HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Budidaya Ikan Mas Lengkap Khusus Pemula

Cara budidaya ikan mas- Dari dulu sampai sekarang ikan mas masih tetap menjadi menu santapan kesukaan para konsumen di Indonesia. Selain bergizi tinggi, ikan konsumsi satu ini juga memiliki rasa yang gurih dan enak. Sehingga tak heran apabila harga ikan mas terus mulai melonjak tinggi di setiap tahunnya. Entah itu jenis mas merah atau jenis mas lainnya.

Standar harga ikan mas di pasar Jakarta hari ini (26/08/17) sekitar Rp. 30.000/Kg. Harga tersebut masih bisa naik di kemudian hari. Maka atas dasar itulah membudidayakan ikan mas merupakan peluang usaha yang menjanjikan untuk dicoba. Dan tidak sedikit pula masyarakat Indonesia hari ini yang mulai merubah profesi sebagai peternak ikan mas.

Nah bagi kalian yang tertarik untuk membudidayakan ikan mas, sebaiknya baca pelan-pelan panduan kami ini. Sebab apa yang ditulis dalam situs hobinatang.com ini sudah disesuaikan khusus bagi pemula yang baru terjun ke dalam dunia peternakan ikan mas.

Cara Budidaya Ikan Mas Yang Baik Untuk Pemula


Dalam budidaya ikan mas biasanya orang-orang lebih memilih menggunakan kolam terpal dibandingkan tanah atau beton. Walaupun sebenarnya menggunakan kolam tanah atau kolam beton juga bisa, namun dengan menggunakan kolam terpal akan membuat lebih efektif dan efisien.

1. Mempersiapkan Kolam Budidaya Untuk Ikan Mas


Cara Budidaya Ikan Mas Lengkap Khusus Pemula

Sama seperti budidaya jenis ikan air tawar lainnya, kita harus menyiapkan kolam sebelum memulai membudidayakan ikan. Untuk masalah kolam kalian dapat menggunakan kolam beton, kolam kantong jaring apung, kolam tanah kolam air deras atau kolam terpal. Semua tergantung pada situasi lokasi anda.

Usahakan kalian membuat lingkungan yang mirip seperti habitat aslinya (sungai waduk atau danau). Biasanya ikan mas tinggal di ketinggian 150 sampai 600 DPL. Dan untuk suhunya mencapai 20-25 °C dengan PH air 7-8.

Tapi yang paling penting adalah kualitas air di dalam kolam harus terjaga, jangan sampai tercemar oleh kandungan zat kimia berbahaya.

Jika anda membudidayakan ikan mas di kolam terpal sebaiknya selalu menjaga suhu kolam agar tetap stabil tidak boleh terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin. Biarkan kolam terkena sinar matahari yang cukup.

2. Rencana Yang Matang Dalam Membudidayakan Ikan Mas


Perlu sobat ketahui bahwa setiap orang memiliki tujuan berbeda dalam budidaya ikan mas. Ada diantara mereka yang hanya sebatas pembibitan saja (menjual bibit anakan ikan mas) dan ada pula yang sampai membesarkan lalu dijual. Bahkan tidak sedikit juga yang menjual bibit plus membesarkannya.

Semua tergantung kebutuhan anda. Jika ingin perputaran modalnya cepat maka kalian bisa memilih pembibitan ikan mas. Karena setiap burayak yang berumur satu bulan hingga dua bulan memiliki prospek ekonomi yang menjanjikan.

Tapi jika teman-teman ingin mencoba usaha budidaya ikan mas dengan model pembibitan dan pembesaran, maka kalian harus mengetahui teknik pembenihan dan pembesaran ikan mas pada poin di bawah ini.

3. Pembenihan Ikan Mas


Cara Budidaya Ikan Mas Lengkap Khusus Pemula

Pembenihan ikan mas berarti menghasilkan bibit ikan kecil yang akan dibesarkan. Untuk pembenihan sobat harus menyiapkan 2 calon indukan ikan mas jantan dan betina yang unggul untuk dipijahkan/dikawinkan. Dengan memilih indukan yang berkualitas kalian akan memperoleh benih benih yang baik dan memiliki produktivitas tinggi.

