Cara Memotong Kuku Musang yang Paling Aman

Cara memotong kuku musang- Hai sob, salah satu resiko memelihara musang adalah dicakar. Kadang kita dicakar saat sedang bermain dengannya atau saat si musang naik ke atas pundak kita. Tapi sebenarnya sob, resiko ini bisa diatasi dengan cara memotong kuku musang yang tajam dan panjang.

Sehingga memotong kuku musang sudah menjadi kewajiban bagi para pemiliknya agar terhindar dari goresan kukunya saat digendong atau saat bermain dengannya. Nah di sini hobinatang.com akan pemandu kalian tentang bagaimana cara motong kuku musang yang baik dan benar serta aman dari infeksi atau yang lainnya. Tips ini berlaku untuk semua jenis musang, baik pandan, rase atau akar.

Cara Memotong Kuku Musang


Cara Memotong Kuku Musang
foto by: Dwi Afpd

Sebelumnya kami ingin menyarankan kepada kalian para pemula yang baru memelihara musang agar meminta bantuan teman saat memotong kuku musang. Apalagi buat yang memiliki musang belum jinak atau masih galak. Namun jika sudah terbiasa dan si musang pun sudah sangat jinak, silahkan lakukan sendiri sesuai urutan di bawah ini:

Baca juga: cara menjinakkan musang dengan cepat

1. Menyediakan Alat Potong Kuku Musang


Yups pertama yang harus sobat lakukan adalah menyiapkan alat-alat untuk memotong kuku musang seperti, gunting kecil atau boleh juga menggunakan pemotong kuku yang ukurannya kecil. Lalu menyediakan juga sarung tangan untuk menghindari gigitan musang yang masih galak dan juga tisu untuk membersihkan kukunya.

2. Langkah Memotong Kuku Musang


Cara Memotong Kuku Musang

Nah jika perlengkapan di atas sudah terpenuhi maka selanjutnya adalah proses pemotongan kuku musangnya.

  • Pertama gunakanlah sarung tangan tebal terlebih dahulu sebelum kalian mengambil musang di dalam kandangnya.
  • Mintalah bantuan kepada teman kalian agar membantu memegang musang, namun jika si musang sudah jinak dan kalian sudah terbiasa memotong kukunya maka bisa dilakukan dengan sendirian.
  • Ketiga keluarkan musang anda secara perlahan-lahan dari kandangnya. Caranya adalah, pegang leher musang menggunakan tangan kanan dan pegang pangkal ekor musang memakai tangan kiri. Apabila musang memberontak dan hendak menggigit, maka sobat eratkan genggamannya tapi jangan menyakiti atau melukainya.
Cara Memotong Kuku Musang
  • Gendong musang dengan baik biar dia merasa nyaman. Bila sudah nyaman, balikan badannya sampai perut musang menghadap ke atas.
  • Bersihkan kuku menggunakan tisu basah.
Cara Memotong Kuku Musang
  • Lalu, sobat potong kukunya dengan baik dan benar. Atau bisa juga meminta bantuan kepada teman sobat untuk memotong kan kuku musangnya. Lihat gambar di bawah ini:
Cara Memotong Kuku Musang
The picta keramba (kerabat musang Bjb)
  • Usahakan saat memotong kuku jangan terlalu dalam sehingga mengenai daging kukunya. Karena hal itu sangat membahayakan musang Anda. Baik terkena infeksi atau bakteri penyakit lainnya.
  • Cara memotong kuku musang yang Terakhir adalah mengembalikannya ke dalam kandang lalu memberinya makan dan minum. Supaya kondisi musang kembali tenang dan rileks.
Cara Memotong Kuku Musang

Baik demikianlah tutorial lengkap cara memotong kuku musang yang aman bagi para pemula. Semoga ulasan kami ini bermanfaat buat para musang lovers di Indonesia. Salam wangi, terima kasih. [DMCA protected, silahkan sertakan sumber jika ingin copy paste tulisan kami ini] Perhatian: Semua gambar yang ada di artikel ini diam dari grup facebook musang lover Indonesia.

0 Komentar Cara Memotong Kuku Musang yang Paling Aman

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top