HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Jitu Membedakan Ikan Komet Jantan dan Betina

Perbedaan ikan komet jantan dan betina- Kami yakin kalian sudah tidak asing lagi dengan jenis ikan yang satu ini. Ya, ikan komet merupakan salah satu ikan hias air tawar yang sudah sangat dikenal dikalangan masyarakat, khususnya oleh pecinta ikan di Indonesia. Hal itu karena ia memiliki bentuk tubuh yang sangat cantik, unik dan elegan. Selain itu, ikan komet juga mudah dipelihara dan harganya pun relatif murah. Just Rp. 5.000 - 6.000 kalian sudah bisa membelinya.

cara Membedakan Ikan Komet Jantan dan Betina

Belakangan ini banyak orang-orang yang ingin membudidayakan ikan komet agar bisa meraup untung dari hobinya. Nah bagi kalian yang juga ingin membudidayakan atau beternak ikan komet maka langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah mencari indukan jantan dan betina yang berkualitas.

Namun buat para pemula pasti akan kesusahan dalam membedakan mana yang jantan dan mana yang betina. Oleh sebab itu di sini hobinatang.com akan berbagi tips jitu bagaimana cara membedakan ikan komet jantan dan betina supaya teman-teman di sini tahu perbedaan antara ikan komet jantan dan betina.

Cara Membedakan Ikan Komet Jantan dan Betina


Sekitar ada 5-6 perbedaan antara ikan mas komet jantan dengan betina. Berikut ciri-ciri komet jantan dan ciri ciri komet betina:

1. Tubuh Ikan Komet Jantan sama Betina Berbeda


cara Membedakan Ikan Komet Jantan dan Betina

Cara membedakan komet jantan dan betina yang pertama adalah dari segi ukuran tubuhnya. Umumnya ikan komet betina tubuhnya lebih besar dibandingkan yang jantan, sebab jantan lebih ramping dan tidak terlalu gemuk.

2. Bagian Sirip Komet Jantan dan Betina


cara Membedakan Ikan Komet Jantan dan Betina
Gambar Komet Betina Anakan

Perbedaan berikutnya ada di sisi siripnya. Ciri-ciri sirip komet jantan ialah terdapat benjolan yang menyerupai bintik-bintik jerawat kecil, dan jika diraba akan terasa kasar. Sedangkan untuk ciri-ciri sirip komet betina tidak ada benjolan bintik-bintiknya. Dan apabila diraba terasa halus.

3. Ekor Komet Jantan vs Betina


cara Membedakan Ikan Komet Jantan dan Betina
Foto ikan komet jantan

Untuk membedakan antara komet jantan dan betina, sobat bisa melihat bagian ekornya. Karena bentuk ekor jantan lebih memanjang dan terlihat menjuntai, sedangkan yang betina ekornya pendek dan tidak menjuntai.

4. Cairan Dari Lubang Kelamin


Salah satu cara paling mudah untuk membedakannya yaitu dengan menekan bagian perut bawah yang dekat dengan kelamin. Nah bila sobat memijat perutnya maka di daerah kelamin akan mengeluarkan cairan, dan jika cairan yang keluar adalah warna putih berarti ikan kometnya berjenis jantan, namun sebaliknya jika yang keluar orange/telur berarti betina.

5. Benjolan Dubur Ikan Komet


Keempat perbedaan di atas sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk bisa mengetahui mana yang jantan dan mana yang betina. Tapi tidak mengapa, saya akan berikan 1 perbedaan lagi yang paling mencolok. Apa itu?

Yaitu bentuk duburnya (pant*t). Kalau bentuknya lonjong berarti jantan, tapi kalau bulat berarti betina. Silahkan praktikan sendiri, dan cermati dengan seksama. Niscaya Anda akan menemukan banyak perbedaan antara komet jantan dengan betina. Oh iya, selain kelima di atas, warna komet betina dan jantan juga beda, yang jantan lebih terang tentunya. :)

Baca juga: Ikan Hias Cantik yang Mudah Dipelihara

Baiklah kami cukupkan pembahasan mengenai cara membedakan ikan komet jantan dan betina yang mudah dan tepat. Jika ada pertanyaan, masukan atau kritikan, bisa kalian tulis di kolom komentar. Admin di sini ramah-ramah kog, dan kradibel. :) Boleh dicopas asalkan menyertakan sumbernya. DMCA protected.

0 Komentar Cara Jitu Membedakan Ikan Komet Jantan dan Betina

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top