HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

4 Perbedaan Antara Ikan Discus Jantan dan Betina

Perbedaan ikan discus jantan dan betina- Hai sobat berbicara ikan discus memang tidak ada habisnya, karena dia memiliki banyak kelebihan dan keunikan. Salah satunya adalah bentuk dan warnanya. Tubuh ikan discus menyerupai ikan hias layang-layang () hanya saja dia lebih bulat dan unik. Warnanya juga bervarian dengan kombinasi corak cerah membuat dia terlihat sangat cantik.

Sehingga tidak heran apabila jenis ikan ini banyak dipelihara oleh pencinta ikan di Indonesia, meskipun harganya juga lumayan mahal, tapi tetap saja bisa memuaskan diri pemiliknya atas kecantikannya. Kalau dalam bahasa jawa, "Ono rupo ono bondo" artinya "ada rupa ada harga". Lalu bagaimana cara membedakan antara ikan discus jantan dan betina?

Perbedaan pada Ikan Discus Jantan dan Betina


Berbeda dengan ikan lele, untuk mengetahui perbedaan antara ikan discus betina dan jantan tidak semudah membedakan jenis kelamin ikan patin atau lele. Karena pasalnya karakteristik discus jantan dan betina hampir sama dari segala sisi. Baik bentuk tubuh maupun karakteristiknya. Sehingga untuk membedakan keduanya kita perlu mengetahui ciri-ciri discus jantan dan betina.

Setidaknya hobintanag.com berhasil merangkup 7 perbedaan ciri-ciri ikan discus jantan dan discus betina:

1. Bagian Kepala Jantan dan Betina Berbeda


Perbedaan Antara Ikan Discus Jantan dan Betina
Foto ikan discus jantan

Perbedaan Antara Ikan Discus Jantan dan Betina
Gambar discus betina

Cara paling mudah untuk mengetahui ciri-ciri jantan dan betina ialah dengan melihat bagian kepalanya, terutama pada mulut, hidung, jidat dan bibir. Untuk ikan discus jantan, mulutnya agak besar, sekitar hidungnya agak bengkok dan bibirnya tampak menjulang ke atas serta nonong/jidat lebih menonjol.

Sedangkan ikan betina mulutnya lebih kecil dan bibirnya, hidungnya pun tidak membengkok dan bibirnya tipis simetris.Intinya lebih membulat kepalanya (Silahkan lihat gambar perbedaan di atas. Bagaimana, mudah kan?

2. Warna Discus Jantan dan Betina juga Berbeda


Kalau masih bingung, sobat bisa melihat warnanya. Yang jantan pasti corak warnanya lebih cerah apalagi jika sedang birahi (ingin kawin). Adapun yang betina meskipun dalam kondisi birahi, warnanya tetap kurang alias tak secerah discus jantan.

3. Sirip Belakang atau Dubur


Perbedaan Antara Ikan Discus Jantan dan Betina

Perbedaan Antara Ikan Discus Jantan dan Betina

Sirip dubur jantan berbentuk lurus agak membulat, sedangkan ikan discus betina bulat total. Namun buat pemula mungkin agak susah jika hanya melihat siripnya, jadi silahkan tanyakan ke penjual langsung jika kalian ingin membeli ikan discus jantan dan betina,

4. Melihat Kelamin Jantan dan Betina


Perbedaan Antara Ikan Discus Jantan dan Betina
Gambar from facebook and instagram

Nah cara yang terakhir untuk mengetahui perbedaan ciri-ciri fisik keduanya adalah dengan menerawang alat kelaminnya. Wah emang bisa? Bisa aja sih, intinya kalau ikan discus jantan kelaminnya runcing tapi untuk yang betina bentuknya bulat dan lebar.

Selain dari keempat poin di atas, sebenarnya kita juga dapat membedakan ikan discus jantan dan betina hanya dengan melihat pergerakannya atau karakternya. Dimana-mana ikan jantan pasti gerakannya lebih agresif dari pada ikan betina. Namun andai kalian kesulitan melihat mana yang agresif dan mana yang tidak, sebaiknya bandingkan saja dengan 4 tanda-tanda di atas.

Oke itu saja sob sharing pengalaman dari kami. Terimakasih sudah mau mampir ke artikel "perbedaan antara ikan discus jantan dan betina" baca juga artikel tentang hewan-hewan lainnya di situs ini ya sob. Kalau kalian ingin memelihara atau membudidayakan jenis ikan lainnya, Silahkan baca: 15 jenis ikan hias yang mudah dipelihara bagi pemula.

0 Komentar 4 Perbedaan Antara Ikan Discus Jantan dan Betina

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top