Penanganannya cukup diberi obat bagian yang abses. Tapi bersihkan dulu mulutnya. Untuk proses pengobatannya yaitu. Sediakan tusuk/jarum yang steril. Lalu tusuk bagian yang absesnya sampai nanahnya keluar. Lalu obati dengan cattun bud dicampur alkohol. Usahakan sampai bener benar habis absesnya.

12. Kegagalan Organ

Kegagalan organ terjadi karena faktor usia yang semakin tua, namun itu tidak pasti karena ada sebab lain yaitu infeksi bakteri yang menyerang tubuh iguana. Jika iguana sudah terserang penyakit ini maka ia akan kehilangan nafsu makan, kembung, lesu, semakin kurus dan bahkan bisa menyebabkan kematian.

Baca juga: Cara Mengobati Mata Iguana Bengkak atau Brair Menurut Ahlinya

Akhirnya usai suqdah penjelasan terkait “jenis jenis penyakit iguana dan cara mengatasinya“. Silahkan dibagikan ke reptile lovers lainnya supaya bisa bermanfaat juga buat sesama hobies. Terimakasih banyak. [Terakhir update, Rabu, 07/02/2018]

32 responses to “12 Jenis Penyakit Iguana dan Cara Mengatasinya”

  1. Adim Avatar
    Adim

    Om igy saya sperti ada tulang yg menonjol di bagian perut.kira2 itu gejala apa ya.?

  2. HoBinatang Avatar
    HoBinatang

    Dilihat dari tandanya saya condong kepada gejala penyakit bladder Stone atau batu kantung kemih. Saya khawatir penyakit tersebut semakin parah dan susah ditangani sampai operasi. Sebaiknya langsung Segera diatasi Mas, supaya tidak terlambat.

  3. Email Avatar
    Email

    Om mau tanya, igy saya ada bintik2 kecil di badannya, apa itu jamur apa penyakit yg lain?

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Ada benjolan gak mas? Bisa jadi luka yang kering.

      Tapi kalau bintik-bintik hitam pada iguana, kemungkinan besar jamur mas. Hati-hati dengan bintik-bintik hitam itu. Bintik yang normal ialah terlihat seperti pigmen atau sisik. Kadang-kadang selain bintik hitam, dibarengi dengan warna kering dan berkerak.

      Biar lebih yakin priksa saja ke dokter hewan mas.

  4. Unknown Avatar
    Unknown

    Om mau tanya bengkak pada mulut iggy penanganannya gmana.?

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Bengkak pada mulut iguana memang sering dialami oleh hobiis. Biasanya bengkak di bagian bawah mulut, rahang atau samping mulut. Penyebabnya ada banyak. Dan untuk mengatasi mulut iguana bengkak, sampean perlu mengetahui jenis penyakit dan penyebabnya dulu.

      Mulut iguana yang bengkak bisa karena MBD pada rahang bawah, penyebabnya karena jarang dijemur atau malah tidak pernah dijemur (yang ini parah). Akibatnya kalsium pada iguana tidak sempurna, sehingga menimbulkan kelainan pada tulang rahang.

      Penanganannya sering dijemur, sambil semprot air biar tidak kering dan dehidrasi. Jangan lupa diawasi.

      Kedua biasa karena mulutnya terluka atau injury. Silahkan dicek ada lukanya gak. Kalau ada, bersikan dengan nacl. Lalu olesin dengan salep kenalog. Beli di apotek. Untuk mengobatinya bisa dengan Cutton bud, kassa.

      Ketiga gejala abeses, bisul atau sariawan. Penanganannya, bersihkan mulutnya. Pertama tusuk dulu bagian absesnya. Dengan jarum yang steril.
      Sampai nanahnya keluar. Lalu obati dengan cattun bud dicampur alkohol. Usahakan sampai bener benar habis absesny. (Dijawab oleh salah Admin Hobinatang.com, pencinta iguana)

  5. Unknown Avatar
    Unknown

    Bang klo ada salah satu jari iguana dan kuku nya itu miring bgaimana cara pengobatan nya

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Salah satu jari atau kuku iguana yang bengkok dan miring masih bisa diluruskan, malah kalau tidak segera diluruskan bisa permanen.

      Saran saya pertama coba diurut pelan posisinya searah, yaitu dari pankal keujung, biar licin dikasih minyak.

      Jika terdengar bunyi klek, pasti bisa lurus kembali, karena bisa jadi keseleo dan salah sendi. Namun apabila tidak bisa balik, coba beritangkringan dikandangnya.

      Saran kedua, jari masih bisa lurus, dengan cara dipakaiin plester atau perban yang berpori, lalu kasih batang korek api kemudian diikat perban.

      Biasanya 3 minggu-sebulan bisa normal kembali.

  6. Unknown Avatar
    Unknown

    Min, kalau sudah terlanjur spike iguana saya sampe lepas karena kering itu gimana yaa cara agar bisa numbuh lagi spikenya? Sama kuku iguana itu boleh dipotong gak yaa? Soalnya kuku iguana sasa tajam banget. Mohon keterangannya admin.

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Dirawat teris mas, nanti tumbuh lagi meski agak lama. Untuk kuku iguana boleh dipotong tapi dengan aturan, kami sudah pernah membahas di situs ini silakan buka di pencarian cara memotong kuku iguana.

  7. Unknown Avatar
    Unknown

    Di area ekor dan perut iguana saya ada banyak benjolan penyebabnya dan mengobatinya gimana ya mohon sharing nya ….