Baca: 4 perbedaan ikan mas jantan dan betina paling mencolok

Bagaimana ciri ciri indukan ikan mas yang berkualitas?

Indukan Ikan Mas Yang Unggul dan Siap Kawin


  • Usia indukan ikan mas betina minimal 1,5-2 tahun. Dan beratnya 2 kg.
  • Sedangkan untuk jantan minimal berusia 8 bulan dengan berat 0,5 kg.
  • Pergerakan ikan betina lamban atau tidak lincah Sedangkan untuk ikan jantan agresif.
  • Waktu malam kerap meloncat-loncat.
  • Perut ikan betina membesar ke arah belakang jika diraba akan terasa lunak.
  • Untuk ikan jantan apabila perutnya ditekan mengeluarkan cairan putih dan cairan putih tersebut adalah spermanya.

Setelah kalian mengetahui indukan yang berkualitas langkah selanjutnya adalah proses pemijahan atau perkawinan. Sebelum dipijahkan, pisahkan dahulu indukan jantan dan betina lalu dirawat di kolam khusus yang terpisah. Berikan makanan berupa pelet yang memiliki protein 25%.

Langkah Langkah Pemijahan


Cara Budidaya Ikan Mas

  • Mensterilkan kolam pemijahan dengan cara membersihkan dan mengeringkan hingga bersih.
  • Lalu kolam diisi dengan air setinggi 75-100 cm.
  • Jika sudah pasanglah Hapa untuk memudahkan kalian nanti ketika panen Larva. Dengan dimensi ukuran 4 x 3 x 1 m. Dan disarankan Hapanya dikasih pemberat agar tidak ngambang.
  • Berikan juga kakaban di dalam Hapanya. Kakaban bisa berubah papan atau ijuk yang dijepit bambu.
  • Apabila semuanya sudah siap maka tinggal masukkan indukan jantan dan betina. Untuk masalah jumlahnya tergantung pada kebutuhan pembenihan dan luas kolam yang digunakan. Yang jelas satu ikan mas betina dapat dipijahkan dengan 2-3 ikan mas jantan.
  • Terakhir setelah pemijahan dan mengeluarkan telur biasanya 4 hari kemudian telur akan menetas menjadi larva.
  • Ketika larva masih berusia satu sampai tiga hari sebaiknya jangan diberi makanan sebab si Larva masih memiliki cadangan makanan dari telurnya.
  • Terakhir Larva sudah bisa ditebarkan ke kolam pembenihan bila sudah melebihi 5 hari.
Benih yang dihasilkan biasanya berukuran 10-12 cm dan berat mencapai 80-100 gram perekor sehingga sangat mungkin bisa untuk dibesarkan atau resiko kegagalan dapat terminimalisir.

4. Pendederan Ikan Mas


Cara Budidaya Ikan Mas buat pemula

Langkah berikutnya dalam budidaya ikan mas untuk pemula yaitu pendederan benih benih ikan mas untuk dibesarkan. Umumnya pendederan dilakukan di kolam tanah seperti di sawah atau di tempat lainnya.

Caranya kalian ratakan dulu tanah dasarnya kemudian masukkan 10-15 karung kotoran ayam lalu diisi dengan air setinggi 40 cm. Setelah itu biarkan hingga 5 hari tanpa dialiri air sedikit pun. Hal ini bertujuan supaya plankton bisa berkembang biak dan menjadi sumber pakan alami anakan ikan mas.

Untuk luas kolam 100 m² sebaiknya cukup ditebarkan 100.000 larva ikan mas saja di waktu pagi. Ketika sudah berumur 3 minggu bibit ikan mas siap dijual di pasaran atau dibesarkan kembali di kolam yang berbeda. Intinya kalian harus menyesuaikan antara ukuran kolam dan jumlah ikan jangan sampai terlalu padat.

