7 Perbedaan Mencolok Antara Iguana dan Bunglon

Perbedaan iguana dan bunglon- Hi sob tahukah kalian apa itu iguana dan apa itu bunglon? Iguana adalah binatang sejenis reptil yang ditemukan di daerah tropis Amerika Selatan dan banyak dipelihara oleh reptil lovers Indonesia karena bentuk fisik dan warnanya yang unik. Sehingga harganya pun sangat mahal, bisa mencapai Rp.600.000 hingga 6 Juta.

Adapun bunglon (dalam bahasa Sunda disebut dengan londo) adalah hewan reptil yang bisa ditemukan di mana saja, entah di kebun, pekarangan, halaman atau pepohonan. Sehingga untuk memeliharanya pun kalian tidak perlu pergi ke toko hewan untuk membelinya, sebab bisa didapat di mana saja yang penting bisa menangkapnya.

Kalau dilihat dari harganya memang sangat jauh perbedaannya, yakni bagaikan langit dan bumi. Namun anehnya masyarakat awam masih banyak yang belum bisa membedakan antara bunglon dengan iguana. Kadang kami merasa sedih saat membawa iguana keluar rumah dan tetangga sebelah mengatakan, "Buat apa beli mahal-mahal, di kebon aja banyak!?"

Sakiit sob. Sakitnya tuh di sini :'( padahal sudah dijelasin ke mereka bahwa yang di kebun itu bukan iguana tapi bunglon. Tetap saja masih ngeyel. Lalu apa perbedaan iguana dan bunglon?

Perbedaan Hewan Iguana dan Bunglon


perbedaan iguana dan bunglon

Jika dilihat secara sekilas, tubuh bunglon dan iguana memang sama (kira-kira 11-12), apalagi antara bayi iguana dan bunglon dewasa. Namun jika kita cermati secara detail, sebenarnya kedua hewan ini memiliki perbedaan yang sangat-sangat jauh, terutama di bagian fisiknya. Di sini kami berhasil merangkup 7 perbedaan yang paling mencolok di antara keduanya:

1. Hidung Iguana Berbeda dengan Hidung Bunglon


Bedanya hidung iguana yang masih kecil cenderung lebih tumpul, sedangkan hidung bunglon terlihat lebih lancip. Bisa kalian perhatikan gambar di atas. Sangat jauh bukan perbedaannya?

2. Kepala Bunglon Berbeda dengan Kepala Iguana


Perbedaan kedua antara bunglon dengan iguana adalah dilihat dari ukuran kepala masing-masing. Kalau sobat perhatikan lagi, kepala bunglon itu lebih kecil dibandingkan kepala bayi iguana, karena terlihat agak besar.

3. Lingkaran Subtympanic Shield


Apa itu subtympanic shield? Subtympanic shield merupakan lingkaran yang berada di bagian rahang iguana maupun bunglon. Dan lingkaran ini menyerupai telinga tapi juga bukan telinga.

gambar perbedaan iguana dan bunglon

gambar perbedaan iguana dan bunglon

Nah kalau dilihat dari gambar di atas, subtympanic shield bunglon lebih kecil dibandingkan subtympanic shield iguna yang terlihat lebih besar.

4. Antara Dewlap Bunglon dan Iguana


Yang keempat kalian bisa melihat ke arah dewlapnya. Apa sih dewlap itu? Dewlap yaitu gelambir yang ada di bagian bawah mulut. Dia tak bertulang dan biasanya akan membuka saat keadaan takut atau marah. Untuk dewlap iguana lebih besar daripada punya bunglon. Lihat foto no 3.

5. Spike


perbedaan iguana dan bunglon

Spike sama dengan duri yang menempel di tubuhnya. Biasanya spike bunglon hanya terlihat di bagian belakang kepala atau sekitar leher saja. Hal ini berbeda dengan spike iguana yang ada di seluruh punggungnya, namun untuk iguana bayi biasanya belum keluar.

Bandingkan gambar spike di bawah ini:

perbedaan iguana dan bunglon

perbedaan iguana dan bunglon


6. Perubahan Warna Iguana dan Bunglon


Iguana dan bunglon bisa berubah warna kulitnya, akan tetapi Iguana tidak bisa berubah secara langsung, ia akan berubah jika badannya bertambah  besar dan panjang. Sedangkan bunglon bisa berubah warna pada saat ada musuh yang mengincarnya atau saat ia sedang bersembunyi di balik daun hijau karena melindungi dirinya dari ancaman predator yang ingin memangsanya.

7. Ukuran Tubuh Iguana dan Bunglon juga Berbeda


perbedaan iguana dan bunglon
Foto iguana besar raksasa umur 2.5 tahun by FB Saiful Cmn Solo

Perbedaan yang terakhir inilah yang paling mencolok. Yaitu dari segi ukuran tubuh. Iguana dewasa bisa berukuran sampai 1-2 meter sedangkan bunglon dewasa hanya bertubuh kecil. Untuk Anakan iguana saja besarnya sepadan dengan bunglon dewasa. Hahaha

Baca juga: cara merawat iguana supaya cepat besar dan jinak

Baiklah itu saja perbedaan-perbedaan antara iguana dan bunglon, walaupun sebenarnya masih ada yang lainnya. Misalnya dari segi makanan dan habitat aslinya. Kalau bunglon makanannya serangga dan berasal dari Indonesia (Jawa) adapun iguana makan buah atau sayur dan berasal dari Amerika.

Tapi saya kira ketujuh daftar di atas sudah lebih dari cukup untuk membedakan bunglon dengan iguana. Silahkan dibagikan kepada yang lainnya, supaya mereka tahu bahwa yang kita pelihara bukanlah binatang murahan. xixi

0 Komentar 7 Perbedaan Mencolok Antara Iguana dan Bunglon

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top