Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina Disertai Gambar

Cara membedakan ikan louhan jantan dan betina- buat yang sudah terjun atau sedang terjun di dunia perikanan tentu tidak asing lagi dengan yang namanya ikan louhan bahkan di tahun 2000-an ikan louhan sempat populer dan menjadi primadona bagi pecinta ikan sehingga untuk merawatnya pun harus membeli dengan biaya yang sangat mahal alias fantastis namun seiring berjalannya waktu ketenaran ikan louhan semakin merdu terutama saat memasuki tahun 2004-2005.

Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina
Foto louhan by Pinterest.com

Walaupun begitu tetap saja sampai sekarang louhan banyak digemari di kalangan masyarakat khususnya Indonesia. Hal itu disebabkan karena ikan louhan berbeda dengan ikan lainnya. Ya gerakan ikan louhan lebih elegan, menawan dan tampilannya juga cukup unik nan cantik. Yang pasti sampai sekarang pun ikan hias air tawar ini masih banyak dipelihara dan di budidayakan di rumah. Nah buat teman-teman di sini yang ingin membeli atau membudidayakan ikan louhan tentu harus tahu bagaimana cara membedakan louhan jantan dan betina.

Mungkin bagi para pemula cukup sulit untuk mengetahui mana ikan louhan yang jantan dan mana ikan louhan yang betina, sebab keduanya hampir mirip. hehe Tapi sob, jangan khawatir setelah nanti kalian membaca artikel yang akan saya tulis ini, Insya Allah kalian akan paham akan perbedaan louhan jantan dan betina baik ikan louhan yang sudah dewasa ataupun ikan louhan yang masih kecil. Oke bagaimana cara membedakan ikan louhan jantan dan betina?

Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina


Langkah termudah untuk mengetahui perbedaan louhan jantan dan betina ialah dengan melihat ciri-ciri fisik yang dimiliki oleh keduanya. Namun membandingkan fisik louhan yang masih kecil atau anakan juga tidak semudah membandingkan yang dewasa. Makanya hobinatang.com di sini memberi 6 perbandingan biar banyak pilihan. Baiklah apa saja?

1. Nonong Louhan Jantan dan Betina


Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina
Gambar ikan louhan jantan
Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina
Gambar louhan betina


Perbedaan pertama yang paling menonjol yaitu di bagian nonong (jenong) yang berada di atas kepala si louhan. Umumnya ukuran nonong ikan louhan jantan lebih besar dibandingkan nonong betina. Tapi untuk membedakannya kalian harus mencari yang seusia, dan tidak lebih tua atau lebih muda.

2. Bentuk Tubuh Louhan Juga Beda


Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina

Tips membedakan antara ikan louhan jantan dan betina yang kedua adalah dengan memperhatikan ukuran tubuhnya. Yang lebih besar adalah louhan jantan dan yang lebih kecil adalah louhan betina. Untuk mengukurnya sobat bisa melihatnya dari akuarium atau langsung diambil dengan jaring ikan. Kemudian cermati baik-baik mana yang lebih besar tubuhnya. Namun harus yang seumuran dan kalau bisa yang sudah besar.

3. Bentuk Perut Ikan Louhan


Sama seperti halnya membedakan jenis ikan lainnya, yakni dengan melihat perutnya. Jika perutnya ramping dan tidak gendut berarti ikan louhan tersebut berjenis kelamin jantan. Namun sebaliknya jika perutnya besar atau gemuk berarti dia itu betina. Bagaimana, mudahkan?

4. Melihat Alat Kelamin (Vent)


Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina

Mungkin cara yang keempat ini adalah cara yang paling mudah untuk membedakan louhan jantan dan betina daripada ketiga cara di atas. Louhan jantan ditandai dengan bentuk kelamin atau venting yang menonjol keluar dan lancip. Sedangkan untuk louhan betina ditandai oleh adanya kelamin yang berbentuk cekung atau agak bulat dan tidak begitu lancip. Biar lebih jelas, lihat gambar vent lohan jantan dan betina.

5. Cairan yang Keluar dari Organ Kelamin


Bila sobat sudah melakukan keempat cara di atas tapi belum bisa membedakan antara keduanya, maka sobat bisa memakai cara yang kelima ini. Bagi saya cara ini cukup ekstrim dan terkesan menyiksa, namun tidak masalah. hehe

Pertama sobat harus memijat perut louhan dewasa. Maka secara otomatis di bagian kelamin akan mengeluarkan cairan. Nah, jika cairan yang keluar berwarna putih berarti ikan sobat adalah jantan dan sebaliknya jika yang keluar berwarna kuning atau orange berarti ikan sobat adalah betina. Simple kan?

Itulah lima perbedaan ikan louhan jantan dan betina. Selain ciri-ciri fisik, bisa juga melihat dari segi karakter atau tingkah lakunya. Biasanya gerakan louhan jantan lebih agresif dan aktif daripada gerakan louhan betina yang terkesan lambat. Terus ada lagi cara yang paling ampuh sob, yaitu menanyakan langsung kepada penjualnya "Pak, louhan yang ini jenis kelaminnya apa ya?" "Itu laki Mas," "Oh, siip Pak, salam super". hehehe.

Demikianlah catatan dari kami tentang cara membedakan ikan louhan jantan dan betina. Semoga tulisan ini dapat membantu sobat dalam menentukan mana yang jantan dan betina. Terimakasih. Baca juga: Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara

0 Komentar Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina Disertai Gambar

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top