HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

4 Perbedaan Ikan Mas Jantan dan Betina Paling Mencolok

Perbedaan ikan mas jantan dan betina- Salah satu langkah budidaya ikan mas adalah mencari indukan jantan dan betina yang berkualitas. Dan tentu kalian tidak mungkin bisa memilih apabila tidak mengetahui perbedaan ikan mas jantan dan betina.

Untuk membedakan antara ikan mas jantan dan betina sangatlah mudah. Tidak seperti membedakan ikan diskus betina dan jantan yang tergolong sangat sulit apalagi saat masih kecil. Lalu bagaimana caranya?

Perbedaan Ikan Mas Jantan dan Betina


Setidaknya ada 4 perbedaan yang ada pada ikan mas jantan dengan betina. Keempat perbedaan tersebut sudah termasuk perbedaan karakter dan ciri ciri fisik. Apa saja bedanya?


1. Ukuran Tubuh Ikan Mas Jantan dan Betina


Perbedaan Ikan Mas Jantan dan Betina

Pertama dari segi ukuran fisik ikan mas. Dimana ikan mas betina bentuk tubuhnya lebih besar dibandingkan ikan mas jantan. Apalagi jika dia sudah siap dipijahkan atau dikawinkan. Biasanya yang betina tubuhnya semakin besar dan perutnya semakin membulat.

Sedangkan ikan mas jantan tubuhnya lebih ramping dan pergerakannya pun lebih cepat. Hal itu disebabkan karena mas jantan memproduksi cairan seperma tiap hari. Biar lebih jelasnya silahkan lihat gambar diatas.

2. Cairan Ikan Mas Jantan Sama Betina Berbeda


Untuk mengetahui cairan sperma dari dalam tubunnya, kalian harus memijat perut atas, lalu urut ke bawah menuju alat kelaminnya. Sehingga nanti akan keluar cairan dari dalam perutnya. Nah jika yang keluar adalah cairan berwarna kuning berarti ikan mas tersebut berjenis kelamin betina, namun jika yang keluar berwarna putih atau sperma berarti ikan tersebut berjenis jantan.

Memang cara yang kedua ini agak extreme alias kasar, tapi bagi kami cara ini adalah cara terbaik untuk membedakan mana ikan mas yang jantan dan mana yang betina. Usahakan kalian memilih ikan yang sudah berumur dewasa, jangan yang masih kecil karena alat reproduksinya belum matang.

3. Perbedaan Karakter Ikan Mas Jantan dan Betina


Perbedaan Ikan Mas Jantan dan Betina
Gambar Ikan Mas Jantan

Ikan mas jantan memiliki karakter yang ditandai adanya bintik bintik putih kecil di pelindung insang. Kemudian lubang duburnya sempit serta tubuhnya lebih ramping. Sedangkan ikan mas betina tubuhnya bulat atau sedikit gemuk serta lubang duburnya lebih bulat daripada ikan mas jantan.

Ikan mas betina memiliki pergerakan yang lambat sedangkan ikan mas jantan dia sangat agresif dan lincah.

4. Pembukaan Anal Dubur


Perbedaan yang terakhir adalah dari segi bentuk anal duburnya. Untuk melihatnya kalian tidak perlu ngintip ngintip dari bawah haha. Cukup amati ketika sedang masa pemijahan. Sebab biasanya selama masa pemijahan, ikan mas mengalami pembukaan anal dubur.

Dan pembukaan dubur ikan mas jantan terlihat sempit dan ikan mas betina terlihat besar dan bengkak pertanda sel telur mulai matang.

Nah itulah keempat perbedaan antara ikan mas jantan dan ikan mas betina yang paling menonjol. Semoga tulisan ini bermanfaat buat teman-teman yang ingin beternak ikan mas di kolam terpal, kolam tanah atau kolam beton. Baca juga: cara budidaya ikan mas lengkap khusus pemula

0 Komentar 4 Perbedaan Ikan Mas Jantan dan Betina Paling Mencolok

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top