Makanan Iguana yang Baik dan Menyehatkan

Makanan iguana- Sebelumnya hobinatang.com sudah membahas jenis iguana dan harganya, maka pada kesempatan ini kami akan mengulas apa saja makanan iguana yang baik dan sehat. Kita semua sudah tahu bahwa seluruh makhluk hidup pasti membutuhkan makan dan minum, baik itu hewan, manusia atau yang lainnya.

Tapi tidak semua makhluk hidup memakan jenis makanan yang sama, setiap dari mereka berbeda-beda. Ada yang omnivora (pemakan segalanya) seperti manusia dan ada juga yang herbivora (pemakan tumbuhan) seperti kambing. Kalau begitu  bagaimana dengan binatang peliharaan iguana? Apa makanan iguana?

Makanan Iguana yang Baik dan Menyehatkan

Meski wajahnya terlihat ganas dan seram, ternyata iguana bukan termasuk hewan pemakan daging (karnivora) melainkan pemakan tumbuhan atau buah-buahan (herbivora). Namun hal ini bukan berarti dia bisa memakan semua tumbuhan sob. Sebab ada juga yang dilarang dan ada juga yang diperbolehkan. Baiklah langsung saja, berikut daftar jenis makanan iguana untuk semua usia dan semua jenis, entah yang masih anakan (baby) atau dewasa:

Daftar Makanan Iguana yang Sehat


Untuk makanan iguana sendiri terbagi menjadi 3 katagori:

  • Makanan pokok (diberikan secara rutin setiap hari)
  • Makanan tambahan (sesekali boleh diberikan)
  • Dan makanan iguana yang dilarang (jangan pernah diberikan pada iguana)

1. Makanan Iguana yang Pokok dan Diberikan Secara Rutin


Di bawah ini adalah jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi iguana dan harus rutin diberikan padanya:

Buah Pisang

Makanan Iguana yang Baik dan Menyehatkan

Buah pisang sangat baik untuk iguana sebab pisang mengandung 2% protein dan 0,2% lemak. Ditambah lagi dengan vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit iguana. Lalu vitamin B6 dan vitamin E yang baik untuk kekebalan dan metabolisme tubuhnya.

Selain itu, pisang juga terdapat zat besi dan kalsium yang berguna untuk pembentukan tulang. Jadi sobat jangan ragu-ragu supaya memberi makanan iguana dengan buah pisang.

Buah Pepaya

Makanan Iguana yang Baik dan Menyehatkan

Selain pisang, buah pepaya juga bagus. Karena memiliki 0,5% protein dan 0,2% lemak. Sama seperti pisang, buah pepaya juga mempunyai vitamin A dan vitamin E. Dan ditambah vitamin C yang bagus untuk gigi iguana.

Pisang dan pepaya hanyalah sebagian dari makanan pokok iguana. Sebab masih banyak lagi yang lainnya, seperti kacang hijau, sayur labu, wortel, ketela, selada air, lobak hijau dan mangga.

Disarankan agar jangan terpatok pada satu menu, misalnya hari ini pisang terus. Kemudian besok pisang lagi dan pisang lagi. Hal itu akan membuat iguana bosan. Jadi sebaiknya dikombinasikan dengan sayuran hijau, biji-bijian dan buah-buahan. Misalnya setiap hari sobat membuat menu sebagai berikut:

  • 45% Buah-buahan
  • 40% Sayuran hijau
  • 10% Kacang, labu dan lain-lain
  • 5% protein tambahan

2. Makanan Tambahan untuk Iguana


Makanan Iguana yang Baik dan Menyehatkan

Jika di atas adalah makanan pokoknya maka sesekali kita boleh memberinya makanan tambahan. Mungkin bisa dijadikan camilan baginya. Apa saja makanan tambahan untuk hewan iguana?

  • Buah apel
  • Brokoli
  • Buah semangka
  • Buah melon
  • Buah stroberi
  • Buah pir
  • Dan lain-lain

3. Makanan Iguana yang Dilarang/Terlarang


Jenis makanan reptil iguana yang terakhir ini sangat-sangat dilarang untuk dikasihkan pada iguana. So jauhkan ya?!

Makanan Serangga dan Daging

Makanan Iguana yang Baik dan Menyehatkan

Iguana adalah pemakan tumbuhan dan bukan omnivora seperti sugar glider atau musang. Jadi jangan coba-coba dikasih serangga, seperti jangkrik, ulat jerman dan belalang. Meskipun dia doyan tapi tetap jangan diberikan.

Menurut para dokter hewan, protein hewani sangat tidak bagus untuk tubuh iguana, malah akan menimbulkan penyakit parasit di dalam organ dalam tubuh si iggy. Seperti yang sudah kami bahas di artikel, jenis penyakit iguana berbahaya dan cara mengobatinya. Tapi ada juga yang membolehkan diberikan sesekali alias jarang-jarang. Kata mereka malah bisa membuat iguana cepat besar. Silahkan baca: cara merawat iguana supaya cepat besar

Oh iya, hindari juga pemberian susu, telor dan makanan kucing atau anjing. Karena sudah dipastikan di dalamnya terdapat protein hewani.

Akhirnya usai sudah pembahasan makanan iguana yang baik dan menyehatkan. Sayangi hewanmu dengan memberikan asupan makan yang bergizi lagi sehat. Thanks dan bagikan!

2 Komentar Makanan Iguana yang Baik dan Menyehatkan

  1. Saya minta tips agar iguana saya makannya lahap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berikan makanan paling dia sukai om

      Delete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top