5 Cara Menghilangkan Kutu Anjing Paling Efektif

Cara menghilangkan kutu anjing- Hai sob, tahukah Anda bahwa kutu merupakan parasit kecil yang menyebalkan sekaligus menggelikan. Biasanya kutu dijumpai di tempat-tempat yang berbulu atau berambut seperti anjing dan kucing. Selain itu dia juga bisa berkembang pesat saat musim panas tiba. Karena suhunya berubah menjadi hangat.

Nah buat siapa saja pasti akan sangat marah bila anjingnya dihinggapi kutu. Bagaimana tidak? Kutu anjing merupakan pengganggu terbesar. Mereka bisa membawa efek buruk bagi anjing itu sendiri. Mulai dari bentol-bentol saat digigit si kutu, kerontokan bulu anjing atau korengan saat digaruk dan juga dapat mengakibatkan dia stress. Oleh sebab itu di sini hobinatang.com akan berbagi tips kepada teman semua terkait cara mengobati kutu anjing paling jitu.

Cara Membasmi Kutu Anjing Paling Efektif


Cara Paling Efektif Menghilangkan Kutu Anjing

Metode menghilangkan kutu anjing bisa dengan memakai obat-obatan atau secara alami (pengobatan secara alamiah). Yang jelas di bawah ini sudah kami rangkum berdasarkan cara paling ampuh untuk mengusir kutu anjing.

1. Memakai Obat Semprot Anti Kutu


Cara Paling Efektif Menghilangkan Kutu Anjing

Untuk menghilangkan kutu anjing sobat bisa menggunakan obat semprot anti kutu baik dalam bentuk botol maupun aerosol. Diusahakan untuk memilih obat anti kutu yang mengandung adulticide. Supaya hasilnya lebih maksimal membasmi sampai ke telur telurnya.

Tapi ada hal yang perlu kalian perhatikan saat memakai obat kutu anjing. Yaitu jangan menyemprotkan ke bagian yang sensitif seperti wajah, mata, hidung dan telinga. Untuk berhati-hati sebaiknya menyemprotkan di atas sarung tangan lalu diusapkan secara merata ke tubuh anjing tanpa mengenai wajah. Selalu mematuhi peraturan peraturan yang sudah tertulis di kemasan obat.

2. Memberi Shampoo Kutu Anjing


Cara Paling Efektif Menghilangkan Kutu Anjing

Cara kedua untuk menghilangkan kutu anjing yaitu dengan memandikan anjing menggunakan shampo anti kutu. Shampo tersebut bisa kalian beli di petshop terdekat. Dan umumnya shampo anjing mengandung zat piretrin (semacam zat kimia) yang mampu membasmi kutu-kutu sampai ke akar-akarnya. Bagaimana langkah-langkahnya?

  • Pertama-tama siram anjing kalian dengan air hangat.
  • Kemudian letakkan shampo anjing di atas telapak tangan yang sudah dilapisi saputangan.
  • Setelah itu usapkan shampoo tersebut pada bulu anjing lalu pijat-pijat sampai merata ke seluruh tubuhnya.
  • Biarkan shampoo melekat di tubuhnya hingga 6-10 menit.
  • Terakhir bilas menggunakan air bersih. Dan keringkan menggunakan hair drayer.


3. Memakai Bedak Anti Kutu Anjing


Cara Paling Efektif Menghilangkan Kutu Anjing

Fungsi bedak anti kutu sama halnya seperti obat semprot. Kalian bisa membelinya di toko hewan atau toko aksesoris anjing. Penggunaannya cukup mudah, kalian hanya perlu menaburkan bedak di atas telapak tangan lalu diusapkan ke seluruh tubuh anjing dari kepala sampai ke ekor. Lebih lengkapnya kalian bisa baca panduan-panduannya di kemasan bedak.

4. Memakai Lemon


Cara Paling Efektif Menghilangkan Kutu Anjing

Jika ketiga cara di atas menggunakan bahan kimia. Maka kali ini kita akan mencoba memakai obat-obatan alami seperti lemon. Perlu sobat ketahui bahwa buah lemon mengandung zat asam yang kuat. Sehingga apabila terkena kutu anjing bisa membuatnya mati atau minimal merasa tidak nyaman. Adapun cara pemakaiannya yaitu:

  • Sediakan panci, lemon, sisir dan sponge.
  • Masukkan air putih dan lemon ke dalam panci, lalu rebus selama 10 menit.
  • Jika sudah, biarkan rebusan tadi semalaman dan paginya bisa langsung digunakan untuk mandi si anjing.

Note: kalau anjing anda tipenya berbulu pendek seperti pitbull, bisa langsung disikat bersama air lemon. Namun Kalau anjing Anda berbulu lebat seperti golden retriever atau siberian husky, maka bisa memakai sponge agar bulunya tidak rusak.

5. Memakai Cuka dan Spray


Cara Paling Efektif Menghilangkan Kutu Anjing

Disamping dapat membunuh kutu dan telur kutu. Cuka juga dapat menyehatkan tubuh dan bulu anjing. Anda bisa mengkombinasikan dengan semprotan spray atau bisa juga langsung disiram menggunakan gayung. Untuk 1 liter air cukup diisi dengan 1 sendok cuka. Kemudian siram atau semprot secara merata ke seluruh tubuhnya, kecuali mata, wajah dan hidung.

Baca juga: cara merawat siberian husky yang baik dan benar

Nah itulah kelima cara menghilangkan kutu anjing paling efektif dan ampuh. Semoga sharing dari kami ini bermanfaat buat teman-teman semuanya. Terkhusus untuk Dog lovers di Indonesia. Sekian terima kasih.

0 Komentar 5 Cara Menghilangkan Kutu Anjing Paling Efektif

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top