HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Memelihara Ikan Arwana Yang Baik Bagi Pemula

Cara memelihara ikan arwana- Ikan arwana merupakan salah satu Ikan hias air tawar yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Ikan ini memiliki bentuk elegan dan warna yang indah sehingga akan memanjakan mata pemiliknya. Terlebih lagi apabila ditaruh di dalam aquarium dan diberi lampu di atasnya.

Jika sobat ingin memelihara ikan arwana, sobat harus memiliki uang yang cukup sebab harga ikan ini tergolong mahal. Tapi tentu itu semua tergantung pada jenisnya masing-masing. Kalau anda membeli ikan arwana jenis silver mungkin sedikit lebih murah, hanya berkisar Rp.60.000 sampai Rp90.000 (arwana anakan). Sedangkan untuk jenis golden red dan super red bisa sampai berjuta-juta tergantung pada kualitas corak warnanya.

Lalu bagaimana tips perawatan ikan arwana yang baik bagi pemula? Perlu kalian ketahui bahwa merawat ikan arwana itu lebih sulit daripada merawat ikan air tawar pada umumnya. Karena membutuhkan perhatian khusus dan penjagaan super ketat, hal itu dilakukan agar ikan kesayangan anda tidak terserang penyakit yang akhirnya bisa mati. Sayangkan kalau ikan mahal terus mati???

Baiklah berikut langkah-langkah tepat memelihara ikan arwana khususnya bagi para pemula.

Cara Memelihara Ikan Arwana Yang Baik


Cara Memelihara Ikan Arwana Yang Baik Bagi Pemula
Pinterest.com

Ikuti tahapan-tahapan memelihara arwana di bawah ini supaya ikan sobat terjaga kesehatannya dan memiliki warna yang indah serta mencolok:

1. Menyediakan Tempat Untuk Ikan Arwana


Cara Memelihara Ikan Arwana Yang Baik Bagi Pemula

Jika kalian merawat ikan arwana maka yang pertama harus kalian lakukan adalah menyediakan wadah untuknya. Umumnya orang orang menggunakan aquarium. Karena lebih simple dan bisa mempercantik ruangan. Namun perlu diingat bahwa ikan ini memiliki pertumbuhan cepat maka kalian pun harus menyediakan ukuran yang ideal paling tidak panjang 1,5 meter, tinggi 60cm, dan lebarnya 75 cm.

Saat memelihara ikan arwana di dalam akuarium, kalian harus memperhatikan penempatannya. Jangan diletakkan di tempat-tempat yang terlalu bising dan ramai sebab akan mengakibatkan si ikan stress. Selain itu temperatur dan PH airnya juga mesti diatur. Idealnya temperatur air yang bagus berkisar 26 sampai 30 derajat Celcius dan untuk PH airnya kira-kira 5,6 atau 8 saja.

2. Menambahkan Perlengkapan Akuarium


Cara Memelihara Ikan Arwana Yang Baik Bagi Pemula

Agar kondisi dan kebersihan air tetap terjaga maka sobat wajib menambahkan aksesoris-aksesoris lainnya seperti aerator, filter, lampu TL dan bila perlu ditambahkan heater.

  • Aerator berfungsi untuk menyuplai udara dari dalam aquarium sehingga oksigen di dalamnya tetap terjaga.
  • Filter berfungsi sebagai penyaring kotoran atau sisa-sisa makanan dari Arwana, sehingga kebersihan airnya terjaga dan sekaligus dapat membersihkan bakteri-bakteri yang ada di dalamnya.
  • Lampu TL berguna untuk mempercantik aquarium saat siang atau malam hari. Selain itu juga berguna sebagai pengganti sinar matahari apabila di dalamnya terdapat tumbuhan air (aquascape). Untuk akuarium seluas 80x40 cm bisanya memakai lampu TL 20 Watt.
  • Adapun Heather biasanya digunakan untuk menormalkan temperatur suhu airnya sehingga akan menenangkan ikan arwana.
Nah itulah perlengkapan-perlengkapan yang harus sobat sediakan. Disarankan supaya tidak terlalu banyak memberi aksesoris di dalam wadah akuarium, karena akan mempersempit ruangan dan membuat pergerakan ikan semakin terbatas.

3. Menjaga Kualitas Air Akuarium


Cara Memelihara Ikan Arwana Yang Baik Bagi Pemula
Flickr.com

Cara memelihara ikan arwana selanjutnya adalah menjaga kualitas air agar tetap bersih dan jernih. Untuk mengisinya sebaiknya diendapkan lebih dulu minimal satu hari sebelum digunakan. Anda juga tidak perlu memberikan hiasan-hiasan dalam akuarium, agar ikan bisa lebih leluasa dalam bergerak. Jika anda ingin menambah keindahan akuarium ini, lengkapi saja dengan pompa ataupun Aerator serta saringan sebagai sirkulasi air sekaligus pemberian oksigen seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Air yang kotor dan tidak jernih akan menyebabkan tumbuhnya bakteri penyakit berbahaya sebagaimana sudah dijelaskan di dalam artikel, jenis penyakit ikan arwana yang berbahaya dan obatnya.

4. Makanan Ikan Arwana Menyehatkan


Cara Memelihara Ikan Arwana Yang Baik Bagi Pemula

Makanan merupakan syarat utama bagi setiap makhluk untuk tetap bertahan hidup. Oleh sebab itu teman-teman harus jeli dalam memilihkan makanan yang baik untuknya. Arwana adalah tergolong ikan predator, artinya dia bisa memakan ikan kecil, jangkrik, kecoa, cacing beku, kata kecil dan lain sebagainya. Lebih lengkapnya silakan baca: makanan kesukaan ikan arwana.

5. Memilih Anakan Ikan Arwana


Cara Memelihara Ikan Arwana Yang Baik Bagi Pemula
Flickr.com

Bagi anda yang ingin membeli anakan ikan arwana baiknya mencari yang sehat, mempunyai ukuran besar dan licah. Umumnya ikan arwana di pasaran berukuran 10-12 cm dan untuk harga tergantung pada jenisnya masing-masing. Tentang perawatan anakan ikan arwana sudah kami bahas di artikel: cara merawat ikan arwana anakan agar cepat besar.

Itulah penjelasan lengkap terkait cara memelihara ikan arwana dengan benar bagi pemula. Inti dari itu semua adalah disiplin, rutin dan perhatian. Baik dalam memberi makan, menguras air, atau mengobati saat terserang penyakit. Sekian dari kami semoga bermanfaat buat yang membutuhkannya.

0 Komentar Cara Memelihara Ikan Arwana Yang Baik Bagi Pemula

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top