Makanan Ikan Louhan Biar Jenong Sehat dan Berkualitas

Makanan ikan louhan- Di tahun 2000-2005 ikan louhan mulai dikenal dan banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Mereka mengagumi keunikan dan kecantikan ikan louhan terlebih pada jenongnya. Meski hari ini penggemar ikan louhan tidak sebanyak seperti dahulu, tapi tetap saja masih ada sebagian pencinta ikan hias air tawar yang menjadikan lohan sebagai primadona di aquariumnya.

Makanan Ikan Louhan Biar Jenong Sehat dan Berkualitas

Dalam merawat ikan louhan yang harus kalian perhatikan adalah masalah kebersihan tempat dan air serta makanan louhan. Sebab salah satu yang dapat mempengaruhi pertumbuhan Jenong dan kesehatan ikan louhan adalah makanan yang diberikan padanya. Oleh sebab itu di sini Hobinatang.com akan menerangkan jenis-jenis makanan ikan louhan biar jenong berkualitas dan menyehatkan.

Namun sebelumnya pastikan kalian mempunyai ikan lohan yang agresif, pendek dan kekar sehingga peluang mengeluarkan jenong lebih besar. Dibandingkan ikan louhan yang panjang tidak agresif atau betina. Baiklah langsung saja berikut makanan ikan louhan agar cepat jenong.

Makanan Ikan Louhan


Makanan ikan louhan sendiri ada 3 macam, yaitu pakan homemade (buatan sendiri), makanan alami dan makanan siap saji yang sudah dikemas dari pabrik. Ketiga-tiganya bisa dipakai untuk pertumbuhan jenong louhan. Yang penting kandungan nutrisi dan gizinya sesuai dengan kebutuhan si louhan.

1. Makanan Pabrik


Makanan Ikan Louhan Biar Jenong Sehat dan Berkualitas

Jenis pakan louhan yang pertama adalah makanan pabrik. Untuk makanan pabrik umumnya sudah disesuaikan berdasarkan fungsi masing-masing. Ada makanan ikan louhan agar cepat besar dan ada pula pakan louhan yang komposisinya berfungsi mempercepat pertumbuhan jenong.

Tapi secara umum ikan louhan memerlukan makanan yang mengandung protein 45-70%, serat 2-4% dan lemak 3-6%. Bagi sobat yang ingin mempercepat pertumbuhan jenong sebaiknya mencari pakan yang berserat rendah. Sebab serat sulit dicerna sehingga semakin rendah seratnya semakin bagus untuk pertumbuhannya.

Apabila komposisi makanan ikan louhan mengandung lemak tinggi dan protein sekitar 45%, maka bisa mempercepat pertumbuhannya.

2. Makanan Alami Udang


Makanan Ikan Louhan Biar Jenong Sehat dan Berkualitas

Udang dipercaya mampu mendorong pertumbuhan jenong louhan, karena udang mengandung nutrisi dan protein tinggi. Selain itu kandungan karotin pada udang juga mampu mencerahkan warna ikan louhan. Sehingga dengan memberi udang kali padanya, Anda bisa mendapat dua keuntungan. Yaitu mencerahkan warna louhan dan mempercepat pertumbuhan jenong. Cara memberinya kalian harus menghilangkan dahulu sungut pada udang supaya tidak melukai si ikan.

3. Anakan Ikan Gabus


Fungsinya sama seperti udang. Hanya saja ikan gabus lebih banyak mengandung lemak sehingga efektif untuk pertumbuhannya.

4. Cacing Sutra dan Artemia


Makanan Ikan Louhan Biar Jenong Sehat dan Berkualitas

Kedua pakan di atas sangat cocok dikonsumsi oleh anakan ikan louhan. Kandungan protein dan lemak yang terdapat pada cacing sutra dan artemia sangat bagus bagi si anakan louhan. Bukan hanya lohan, tapi semua jenis ikan menyukai makanan yang satu ini. Pakan ini bisa kalian beli ke penjual artemia di pasar-pasar atau kepada sesama komunitas.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan casut dengan cara budidaya, sebaiknya baca artikel: panduan budidaya cacing sutra sederhana untuk pemula

5. Makanan yang Mengandung Karbohidrat


Makanan Ikan Louhan Biar Jenong Sehat dan Berkualitas

Jenis makanan ikan louhan biar Jenong yang ketiga adalah karbohidrat. Kandungan ini dibutuhkan anakan louhan sebagai sumber energi dan untuk menjaga kekebalan tubuhnya alias biar sehat. So, berilah pakan alami yang mengandung karbohidrat demi membantu proses pertumbuhannya agar cepat jenong. Jika tidak ada pakan alami, anda bisa menggunakan pakan yang beku berupa cacing beku atau pellet.

Baca juga: Perbedaan Ikan Louhan Jantan dan Betina

Itulah kelima jenis pakan louhan yang berkualitas sehat dan biar cepat jenong. Pemberian pakan bisa Anda selang seling (kombinasikan), misal sehari menggunakan pakan alami lalu besok menggunakan pakan buatan atau pabrik. Hal ini berguna agar si louhan tidak bosen dan meminimalisir louhan mogok makan.

Semoga tulisan daftar makanan ikan louhan ini bermanfaat buat pecinta ikan louhan di Indonesia. Sekian terima kasih

0 Komentar Makanan Ikan Louhan Biar Jenong Sehat dan Berkualitas

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top