HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

7 Cara Merawat Mini Pom Pomeranian Yang Benar Untuk Pemula

Cara merawat mini pom atau pomeranian- di Indonesia, mini pom termasuk daftar jenis anjing peliharaan paling lucu imut dan populer. Sehingga banyak dirawat dan dipelihara oleh dog lovers. Menurut kebanyakan hobiis, pomeranian atau mini pom ini sangat cocok dijadikan teman bermain. Sebab dia sangat bersahabat dan memiliki kepribadian suka bermain serta jalan-jalan (sangat aktif).

Habitat aslinya adalah Jerman dan Polandia. Adapun ciri-ciri fisiknya yaitu, bertubuh kecil tapi berbulu lebat. Di bagian lehernya terdapat bulu lebat menyerupai singa, mempunyai moncong kecil dan warnanya bervarian, ada mini pom putih, merah, krem, biru, hitam atau orange. Bagaimana, bagus kan? Apakah kalian tertarik untuk merawat anjing pomeranian?

Bila sobat tertarik, maka harus tahu bagaimana cara merawat puppy mini pom yang baik dan benar. Agar mereka tumbuh dengan sehat dan tetap cantik sampai dewasa.

Cara Merawat Mini Pomeranian


Cara Merawat Mini Pom Pomeranian Yang Benar Untuk Pemula

Merawat mini pom yang paling susah adalah saat masih kecil atau baru lahir usia 2 bulan, 3 bulan atau 4 bulan. Karena membutuhkan perhatian khusus dibandingkan minipom yang sudah dewasa. Baiklah berikut tips perawatan minipom yang harus kalian lakukan:

1. Komitmen Untuk Merawat Pomeranian


Cara Merawat Mini Pom Pomeranian Yang Benar Untuk Pemula

Pertama Anda harus komitmen dalam memelihara minipom. Tidak boleh patah semangat di tengah jalan atau membiarkan dia terlantar di pinggir jalan. Karena biasanya orang-orang hanya semangat memelihara hewan peliharaan di awal-awal saja, namun saat sudah bosan dia membiarkan tanpa mempedulikan perawatan dan kebersihannya lagi.

Jadi sebaiknya Anda berpikir dahulu sebelum merawat anjing mini pom. Apakah anda siap menemaninya bermain? Apakah anda memiliki waktu luang untuk melatihnya? Apakah anda siap memberi makan? Apakah anda siap memandikannya? Dan masih banyak lagi resiko-resiko yang harus dihadapi saat memelihara mini pom.

2. Menyediakan Mini Pom Tempat Tinggal (Kandang)


Cara Merawat Mini Pom Pomeranian Yang Benar Untuk Pemula

Setiap makhluk hidup pasti membutuhkan tempat tinggal untuk kelangsungan hidupnya. Begitu juga dengan mini pom, jika sobat tidak ingin anjingnya berkeliaran bebas di luar rumah. Maka sobat harus membelikan atau membuat kandang khusus untuk mini pom.

Usahakan kandangnya harus layak pakai misalnya:

  • Tidak terlalu sempit
  • Jauh dari kebisingan
  • Jauh dari hewan buas
  • Terdapat sirkulasi udara yang cukup
  • Dan pastikan anjing bisa bergerak bebas di dalamnya.
Dianjurkan agar di dalam kandang terdapat aksesoris-aksesoris penting seperti selimut, bantal, tempat kotoran dan lain-lain. Itu semua bisa memberi kehangatan bagi minipom selamat beristirahat. Oh iya, pastikan kebersihan kandang selalu dijaga. Bersihkan minimal 2 kali sepekan. Karena biasanya anjing mini pom masih suka buang air kecil atau besar sembarangan, terlebih lagi buat anjing mini pom yang baru lahir atau anakan. Sehingga jika tidak dibersihkan akan menimbulkan tumbuh bakteri penyakit berbahaya.

3. Membeli Aksesoris Tambahan


Cara Merawat Mini Pom Pomeranian Yang Benar Untuk Pemula

Poin ketiga ini tidak wajib tapi juga penting. Jika kalian memiliki uang yang cukup disarankan untuk membeli aksesoris aksesoris seperti lapisan penyerap kelembaban atau mainan anjing. Dengan demikian air kencing dari anak anjing akan langsung kering dan tidak memberatkan kalian dalam membersihkan. Makanya kalau kalian tidak ingin membersihkan terus menerus, sejak dini harus dilatih agar anak mini pom membuang kotorannya di toilet yang sudah disediakan.

4. Memberi Makan pada Mini Pom


Cara Merawat Mini Pom Pomeranian Yang Benar Untuk Pemula

Cara Merawat Mini Pom Pomeranian Yang Benar Untuk Pemula

Untuk bertahan hidup mini pom membutuhkan makanan yang sehat dan bergizi. Apalagi mini pom yang baru lahir. Umumnya puppy mini pom makan 3 kali dalam sehari. Yaitu makan pagi, makan siang dan makan malam. Makan pagi bisa diberi dogfood kering dan susu anjing, begitu juga dengan makan siang dan makan malam. Adapun saat sore hari bisa diberi cemilan atau snack khusus anjing.


Disarankan untuk mengkombinasikan kan antara makanan kering dan makanan basah supaya si anjing tidak bosan. Gizinya harus disesuaikan dengan kebutuhannya. Baca komposisi yang tertulis di kemasan dogfood.

5. Melatih Mini Pom Agar Sehat dan Nurut


Cara Merawat Mini Pom Pomeranian Yang Benar Untuk Pemula

Memelihara minipom tidak lepas dari hal ini. Sobat harus menyediakan waktu khusus untuk melatih mini pom. Anda bisa menggunakan waktu sore hari atau saat liburan di pagi hari. Selain menjadikannya nurut dan pintar, melatih minipom juga bisa membuat badannya sehat karena banyak aktivitas yang membakar lemak.

6. Meluangkan Waktu Untuk Bermain Bersama


Cara Merawat Mini Pom Pomeranian Yang Benar Untuk Pemula

Cara merawat minipom yang ke-6 adalah menemaninya bermain.  seperti yang kita tahu bahwa minipom merupakan anjing yang sangat aktif dan suka bermain bersama pemiliknya. Jadi sebisa mungkin anda meluangkan tiga atau empat jam untuk bermain setiap harinya. Bila sobat benar-benar sibuk, bisa menyuruh pembantu atau asisten untuk mengajak minipom jalan-jalan.

7. Merawat Bulu Mini Pom


Cara Merawat Mini Pom Pomeranian Yang Benar Untuk Pemula

Karena ras yang satu ini berbulu lebat dan panjang. Jadi kalian harus memperhatikan perawatannya. Sisirlah bulu mini pom minimal 2/3 kali setiap hari. Hal itu supaya bulunya rapih. Namun sebaliknya jika tidak disisir dan dirawat biasanya bulunya mudah rontok dan kusut.

Demikianlah 7 cara merawat mini pom yang baik dan benar untuk pemula. Semoga sharing dari kami bermanfaat buat teman-teman yang sedang memelihara anjing pomeranian. Silahkan bagikan ke saudara-saudara terdekat anda agar mereka tahu.

0 Komentar 7 Cara Merawat Mini Pom Pomeranian Yang Benar Untuk Pemula

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top