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Itu namanya infeksi bakteri akibat tempat yang kotor sehingga kulit melepuh. Kasus tesebut sering dialami hobis, cara mengatasinya mudah direndam air jangat daun sirih lalu kasih minyak tawon. Dijemur juga ya..

      Nanti kalau shedding beberapa kali bakalan lepas

  8. Unknown Avatar
    Unknown

    Om mau tanya
    kalo iguana susah bertelur gmn ya penangannya??
    soalnya baru nelur 1 butir doang
    sisanya di perut tidak keluar keluar
    Terimakasih

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Coba ditempatkan di tempat yang sepi, yang luas agar nyaman. Jangan lupa sediakan minum.

      Atau coba letakkan di atas tanah biar seperti di habitat aslinya.

      Kasih banyak minum.

  9. SD NEGERI TARUB 01 Avatar
    SD NEGERI TARUB 01

    Mata iguana saya bengkak semua seperti kelereng kenapa ya sudah 4 hari

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Beli obat bentuk salep di apotek.
      Erlamycetin namanya.

      Salep mata itu. Silahkan diolesin 3x sehari. Taruh dl tempat senyap gak banyak silau cahaya.

      Sambil dikompres pakai air hangat. Kasus seperti itu memang sering terjadi Mas dan sudah saya bahas di artikel khusus,, silahkan cari cara mengatasi mata iguana bengkak

  10. Unknown Avatar
    Unknown

    Mas klok bitik bintik coklat pada iggy itu peyakit gak

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Karena saya ga lihat gambarnya, maka kami simpulkan kemungkinan besar jamur. Tapi Jangan cemas tinggal sering dijemur saja dan dimandikan pakai antiseptik..

      Coba rutin jemur+suhu dalam kandang hangat

  11. Sulistyaayu Kirana Avatar
    Sulistyaayu Kirana

    Bang Kalau bola mata iguana jadi merah seperti darah trus jadi iguana kaya jadi buta gabisa liat makananya sendiri kenapa ya terus beraknya jadi warna coklat biasanya item

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Diliat saja dari samping kornea mata apakah masih normal gak? Terus kalau ada bengkak skitar mata dalam maka bisa karena infeksi mata/kotoran, sehingga merah, atau bisa juga karena tercakar, bisa juga karena terkena semprotan/air tertntu atau terkena benda benda sekitar. Tapi semoga bukan Timor mata. Apakah bengkak dan berair juga?

      Dulu dibawa ke vet terus disuntik bayar 35 ribu, nanti dikasih salep.

  12. Unknown Avatar
    Unknown

    Mas iguana q udh 2 hari g mw makan lemes n perutx besar kyak kembung kenapa y????

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Buang air besarnya lancar atau tidak? sambil diraba-raba Apakah ada benjolannya atau tidak, karena ditakutkan terkena BS. karena salah satu ciri cirinya adalah nafsu makannya menurun.

      Tapi bisa jadi masalah pencernaan. Coba mas jemur aja, lalu perutnya diraba raba.

  13. Unknown Avatar
    Unknown

    Om mau tanya baby iguana saya banyak bintik2 kuning terutama dibagian ketek om.. Minta solusinya om.. Terimakasih..

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Dijemur di pagi hari sambil dimandikan Om. Itu saja solusinya

  14. Jimmy Avatar
    Jimmy

    Om baby iguana saya diarea anus kok muncul seperti daging ( lembek gitu) itu kenapa ya? Dan cara mengatasi nya bagaimana? Pernah tanya ke sellernya katanya itu kelamin nya apa benar? Awalnya gak ada. Baru 2 hari ini aja.. Trims sebelumnya

    1. Tia Avatar
      Tia

      Sama nich mas jimmy,klw iquana saya sdh umur 3tahun ini saya liat keluar daging juga dr anusnya kay orang ambeien gitu keluar darah,kasian lihatnya,harus gimnaa yaaa

  15. coretan tinta Avatar
    coretan tinta

    mas saya mau tanya, iguana saya masih mau makan, tapi perut nya gembung, lalu kalau pup juga biasa nya pagi keluar cuma sedikit sih mas, saya baca" dan nntn beberapa video di yt kata nya masalah pencernaan, terus sudah saya pegang" perur nya tidak ada benjolan sama sekali, kalau emang iya masalah pencernaan, cara mengatasi nya seperti apa? biarkam di puasakan aja dulu ? atau tetap di berikan makan tapi yang berupa toge, pepaya aja dulu ya mas ? biar penceranaan nya lancar ?

  16. Unknown Avatar
    Unknown

    Kalau mata iguana g bisa melek kenapa ya?, Solusinya gimana?.

  17. Unknown Avatar
    Unknown

    Malam om, iguana saya ngak bisa menelan makanannya, ada lendir juga didalam mulut.
    Tiap makan selalu dimuntahkan.
    Pupnya seperti berbusa.
    Skrng kurus.
    Mohon bantuannya.

  18. Unknown Avatar
    Unknown

    bang, iguana saya telapak tangannya bengkak bunder sedikit besar, jarinya juga bengkok, cara ngobatinya yang harga nya murah apa bang?

  19. Kaka Avatar
    Kaka

    Kak boleh tanya kalo iguana ekor kering cara mengatasinya gimana ?

  20. Tia Avatar
    Tia

    Selamat pagi om,mau tnya barusan aja saya liat iquana saya keluar daging dr duburnya seperti orang ambeien gitu,warnanya merah,harus gimana ya om penanganan'y

Leave a Comment