Perbedaan Kelinci Jantan dan Betina yang Paling Menonjol

Perbedaan kelinci jantan dan betina- Kelinci merupakan salah satu makhluk ciptaan tuhan yang menggemaskan dan mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Sebab selain dijadikan sebagai binatang peliharaan, kelinci juga bisa dikonsumsi dan dimakan dagingnya. Biasanya yang dimakan adalah jenis kelinci pedaging sedangkan yang dipelihara jenis kelinci hias. Baca: pengertian dan perbedaan kelinci pedaging dan hias.

Sama halnya binatang lainnya kelinci juga hidup berpasangan-pasangan, ada yang jantan dan ada yang betina. Namun bagi pemula tentu belum faham bagaimana cara membedakan kelinci jantan dan betina, sebab jika dilihat secara sekilas mereka semua tampak sama. Baik dari sisi bulu, warna dan tubuh. Padahal sebenarnya kalau diperhatikan dengan teliti ada banyak perbedaan antara jenis kelinci jantan dan kelinci betina.

Nah di sini hobinatang.com akan memandu kalian tentang cara membedakan kelinci jantan dengan betina, entah yang dewasa atau saat dia masih kecil. Jadi perhatikan dengan baik supaya sobat tidak kesulitan lagi untuk membedakan mana yang jantan dan mana yang betina. Baik, apa saja sih perbedaan kelinci jantan dan betina?

Perbedaan Kelinci Jantan dan Kelinci Betina


Sebenarnya membedakan jenis kelamin kelinci tidaklah sulit, karena anda cukup melihat fisik kelinci dengan teliti dan jeli. Berikut kami ulaskan beberapa perbedaan kelinci jantan dan betina:

1. Ukuran Tubuh Kelinci Jantan dan Betina Berbeda


Perbedaan Kelinci Jantan dan Betina yang Paling Menonjol

Yups perbedaan pertama terletak pada besar dan berat tubuhnya. Bedanya tubuh kelinci jantan lebih kecil dan ringan dibandingkan kelinci betina. Tapi cara membandingkannya harus antara kelinci yang sejenis, misalnya antara tubuh kelinci anggora jantan dan betina, atau jenis lainnya. Yang jelas jangan menyamakan sama jenis kelinci yang berbeda.

Mengapa bisa demikian? Hal itu karena, kandungan lemak pada tubuh kelinci betina lebih banyak daripada punya jantan, terlebih lagi jika si betina sedang hamil. Maka berat badan dan ukuran tubuhnya semakin besar. Jadi silahkan sobat cermati besar tubuh keduanya sebelum membeli atau mengawinkan kelinci.

Baca juga: cara ternak kelinci yang baik untuk pemula

2. Jenis Kelamin Jantan dan Betina Beda


Perbedaan Kelinci Jantan dan Betina, gambar kelinci jantan
gambar kelinci jantan

Perbedaan yang kedua ada di bagian alat kelaminnya. Bagi kami cara ini adalah cara termudah untuk membedakan antara kelamin kelinci jantan atau betina. Pertama sobat harus mengambil kelincinya dan digendong seperti menggendong bayi. Kemudian perhatikan di area sekitar anus. (lihat gambar di atas)

Jika ada 2 benjolan (Testikel) yang menggantung berarti dia jantan, namun sebaliknya bila tidak ada 2 bola yang mengantung alias rata, itu tandanya dia kelinci betina/wanita. Selain itu kalian juga bisa melihat jarak antara alat kelamin dan anusnya. Untuk kelinci jantan umumnya jarak antara kelamin dan anus berjauhan sedangkan yang betina berdekatan.

Bagaimana cara mengetahui jenis kelamin kelinci yang masih kecil?

Nah untuk mengetahui perbedaan jenis kelamin anakan kelinci sobat perlu mencermatinya dengan jeli dan teliti. Karena kadang 2 bola (testikel) pada kelinci anakan tidak sejelas milik kelinci dewasa. Gimana, mudahkan? Baiklah saya berikan kesimpulan agar kalian tidak bingung:

Ciri-ciri kelinci jantan

Perbedaan Kelinci Jantan dan Betina

  • Ada 2 bola (testikel) di atas anusnya
  • Jarak kelamin dan anus jauh.

Ciri-ciri kelinci betina

  • Alat kelaminnya rata dan ada lubangnya
  • Jarak antara kelamin dan anus berjauhan.


3. Bentuk Kepala Kelinci


Perbedaan Kelinci Jantan dan Betina

Bentuk kepala kelinci yang berusia 3 minggu terlihat seperti balok/lonjong. Sedangkan kelinci betina memiliki bentuk kepala yang membulat, dan di bagian leher ada lipatan kulit serta bulu. Tapi sebetulnya untuk melihat perbedaan kelinci jantan dan betina hanya dengan menerapkan poin 1 dan 2 saja mungkin sudah bisa. So kalau kebingungan di poin 3 ini, diabaikan saja.

4. Pergerakan Kelinci Jantan dan Betina Juga Berbeda


Perbedaan Kelinci Jantan dan Betina

Jika sebelumnya adalah perbedaan dari segi fisik kelinci maka untuk yang ini dilihat dari segi karakteristiknya.

  • Kelinci jantan lebih agresif baik saat di dalam kandang maupun di luar.
  • Sedangkan kelinci betina lebih pendiam saat di luar kandang namun dia juga akan agresif jika sedang hamil atau menyusui anaknya.


5. Hormon


Setiap makhluk hidup pasti mengeluarkan hormon, begitu juga dengan si kelinci. Ia mengeluarkan hormon berupa urine. Biasanya kelinci jantan jika membuang urine selalu sembarangan dan tercecer kemana-mana dan baunya pun sangat menyengat. Berbeda dengan kelinci betina, dia mengeluarkan urine hanya pada satu tempat saja, dan fungsinya untuk menarik perhatian lawan jenis.

Nah itulah 5 cara membedakan kelinci jantan dan betina sesuai pengalaman pribadi dan dari beberapa situs yang membahas tema ini. Baiklah semoga dengan ini sobat tidak kesulitan lagi mengetahui perbedaan kelinci jantan dan betina. Sebab ternyata banyak perbedaan antara keduanya.

0 Komentar Perbedaan Kelinci Jantan dan Betina yang Paling Menonjol

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top