Makanan Arwana Agar Sisiknya Cepat Merah

Makanan arwana agar cepat merah- Memunculkan warna merah pada sisik ikan arwana memang tidak mudah. Kebanyakan orang beranggapan jika membeli anakan arwana yang berwarna merah lalu dibesarkan dalam akuarium setelah tumbuh besar warna merah bisa memenuhi seluruh tubuhnya. Apalagi direlakan menunggu hingga beberapa tahun dan ternayata tidak terlihat ada perubahan warna merah dibagian tubuhnya secara penuh.

Padahal faktanya bila kita memelihara ikan arwana grade 1.5 ataupun 2, jangan berharap adanya perubahan pada warna merah secara signifikan seperti harapan sobat. Banyak sekali penamaan jenis arwana merah. Diantaranya arwana super red, arwana merah cabai dan arwana merah darah.

Ada banyak faktor bisa meningkatkan warna merah pada bagian tubuh arwana. Diantaranya adalah keturunan dan adanya paparan sinar matahari, namun sayangnya para hobis sekarang lebih memilih menaruh akuariumnya di dalam rumah dan parahnya lagi tidak dipasang lampu TL. Jadi, aquarium jauh dari jangkauan sinar matahari.

Faktor lainnya untuk membantu menambah warna merah ikan arwana merah ialah dengan pemberian makanan arwana. Agar ikan arwana cepat merah sebaiknya berikan makanan-makanan di bawah ini.

Makanan Arwana Agar Cepat Merah


Makanan Arwana Agar Sisiknya Cepat Merah

Setidaknya ada 2 jenis makanan ikan arwana agar cepat merah alias yang dapat membantu meningkatkan kekuatan warna merah di tubuhnya.

1. Makanan Udang


Makanan Arwana Agar Sisiknya Cepat Merah

Supaya warna merah arwana bisa ditingkatkan, berikan pakan udang untuknya, karena dalam udang terdapat kandungan karotenoid. Namun harus diperhatikan bila anda memberi makan berupa udang, buanglah bagian kepalanya/sungut agar bagian tajamnya tidak bisa melukai ikan sobat.

2. Cacing yang Mengkonsumsi Wortel


Makanan Arwana Agar Sisiknya Cepat Merah

Di dalam wortel mengandung zat pencerah warna atau disebut dengan betakaroten. Zat itu bagus untuk mencerahkan warna merah pada bagian seluruh tubuh Arwana. Tapi sayangnya ikan arwana bukanlah herbivora (pemakan tumbuhan) melainkan karnivora, sehingga dia pun tidak bisa menyantapnya secara langsung.

Oleh sebab itu untuk mensiasatinya yaitu dengan cara memberi makan cacing berupa wortel dan setelah si cacing mengkonsumsi wortel maka cacing tersebut dipakai untuk bahan pakan ikan arwana. Sebenarnya sih cara ini tidak ada jaminan berhasil memerahkan seluruh tubuh Arwana, namun tidak ada salahnya jika kita mencoba.

3. Jangkrik dan Kelabang


Makanan Arwana Agar Sisiknya Cepat Merah

Makanan Arwana agar cepat merah berikutnya adalah jangkrik dan kelabang. Langkahnya sama seperti poin nomor 2. Yaitu dilakukan dengan proses pemberian pakan wortel pada kedua binatang ini (jangkrik & kelabang).

Caranya ialah dengan masukkan wortel di dalam kandang jangkrik ataupun kelabang. Lalu biarkan serangga itu makan wortel. Setelah seharian makan wortel, anda bisa langsung masukkan kelabang ataupun jangkrik di dalam akuarium arwana. Meskipun membutuhkan proses yang lama, namun cara ini hasilnya cukup bagus.

Selain faktor pakan, keindahan sisik pada ikan arwana juga bisa dipengaruhi dengan mutu air yang ada dalam akuarium. Ikan arwana sangat suka dengan air yang sesuai terhadap habitat aslinya. Ikan arwana di alam bebas lebih menyukai air yang bersifat lembut dan memiliki kadar keasaman (pH) sekitar 6-6,5. Disertai kadar kesadahan gH atau (general hardness) kira-kira 8, bersuhu 260C-300C, disertai sedikit mengandung mineral di dalamnya.

Selain itu, semakin tinggi kadar gH air akuairum tempat arwana dipelihara, maka akan semakin mempercepat tahap pertumbuhannya. Tapi derajat gH yang sangat tinggi akan berdampak pada warna arwana yang lebih cenderung pudar ataupun pucat ketika mencapai fase dewasa, berukuran 35—45 cm.

Baca juga: cara mengatasi sisik ikan arwana lepas

Begitulah penjelasan lengkap terkait menu makanan arwana agar cepat merah sisiknya secara penuh. Jika sobat memiliki pengalaman yang berbeda, silahkan berkomentar di kolom komentar yang sudah tersedia di bawah ini. Berbagilah kepada sesama komunitas pecinta, Arwana niscaya engkau akan dihargai. :)

0 Komentar Makanan Arwana Agar Sisiknya Cepat Merah

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top