5. Pembesaran Ikan Mas


cara budidaya ikan mas agar cepat besar

Setelah proses pembenihan ikan mas maka selanjutnya ialah proses pembesaran agar bisa dikonsumsi. Membesarkan ikan mas membutuhkan waktu selama 2-3 bulan. Supaya ikan mas cepat besar kita harus memperhatikan metode dan pemberian pakannya.

Untuk metodenya anda bisa menggunakan 3 jenis air. Air tenang, air tumpang sari dan air deras. Adapun kolamnya bisa menggunakan kolam tanah, terpal, sawah, kolam tembok, jaring apung dan keramba.

Tapi sebelum memasukan air pada kolam ikan mas sebaiknya lakukan pengendapan dahulu di kolam khusus pengendapan. Supaya lumpur atau sampah yang terbawa air akan mengendap dan air pun menjadi jernih. Setelah itu alirkan air melalui saluran sekunder dengan suhu air berkisar 17-25°C pH air antara 6-8,5.

Baiklah di bawah ini beberapa metode pembesaran ikan mas:

Pembesaran Dengan Kolam Air Deras


Jika anda menggunakan metode kolam air deras maka yang dibutuhkan adalah arus air yang kuat dan debit air yang besar sekitar 25-100 liter/detik. Dan siapkan benih ikan yang berbobot 100gram/ekor.

Budidaya di kolam air deras memiliki banyak kelebihan, yakni si ikan akan mudah bergerak kemana saja sehingga nafsu makannya semakin besar.

Selain itu sirkulasi udara juga jauh lebih baik dan kadar oksigen yang terlarut di dalamnya relatif lebih tinggi. Oleh sebab itu kolam air deras mempunyai kapasitas padat untuk menebar ikan jauh lebih leluasa. Adapun kapasitas penebaran benih adalah 30-60 ekor/m2.

Agar arus air tetap deras, buatlah kolam yang dipetak petak sehingga menjadi kolam kecil kecil. Untuk kedalamannya dibuat lebih dalam dibanding kolam air tenang. Biar tidak terjadi erosi akibat kikisan air buatlah dinding kolam dengan menggunakan tembok.

Bila sudah beres semua, kini tinggal anda memberinya pakan. Pakan yang diberikan untuk ikan mas harus mengandung protein 25-30% seperti pelet. Kualitas pelet juga harus baik agar bisa bertahan lama dalam air dan tidak mudah hancur meski berada di arus air yang deras.

Takarannya adalah 4% dari berat badan si ikan. Bila ingin mengetahui berat tubuh ikan mas, timbanglah setiap 2 minggu sekali untuk menyesuaikan takaran pakan.

Cara memberinya pakan cukup ditebar saja di kolamnya atau wadah aluminium yang dipasang di atas kolam dengan pendulum yang menjulur ke dalam air. Berikan pakan sebanyak 3 kali sehari. Setelah itu kalian tinggal menunggu hasilnya setelah 2-3 bulan. Anda bisa mendapatkan hasil mencapai 3-4 kali lipat dari bobot awal.

Pembesaran di Kolam Air Tenang



Sebagian pembudidaya ikan mas lebih cenderung memilih menggunakan kolam tanah air tenang. Karena lebih irit biaya pakan dan pembuatannya. Ada yang menggunakan tanggul tanah dan ada juga tanggul tembok atau batu.

Langkah pertama dalam pembuatan kolam tanah adalah anda harus membajak dahulu dasar kolam lalu dijemur dan melakukan proses pengapuran, pemupukan dan penggenangan. Mungkin hal itu membutuhkan waktu yang cukup lama kurang lebih 1-2 minggu serta tenaga yang cukup banyak.

Akan tetapi hal itu bisa mengurangi biaya pakan. Jika kolam sudah jadi, kini saatnya anda menyiapkan benih ikan mas yang berbobot 100gram/ekor. Kapasitas kolam sekitar 1-2 ekor/m2.

