4 Cara Mancing Ikan Nila Yang Susah Makan (Sudah Terbukti)

Cara mancing ikan nila yang susah makan- Nila merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang bisa dijumpai di sungai-sungai, di kolam, di rawa atau di waduk. Dari segi rasa tidak diragukan lagi, nila adalah ikan konsumsi yang bercita rasa sedap, gurih dan bergizi. Jadi wajar kalau nila banyak dicari oleh masyarakat terkhusus para pecinta mancing.

Bagi kami hampir semua jenis ikan nila mudah dipancing, entah itu nila gips, nila batu, nila merah, nila oscar atau jenis nila lainnya. Hal itu karena dia sangat rakus, sehingga apapun umpan yang kita lempar bisa disambar. Namun meski begitu ada juga sebagian ikan nila yang mogok makan alias malas makan.

Tentu saja keadaan seperti itu kerap dijumpai oleh pemancing dan membuat jengkel. Tapi tenang sob, hobinatang.com akan berbagi tips dan trik kepada kalian semua tentang bagaimana cara memancing ikan nila yang mogok makan. Cara yang akan dibagikan ini sudah banyak dipraktikan oleh mancing mania dan terbukti ampuh dan jitu.

Cara Mancing Ikan Nila yang Susah Makan


Cara Mancing Ikan Nila Yang Susah Makan

Inilah tips mudah mancing ikan nila yang susah makan dan mogok makan:

1. Mengganti Racikan Umpan Ikan Nila yang Disukainya


Cara Mancing Ikan Nila Yang Susah Makan

Mungkin salah satu penyebab ikan nila malas makan adalah karena bosan dengan umpan yang diberikan sobat saat ini. Jadi cobalah memakai racikan lainnya yang lebih disukai oleh nila. Saya akan membagikan salah satu resep umpan nila paling ampuh. Pertama sediakan bahan-bahan di bawah ini:

  • 5 butir telur bebek
  • 2 ekor ikan kembung (dikukus terlebih dahulu)
  • 5 shet vanili
  • 1 kg udang rebon (cuci dulu dan dijemur sampai kering)
  • 1/4 kg tepung tapioka
  • 1/4 tepung yang buat roti
  • Kalau ada essen lebih bagus.

Proses pembuatan racikan umpan nila:

Cara Mancing Ikan Nila Yang Susah Makan

  • Masukan tepung tapioka dan roti ke dalam wadah, lalu aduk sampai rata
  • Kemudian blender udang rebon sampai halus, lalu masukkan ke dalam adonan tepung bersamaan dengan 5 butir telur bebek (telurnya di pecah dulu ya sob) dan aduk aduk aduk (ditambah essen lebih bagus)
  • Terakhir masukan vanili bersama ikan kembung matang, setelah itu kukus.
  • Sekarang tinggal masukkan ke dalam plastik roti seperti gambar di atas.
Untuk alternatif umpan nila liar yang berukuran besar, Anda juga bisa menggunakan cacing sawah/tanah, kroto dicampur pelet dan lumut parit atau sungai. Ketiga pakan tersebut terbukti disukai oleh ikan nila liar yang besar. Tapi saya sendiri lebih suka menggunakan umpan racikan di atas, sebab terdapat aroma amis yang bisa menarik perhatian nila.

2. Membuat  Kondisi Air Menjadi Keruh


Cara Mancing Ikan Nila Yang Susah Makan

Jika sudah mencoba mengganti umpan tapi masih tetap gagal, sobat bisa memakai cara yang kedua ini. Buatlah kondisi air sungai atau danau menjadi keruh. Supaya ikan berani mendekati umpan kita. Untuk mengerukan, kalian bisa memanfaatkan joran yang sedang dipakai.

3. Jangan Melempar Pancing Terlalu Kencang


Cara Mancing Ikan Nila Yang Susah Makan

Cara mancing nila yang tidak mau makan berikutnya ialah mengatur lemparan kail. Lemparkan pancing jauh-jauh dari tempat anda memancing, hal ini berguna agar anda leluasa menggerakan joran pancing. Tapi ingat, jangan melempar pancing terlalu keras karena akan mengagetkan si nila sehingga akan membuatnya kabur dan tidak bisa dipancing.

4. Gunakan Bandul yang Tidak Terlalu Besar


Bandul yang terlalu besar justru akan membuat si ikan jadi kaget dan akhirnya pergi. Lemparkan saja joran di dekat grombolan nila, biarkan umpan masuk ke dalam kolam lalu tarik perlahan. Tunggu sampai disambar.

Baca juga: Umpan Jitu Mancing Ikan Guram

Itulah 4 langkah yang bisa anda coba untuk dipraktekan saat memancing nila yang sedang tidak nafsu makan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semua, khususnya yang sedang memancing ikan nila yang susah makan. [DMCA protected, jangan dicopas kecuali menyertakan sumbernya]

0 Komentar 4 Cara Mancing Ikan Nila Yang Susah Makan (Sudah Terbukti)

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top