HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Menjinakan Kucing Anggora yang Galak Paling Ampuh

Cara menjinakan kucing anggora- Tujuan dari memelihara kucing adalah supaya dia mau menuruti majikan sehingga bisa diajak bermain dan berinteraksi. Namun sayangnya tidak semua kucing itu jinak kepada pemiliknya, sebab ada juga jenis kucing yang galak dan memberontak apabila dipegang. Salah satu jenis kucing tersebut adalah kucing anggora yang sudah besar, biasanya kasus ini terjadi apabila sobat membeli kucing anggora yang liar atau yang sudah dewasa.

Cara Menjinakan Kucing Anggora yang Galak

Tapi sobat jangan khawatir atau terlalu memikirkan permasalahan ini, karena kebetulan sekali hari ini hobinatang.com sedang bersemangat untuk berbagi informasi terkait cara cepat menjinakan kucing anggora sesuai dengan pengalaman-pengalaman para member di grup-grup facebook. Kata mereka, "Walaupun kucing anggora terlihat ganas dan menakutkan namun sebenarnya dia mudah dijinakan. Yang penting kuncinya sobat harus sabar dan mengikuti langkah-langkahnya".

Lalu apa saja tahapan yang harus kalian lakukan supaya kucing anggora sobat jinak dan nurut? Bagaimana cara menjinakkan kucing galak?

Cara Menjinakan Kucing Anggora yang Galak


Setidaknya ada 7 tips yang paling baik dan benar untuk menjinakkan kucing:

1. Mengenalkan Kepada Lingkungan Barunya


Cara Menjinakan Kucing Anggora yang Galak

Tips cara pertama adalah sobat harus mengenalkan kucing terhadap tempat tinggalnya yang baru. Setelah sobat membeli kucing, sebaiknya jangan langsung diletakkan di kandang namun bawalah ia keliling rumah agar si kucing tersebut mengenal keadaan sekitar. Disarankan juga supaya kucing anggoranya tidak diletakkan di tempat-tempat yang bising, ramai atau kondisi yang buruk. Sebab kucing yang baru dibeli rentan gelisah, panik dan stres.

Selain itu Kalian juga bisa memperkenalkan dengan mesin cuci, penghisap debu, kipas angin atau benda-benda bising lainnya, supaya saat di dalam kandang si empus tidak kaget dengan suaranya.

2. Sering Berinteraksi dengan Kucing


Cara Menjinakan Kucing Anggora yang Galak

Pribahasa mengatakan tidak kenal maka tidak sayang. Maka untuk menjinakkan kucing kalian harus sering mengajaknya berinteraksi baik itu dengan menyentuh, mengelus bulunya atau mengajaknya bicara dan kalau bisa si kucing sudah diberikan nama yang mudah diingat dan diucapkan. Tapi jika kalian takut dicakar atau digigit, kalian bisa menggunakan sarung tangan lengan panjang dan celana panjang.

Setelah semuanya siap, sekarang tinggal mengatur jadwal tetap supaya rutinitas tersebut berjalan konsisten. Intinya selalu diajak bicara dengan menyebut namanya sampai dia benar-benar hafal namanya sendiri. Kemudian saat si kucing sudah mulai merasa nyaman sobat bisa langsung mengajaknya bermain atau duduk bersama.

Baca: 100 Daftar Nama Hewan Peliharaan yang Lucu

3. Memberi Makan Kucing Anggora Secara Teratur


Cara Menjinakan Kucing Anggora yang Galak

Memberi makan secara teratur merupakan poin terpenting dalam proses penjinakan kucing ras anggora. Hal itu disebabkan karena semakin anda sering memberi makan maka ketergantungan kucing kepada anda semakin lekat sehingga si kucing pun tidak berani melawan anda dan otomatis dia akan nurut dan patuh terhadap anda. Namun sebaliknya apabila kalian membiarkan kucing terlantar dan sering kelaparan maka dia pun akan semakin liar bahkan saat dalam keadaan lapar si kucing bisa memakan apa saja yang ia temukan. Entah itu tikus ular atau makanan berpenyakit lainnya.

Baca: Bahaya Kucing Makan Tikus

Selain makanan, sobat juga harus memberikan minuman berupa susu atau yang lainnya. Oh iya jangan lupa juga untuk memanggil namanya saat kalian memberi makan. Lalu kapan waktu yang tempat untuk memberi makan kucing? Waktu yang bagus adalah pagi, siang dan sore, 3x sehari.

4. Mengajak Jalan-Jalan dan Sering Bercanda dengan Kucing


Cara Menjinakan Kucing Anggora yang Galak

Sebenarnya poin Keempat ini sama halnya dengan yang kedua, hanya saja yang ke-4 ini bukan hanya disentuh tapi diajak keluar rumah. Jika sobat sering mengajaknya bercanda, dielus, diajak keluar ke halaman atau diajak jalan-jalan saat carfreeday maka akan mengeratkan hubungan antara kalian dengan kucing.

5. Melatih si Kucing ke Toilet


Cara Menjinakan Kucing Anggora yang Galak

Melatih kucing anggora ke toilet saat buang air kecil ataupun besar juga sangat penting untuk dilakukan. Pertama sobat harus mengenali dulu pola keseharian si kucing, biasanya ia akan buang kotoran 15-30 menit setelah makan tapi semua tergantung pada karakter kucing kalian masing-masing, yang jelas amati dan cermati pola kebiasaannya dengan baik. Setelah kalian mengetahui kebiasaannya maka langkah terakhir sobat harus membawa si puspus ke toilet sebelum dia membuang kotorannya atau bisa juga menyiapkan tempat khusus untuk membuang kotoran.

6. Meningkatkan Kepercayaan Diri Kucing Anggora


Cara Menjinakan Kucing Anggora yang Galak

Selain melatih berinteraksi, sobat juga perlu memberikan kepercayaan diri padanya. Jangan sekali-kali kalian membentaknya, memelototinya, memarahinya atau berbuat kasar padanya. Kalau bisa dibelai bulunya secara halus, lembut dan pelan. Serta berikan perhatian khusus untuknya.

7. Sabar dan Jangan Takut


Teknik terakhir menjinakkan kucing anggora yang galak adalah dengan kesabaran dan jangan pernah takut dicakar atau digigit kucing. Tidak ada hasil tanpa dibarengi kesabaran, toh nanti Anda sendiri yang akan memetik hasilnya. Pribahasa mengatakan, "Usaha tak kan pernah mengkhianati hasil".

Nah itulah cara menjinakan kucing anggora agar nurut pada majikan dan sebenarnya ulasan ini berlaku untuk semua jenis kucing yang galak entah itu Persia kucing kampung atau jenis kucing lainnya. [boleh copy paste asalkan menyertakan sumber link artikel ini DMCA protected]

0 Komentar Cara Menjinakan Kucing Anggora yang Galak Paling Ampuh

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top