Untuk pakannya berikan pelet yang memiliki kadar protein 25%. Takarannya sebanyak 3-4% dari berat tubuh ikan mas. Misal untuk satu ekor ikan jumlah pakan yang diberikan sebanyak 3-4 gram pelet dalam sehari. Berikan pakan sebanyak 3 kali sehari. Atau kalian bisa pakai yang alami saja seperti cacing atau tumbuhan air.

Untuk menyesuaikan jumlah pakan yang akan diberikan maka timbanglah ikan setiap 2 pekan sekali. Dalam waktu kurang lebih 3 bulan berat ikan sudah mencapai 300-400 gram/ekor sehingga sudah bisa dipanen dan dijual di pasar dengan harga yang menguntungkan.

Kolam Jaring Apung


Cara yang terakhir ini sedikit rumit. Karena membuat jaring apung hanya bisa dilakukan di waduk waduk besar dan danau. Jaringnya pun juga terbuat dari bahan polyethylene yang bisa bertahan lama berada di air.

Buatlah kerangka rakit segi empat untuk tempat bergantung jaring dengan kedalaman maksimal 3 meter. Untuk kerangka kolamnya terbuat dari bambu kayu agar kuat dan juga tahan lama.

Kerangka tersebut dibuat mengapung di atas air dengan bantalan drum atau jerigen. Nah supaya kerangkanya tidak mudah terbawa arus air maka sebaiknya pasang jangkar yang menambat ke dasar kolam. Kemudian lengkapilah dengan saung atau penyimpan makanan pada jaring apung.

Ukuran jaring adalah 1,5 meter dan kedalamannya 3 meter. Siapkan benih yang berbobot 100gram/ekor serta kapasitas tebar jaring apung kurang lebih 30 ekor/m2.

Adapun pakannya bisa diberi pelet yang mengandung protein sebanyak 25%. Dan takaran pemberian pakan sebanyak 4% dari berat tubuh ikan mas anda. Sama seperti sebelumnya disarankan agar sobat menimbang ikan setiap 2 minggu sekali untuk menentukan jumlah pakan yang diberikan. 

6. Pemberian Pakan



Seperti yang sudah kami singgung di atas bahwa frekuensi pemberian pakan ikan mas yang berusia 3-5 hari adalah berupa larutan kuning telur pada setiap 2-3 jam. Satu butir telur bisa dipakai untuk 100.000 ekor.

Dan ikan mas yang berusia 5-30 hari dapat diberi pelet dengan kadar protein 40%. Berikan pelet setidaknya sehari sebanyak 5% dari berat badan ikan dengan frekuensi pemberian sebanyak 5 kali sehari.

Adapun ikan mas yang sudah berusia 1-4 bulan anda bisa memberinya pelet dengan kadar protein sebanyak 35% dan diberikan setiap harinya 5% dari berat badan si ikan. Berikan 3-5 kali dalam sehari.

Ikan mas yang berusia 4 bulan ke atas diberi pelet dengan kadar protein 30% dan diberikan 2-3% dari berat badan sebanyak 2-3 kali sehari. Selain pelet, ikan mas bisa juga diberi pakan berupa sayuram hijau seperti daun ubi jalar, daun talas, daun ketela dan lain lain.

Selengkapnya baca: 5 Makanan Ikan Mas Supaya Cepat Besar

Akhirnya selesai juga sharing dari kami tentang cara budidaya ikan mas yang baik dan benar secara lengkap untuk pemula. Silahkan bisa anda coba di daerah masing masing. Oh ya jika anda ingin menjual ikan mas di pasar, kami sarankan agar menjualnya dalam keaDdaan hidup karena harganya lebih tinggi daripada menjual ikan mas dalam keadaan mati. [Dilarang copy paste kecuali Anda menyertai sumbernya]

0 Komentar Cara Budidaya Ikan Mas Lengkap Khusus Pemula

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top